Bangun Hotel Budget, Ciputra Investasi Rp 255 Miliar

NERACA

Jakarta- PT Ciputra Development Tbk (CTRA) berencana membangun lima hotel budget pada tahun ini dengan nilai investasi yang diperkirakan mencapai Rp225 miliar, “Pendanaannya bersumber dari perusahaan dan juga pinjaman perbankan. Komposisinya 50% - 50%,”kata Corporate Secretary Ciputra Development, Tulus Santoso di Jakarta, Selasa (29/1).

Dia menuturkan, untuk masing-masing satu hotel budget diperkirakan menelan dana sekitar Rp 45 miliar. Rencana perseroan akan menambah sekitar lima hotel budget di daerah Serpong, Bintaro, Bengkul, Banjarmasin, dan Bandung.

Menurutnya, konsep hotel budget tidak melakukan joint atau gabungan dengan perusahaan lainnya yaitu perseroan akan membangun dan milik sendiri. “Konsepnya sendiri tidak melakukan joint dengan perusahaan siapapun, tanahnya sudah dibeli dan saat ini tengah proses izin. Jika sudah selesai bisa diproses kapanpun,” ujarnya.

Hotel budget tersebut, lanjut dia, nantinya ditargetkan dapat berkontribusi sebesar 10% kepada kinerja perseroan ke depan. Namun, hitungan tersebut masih menunggu jika hotel-hotel tersebut telah selesai.

Kata Tulus, anggaran dana belanja modal hotel budget tersebut sudah termasuk pada anggaran belanja modal pada tahun ini sebesar Rp 2 triliun. Disebutkan, perseroan pada tahun lalu telah membangun dua hotel budget didaerah Cirebon dan Semarang.

Sementara itu, Ciputra Developmet memproyeksikan laba bersih pada tahun depan mencapai Rp720 miliar atau naik 60% dibandingkan dengan target laba bersih 2012 sebesar Rp450 miliar. Hal tersebut didukung adanya sejumlah proyek yang akan diluncurkan. Salah satunya, yaitu sekitar 10 proyek baru di beberapa wilayah seperti Sulawesi dan Kalimantan, “Perseroan memperkirakan minat beli masyarakat masih akan tinggi, selain itu juga suku bunga dari perbankan juga masih stabil,” jelasnya.

Adapun dana untuk belanja modal 2013, menurut dia, didapat dari pinjaman mencapai 50% dan sisanya berasal dari kas internal perseroan. Sebagai informasi, Ciputra Development menargetkan pendapatan usaha pada tahun depan sebesar Rp5,12 triliun, atau tumbuh 60% dibandingkan target pendapatan tahun ini sebesar Rp3,2 triliun.

Sebagai informasi, PT Ciputra Development Tbk menargetkan marketing sales mencapai Rp9 triliun-Rp10 triliun pada 2013 atau tumbuh dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 6,4 triliun. Dimana pencapaian tersebut akan didukung dari target peluncuran 10 proyek baru.

Disamping itu, perseroan juga akan meluncurkan proyek perumahan di Pontianak, Kalimantan Barat, Cirebon, Semarang, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Pada tahun ini, perseroan juga akan menganggarkan dana belanja modal sekitar Rp2 triliun. Dana belanja modal itu akan digunakan untuk melanjutkan proyek yang sudah ada seperti CIputra World 1 dan 2, dan sejumlah proyek baru pada 2013. Rencananya, dana belanja modal akan didapatkan dari kas internal. (lia)

BERITA TERKAIT

Berbagai Kebijakan Disiapkan Tarik Investasi Manufaktur

NERACA Jakarta – Pemerintah terus berupaya mendorong peningkatan investasi di industri manufaktur, karena sektor tersebut berperan penting dalam menopang pertumbuhan…

Stasiun Cisauk jadi Daya Tarik Investasi Properti

  NERACA Jakarta - Keberadaan Stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang ini, setiap harinya melayani sekitar 6.200 penumpang dengan 132 perjalanan KRL…

CLEO Siapkan Belanja Modal Rp 300 Miliar

NERACA Jakarta – Produsen air minum kemasan, PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) menganggarkan belanja modal atau capex tahun ini sebesar…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Lima Emiten Belum Bayar Listing Fee

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat jumlah emiten yang mengalami gangguan keberlangsungan usaha atau going concern dan berakibat tidak mampu…

Rayakan Imlek - Kobelco Berikan Special Promo Konsumen

NERACA Jakarta - Rayakan Imlek 2570, PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia (DK CMI),  menggelar  customer gathering dari seluruh Indonesia.…

WSBP Pangkas Utang Jadi Rp 4,7 Triliun

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) telah menerima pembayaran termin pada Januari 2019 yang digunakan perseroan untuk pelunasan pinjaman perseroan.…