SAP Lakukan Inovasi Teknologi - Mengenai Software Perbankan

Krisis keuangan global mendorong munculnya perlambatan pertumbuhan dan bahkan memperlihatkan kemunduran jangka panjang yang mendalam. Memerangi krisis hanya dengan perhitungan - perhitungan keuangan yang membabi buta sangat berpotensi memunculkan bahaya.

Hal ini tidak akan mungkin mempertahankan pertumbuhan yang telah dicapai tanpa adanya perubahan yang radikal dalam kebijakan inovasi. Inovasi mengubah industri dalam beberapa hal mendasar, dan bukti dari masa lalu (Ex: ATM, Kartu Kredit) menunjukkan inovasi teknologi memberdayakan bank untuk memberikan perubahan itu.

SAP dan Microsoft, dua perusahaan piranti lunak kelas dunia, memperkenalkan teknologi baru untuk menopang bisnis bank di tanah air. SAP menawarkan teknologi untuk layananmobile banking. Sementara Microsoft menyodorkan Office 365 untuk pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Guruprasad Gaonkar,Head of Financial Services Industry & Solutions, SAP South East Asia, mengatakan industri perbankan di Asia melihat peluang bisnis dari layananmobile banking. Layanan ini tidak hanya mampu menciptakan pendapatan baru, juga menjaring nasabah baru.

Maklum, tidak seperti layananmobile bankingpada umumnya, SAP menawarkan tingkat kemutakhiran di seluruh jaringan dan perangkat mobile. Sehingga, fitur transaksi menjadi lebih banyak, seperti pembayaran dan pengiriman uang secara interaktif. Di Indonesia, bank yang mengaplikasikan teknologi ini adalah CIMB Niaga.

Layanan ini, diklaim Gaonkar,mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas bank. Bank bisa membuka sumber pendapatan baru dan memotong biaya operasional. "Bank mencari pendekatan dalam hal adopsi inovasi terbaru, dan kami menyadari kebutuhan tersebut," terang dia.

Sementara itu, Microsoft ingin memperkenalkan Office 365, yakni layanan peningkatan produktivitas berbasis cloud yang membidik segmen UKM. Teknologi ini menawarkan solusi untuk menciptakan kolaborasi serta menghubungkan surat elektronik (email) bisnis, pertemuanonlinedan akses ke dokumen.

Sebanyak 90% pelanggan Office 365 di mancanegara merupakan pelaku UKM. Mulai dari peritel Naturally Me, hingga firma insinyur C&I Engineering dan perusahaan jasa profesional Rookie Recruits. "Office 365 membantu ribuan usaha kecil mempertahankan keunggulan kompetitif mereka," imbuh Bonnie Mamanua,Business Group Head, Microsoft Office Division, Microsoft Indonesia.

Office 365 menggabungkan kekuatan Office 365small business servicesdenganoffice softwareuntuk perangkat komputer Anda. Nah, sebagai permulaan, Microsoft menawarkan 90 hari masa percobaan gratis. Pelaku UKM yang tertarik, dapat mendaftarkan perusahaannya hingga 26 Februari mendatang.

BERITA TERKAIT

Amazon Ikut Tanam Modal Teknologi Swakemudi

Perusahaan e-commerce raksasa Amerika Serikat (AS), Amazon, mengikuti tren teknologi global di bidang mobil otonom (swakemudi) dengan menanamkan investasi 530…

Media dan Tantangan Teknologi Milenial

Indonesia merupakan negara di dunia yang memiliki banyak media dengan perkiraan berjumlah 47 ribu media yang terbagi dari berbagai model,…

Dunia Usaha - Kemenperin Dorong Santripreneur Manfaatkan Teknologi Digital

NERACA Bandar Lampung - Direktur Jenderal Industri Kecil dan Aneka, Gati Wibawaningsing mengatakan terus melakukan pembinaan dan pelatihan santri berindustri…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Tahun Politik, Serangan Siber Intai Jaringan Telekomunikasi

Industri telekomunikasi seringkali menjadi sasaran empuk para peretas untuk melancarkan serangan siber karena perusahaan umumnya memiliki pusat data (data center)…

Pemerataan Kecepatan Internet, Pemerintah Bangun Satelit Satria

Pemerintah  sedang mengupayakan satelit multifungsi yang akan selesai dibangun pada 2023 mendatang untuk meratakan internet cepat di Indonesia. Direktur Utama …

Samsung Galaxy S10 Bakal Rilis Maret

Informasi mengenai flagship terbaru Samsung, Galaxy S10, semakin banyak beredar di ranah maya. Kali ini muncul informasi baru tentang waktu…