SAP Lakukan Inovasi Teknologi - Mengenai Software Perbankan

Krisis keuangan global mendorong munculnya perlambatan pertumbuhan dan bahkan memperlihatkan kemunduran jangka panjang yang mendalam. Memerangi krisis hanya dengan perhitungan - perhitungan keuangan yang membabi buta sangat berpotensi memunculkan bahaya.

Hal ini tidak akan mungkin mempertahankan pertumbuhan yang telah dicapai tanpa adanya perubahan yang radikal dalam kebijakan inovasi. Inovasi mengubah industri dalam beberapa hal mendasar, dan bukti dari masa lalu (Ex: ATM, Kartu Kredit) menunjukkan inovasi teknologi memberdayakan bank untuk memberikan perubahan itu.

SAP dan Microsoft, dua perusahaan piranti lunak kelas dunia, memperkenalkan teknologi baru untuk menopang bisnis bank di tanah air. SAP menawarkan teknologi untuk layananmobile banking. Sementara Microsoft menyodorkan Office 365 untuk pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Guruprasad Gaonkar,Head of Financial Services Industry & Solutions, SAP South East Asia, mengatakan industri perbankan di Asia melihat peluang bisnis dari layananmobile banking. Layanan ini tidak hanya mampu menciptakan pendapatan baru, juga menjaring nasabah baru.

Maklum, tidak seperti layananmobile bankingpada umumnya, SAP menawarkan tingkat kemutakhiran di seluruh jaringan dan perangkat mobile. Sehingga, fitur transaksi menjadi lebih banyak, seperti pembayaran dan pengiriman uang secara interaktif. Di Indonesia, bank yang mengaplikasikan teknologi ini adalah CIMB Niaga.

Layanan ini, diklaim Gaonkar,mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas bank. Bank bisa membuka sumber pendapatan baru dan memotong biaya operasional. "Bank mencari pendekatan dalam hal adopsi inovasi terbaru, dan kami menyadari kebutuhan tersebut," terang dia.

Sementara itu, Microsoft ingin memperkenalkan Office 365, yakni layanan peningkatan produktivitas berbasis cloud yang membidik segmen UKM. Teknologi ini menawarkan solusi untuk menciptakan kolaborasi serta menghubungkan surat elektronik (email) bisnis, pertemuanonlinedan akses ke dokumen.

Sebanyak 90% pelanggan Office 365 di mancanegara merupakan pelaku UKM. Mulai dari peritel Naturally Me, hingga firma insinyur C&I Engineering dan perusahaan jasa profesional Rookie Recruits. "Office 365 membantu ribuan usaha kecil mempertahankan keunggulan kompetitif mereka," imbuh Bonnie Mamanua,Business Group Head, Microsoft Office Division, Microsoft Indonesia.

Office 365 menggabungkan kekuatan Office 365small business servicesdenganoffice softwareuntuk perangkat komputer Anda. Nah, sebagai permulaan, Microsoft menawarkan 90 hari masa percobaan gratis. Pelaku UKM yang tertarik, dapat mendaftarkan perusahaannya hingga 26 Februari mendatang.

BERITA TERKAIT

PMII Cabang Kota Sukabumi Lakukan Aksi - Menjelang Program Seratus Hari Kerja Walikota Sukabumi

PMII Cabang Kota Sukabumi Lakukan Aksi Menjelang Program Seratus Hari Kerja Walikota Sukabumi NERACA Sukabumi - Puluhan mahasiswa yang tergabung…

Bank Dunia Minta Pemerintah Dorong Masyarakat Melek Teknologi

    NERACA   Jakarta - Bank Dunia meminta kepada pemerintah Indonesia agar terus mendorong masyarakat untuk melek teknologi (digital…

Insinyur Perlu Berkontribusi Ciptakan Inovasi

NERACA Jakarta – Insinyur dinilai berperan penting dalam menyukseskan penerapan revolusi industri 4.0 di Indonesia melalui penguasaan teknologi terkini. Hal…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya

Meski sekarang smartphone Android sudah dibekali dengan spesifikasi tinggi dan RAM yang besar, tapi masih saja ada keluhan kinerja smartphone…

Honor 10 Lite Smartphone Berbasis Android Pie Resmi Dirilis

Setelah meluncurkan Honor Magic 2, vendor smartphone asal Tiongkok ini merilis Honor 10 Lite. Ini adalah smartphone berbasis Android Pie…

Oppo A7 Siap Ramaikan Pasar Smartphone Indonesia

Oppo akhirnya mengumumkan kehadiran smartphone terbarunya ke pasar Indonesia. Sesuai dengan kabar yang beredar sebelumnya, kali ini perusahaan asal Tiongkok…