Cerdas Menentukan Tempat Berlibur

Meski terlihat simpel, memilih tempat berlibur bukanlah perkara mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam menentukannya, kalau tidak waktu berlibur kita hilang dengan percuma. Untuk itu, pilihlah tempat berlibur yang tepat baik dari segi waktu dan juga isi dompet Anda. Berikut tips memilih tempat berlibur yang baik.

Tips yang pertama, persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika kita mempunyai rencana berlibur yang cukup panjang ke luarkotaapalagi ke luar negeri. Lebih panjang waktu persiapannya tentu lebih baik. Sisihkan secara auto debet dari income bulanan anda selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang dibutuhkan.

Biasanya mengambil paket liburan yang disediakan pihak tour travel bisa lebih murah. Namun jika kita ingin berpergian sendiri, ketahui dahulu seluk beluk tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta tak ketinggalan tempat belanja, menjadi point-point penting untuk dicatat.

Untuk biaya transportasi dan akomodasi, sangatlah baik jika kita bisa mendapatkan paket promosi. Bahkan jika ada, rumah kerabat atau penduduk setempat dan apartemen milik perorangan bisa dijadikan tempat menginap. Kita dapat menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar.

Cermatlah dalam memilih tempat rekreasi danObjek Wisata. Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi. Pertimbangkanlah untuk berpergian pada masa “low season”. Kita bisa mendapatkan liburan yang murah pada “high season” liburan.

Sama seperti tempat rekreasi, mencari tempat makan/restoran harus sesuai dengan budget yang disiapkan. Lebih baik jika anda memilih tempat yang tidak jauh dari tempat menginap anda atau tempat terakhir anda sedang berkunjung. Selain hemat waktu, hemat ongkos pula.

Tempat belanja yang tidak populer biasanya lebih murah dibandingkan tempat belanja yang ramai dikunjungi turis. Berburu oleh-oleh dan barangkerajinan ke pasar-pasar tradisional bahkan langsung ke tempat pembuatan/pabriknya bisa menghemat uang kita.

Jangan lupa, selalu membawa bekal seperti roti dan minuman air putih dalam tas kita. Selain lebih sehat, andapun terhindar dari jajan yang tidak perlu. Bawalah pula uang saku sesuai dengan budget kita. Dan tetap catat semua pengeluaran kita selama perjalanan dari awal hingga akhir.

Jika budget kita saat ini tidak memungkinkan untuk berpergian jauh, liburan didalamkotabisa menjadi pilihan yang tidak kalah menarik. Banyak alternatif tempat liburan yang bersifat edukatif bagi anak kita terutama diJakartadan sekitarnya. Bahkan rumahpun bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan bagi anda sekeluarga.

BERITA TERKAIT

Melihat Potensi Indonesia Jadi Tempat Surfing Kelas Dunia

Pesona wisata bahari Indonesia adalah surga buat wisatawan, termasuk juga buat pecinta olahraga selancar alias surfing. Pantai-pantai di Indonesia yang…

Pamerindo Gelar Pameran Listrik Cerdas dan Otomatisasi - Dukung Making Indonesia 4.0

Sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap percepatan adopsi industri 4.0 dan manufaktur cerdas, Pamerindo Indonesia menggelar pameran perangkat cerdas untuk efisiensi…

Ahli Hukum Pidana: Perlu Bukti Ada Kick Back untuk Menentukan Terjadinya Kerugian Negara

Ahli Hukum Pidana: Perlu Bukti Ada Kick Back untuk Menentukan Terjadinya Kerugian Negara NERACA Jakarta - Ahli hukum pidana Prof.…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Kemenpar Siapkan Paket Wisata Danau Toba

Untuk menggenjot jumlah wisatawan ke Danau Toba, Kementerian Pariwisata menyiapkan paket wisata Wonderful Huta Toba untuk menggaet wisatawan mancanegara asal…

Ragam Atraksi di Pasar Cikundul Pikat Wisatawan

Pasar Cikundul yang telah diluncurkan 9 September lalu telah meramaikan wisata pemandian Air Panas Sukabumi karena menyajikan beragam atraksi menarik,…

Pemerintah Bakal 'Paksa' Pengembang Bangun Fasilitas Difabel

Kementerian Sosial akan menyiapkan panduan penyediaan fasilitas umum ramah difabel dengan mengadopsi model terbaik di dunia dengan tetap memperhatikan kearifan…