Cerdas Menentukan Tempat Berlibur

Meski terlihat simpel, memilih tempat berlibur bukanlah perkara mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam menentukannya, kalau tidak waktu berlibur kita hilang dengan percuma. Untuk itu, pilihlah tempat berlibur yang tepat baik dari segi waktu dan juga isi dompet Anda. Berikut tips memilih tempat berlibur yang baik.

Tips yang pertama, persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika kita mempunyai rencana berlibur yang cukup panjang ke luarkotaapalagi ke luar negeri. Lebih panjang waktu persiapannya tentu lebih baik. Sisihkan secara auto debet dari income bulanan anda selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang dibutuhkan.

Biasanya mengambil paket liburan yang disediakan pihak tour travel bisa lebih murah. Namun jika kita ingin berpergian sendiri, ketahui dahulu seluk beluk tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta tak ketinggalan tempat belanja, menjadi point-point penting untuk dicatat.

Untuk biaya transportasi dan akomodasi, sangatlah baik jika kita bisa mendapatkan paket promosi. Bahkan jika ada, rumah kerabat atau penduduk setempat dan apartemen milik perorangan bisa dijadikan tempat menginap. Kita dapat menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar.

Cermatlah dalam memilih tempat rekreasi danObjek Wisata. Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi. Pertimbangkanlah untuk berpergian pada masa “low season”. Kita bisa mendapatkan liburan yang murah pada “high season” liburan.

Sama seperti tempat rekreasi, mencari tempat makan/restoran harus sesuai dengan budget yang disiapkan. Lebih baik jika anda memilih tempat yang tidak jauh dari tempat menginap anda atau tempat terakhir anda sedang berkunjung. Selain hemat waktu, hemat ongkos pula.

Tempat belanja yang tidak populer biasanya lebih murah dibandingkan tempat belanja yang ramai dikunjungi turis. Berburu oleh-oleh dan barangkerajinan ke pasar-pasar tradisional bahkan langsung ke tempat pembuatan/pabriknya bisa menghemat uang kita.

Jangan lupa, selalu membawa bekal seperti roti dan minuman air putih dalam tas kita. Selain lebih sehat, andapun terhindar dari jajan yang tidak perlu. Bawalah pula uang saku sesuai dengan budget kita. Dan tetap catat semua pengeluaran kita selama perjalanan dari awal hingga akhir.

Jika budget kita saat ini tidak memungkinkan untuk berpergian jauh, liburan didalamkotabisa menjadi pilihan yang tidak kalah menarik. Banyak alternatif tempat liburan yang bersifat edukatif bagi anak kita terutama diJakartadan sekitarnya. Bahkan rumahpun bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan bagi anda sekeluarga.

BERITA TERKAIT

Likuefaksi di Palu Bakal Dijadikan Tempat Wisata

Salah seorang anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Matindas J Rumambi mengatakan semua lokasi likuefaksi di Kota Palu dan Kabupaten…

Cerdas dalam Memilih Caleg

  Oleh : Rendy Adrian, Mahasiswa FISIP Unpar   Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan nama – nama mantan narapidana kasus…

Alasan Sakit Kerap Datang saat Berlibur

Ada anekdot bicara bahwa tubuh harus 'menyerah' saat waktu cuti kerja atau kabur sejenak dari rutinitas kerja harian. Kata 'menyerah'…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Pemprov Banten Sebut Kawasan Anyer Sudah Aman Dikunjungi

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pariwisata menyatakan bahwa kawasan wisata di Pantai Anyer dan sekitarnya telah aman dikunjungi pasca tsunami…

Ini Tantangan Baru Industri Pariwisata di Indonesia

Salah satu usaha mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun depan, Kementerian Pariwisata akan lebih fokus menggarap segmen pasar…

Likuefaksi di Palu Bakal Dijadikan Tempat Wisata

Salah seorang anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Matindas J Rumambi mengatakan semua lokasi likuefaksi di Kota Palu dan Kabupaten…