Tren Modifikasi Semakin Inovatif - Terkait Perkembangan Otomotif 2013

2013 mendatang menjadi tahun yang sangat ditunggu-tunggu oleh pecinta modifikasi tanah air untuk mengkreasikan kreatifitas mereka.

NERACA

Ya, perkembangan otomotif terus menggalami peningkatan, ini diikuti dengan keberadaan dunia modifikasi baik motor maupun mobil selalu memiliki daya tarik tersendiri terutama bagi para pecinta otomotif. Seperti di dunia modifikasi motor, setiap tahunnya tidak ada hentinya ide-ide baru yang dituangkan oleh para modifikator-modifikator handal asal Indonesia.

Dengan segera berakhirnya tahun 2012 tren modifikasi motor di tahun 2013 nanti bakal berubah atau bakal memiliki karakter tersendiri? Diprediksikan tahun depan dunia modifikasi motor akan jauh lebih inovatif dibanding tahun 2012. Sudah banyak terlihat dari ajang pameran motor atau mobil yang sudah menjadi trend untuk kalangan pecinta modifikasi untuk dijadikan inspirasi di tahun mendatang.

Hal senada juga diungkapkan oleh Topo Goedel Atmojo, pemilik bengkel modifikasi motor Tauco Custom yang berada di Jalan Kebagusan Raya No 99 Jagakarsa, Jakarta Selatan. Di 2012 tren modifikasi masih mengandalkan ide sepenuhnya pada sang modifikator. Orang yang akan memodifikasi motornya selalu memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada bengkel modifikasi.

Tren seperti itu lambat laun diprediksi akan berubah di 2013 mendatang. Nantinya konsumen yang akan memodifikasi motornya akan jauh lebih kreatif. Misalnya, konsumen tidak hanya memiliki niat untuk modifikasi tapi juga memiliki konsep dan ide-ide sendiri yang kemudian dituangkan dalam modifikasinya.

"Prediksi saya bakal tergantung ke konsumennya sendiri. Jadi konsumen tidak hanya mengandalkan ide sang modifikator tapi juga memberikan masukan-masukan ide," tuturnya.

Menurutnya, dalam dunia modifikasi motor itu ada 3 jenis yakni, bebek, matik dan sport. Untuk motor bebak nantinya akan out of the box, untuk motor matik tetap kiblatnya ke Thailand dan untuk motor sport kiblatnya ke Eropa.

"Motor bebek itu paling susah dimofidikasi, kalau bodinya dibuat gambot mesinnya tidak mendukung nantinya malah akan seperti motor banci. Paling gampang dimodif itu matik sama sport, itu gampang banget. Motor matik arahnya ke Thailand, motor sport ke Eropa atau tampilannya bakal lebih ke naked atau lebih liar," terangnya.

Selain itu, untuk pilihan warna juga pasti akan mengalami perubahan yang biasanya memainkan 2 warna nantinya akan lebih berani memainkan warna-warna terang yang kemudian dipadukan dengan tiga warna sekaligus dalam 1 motor.

"Pilihan warna juga akan berpengaruh di tahun depan. Sekarang kebanyakan main 2 warna, tapi nanti bakal lebih berani memadukan warna-warnanya," tandasnya.

Trend Jok Mobil

Berapa lama dalam sehari Anda duduk di mobil? Jika jawabannya berjam-jam, sudah waktunya Anda menyegarkan kembali jok mobil. Tak hanya makin enak diduduki, namun juga sedap dipandang mata dan tak ketinggalan tren. Ada warna yang lagi jadi trending topic, yaitu Tan. "Kelirnya lebih kecokelatan atau lebih gelap dari warna beige," sahut Edy, car trimmer Vertue, Sunter, Jakarta Utara.

Warna ini belakangan mencuat karena konsumen sudah bosan dengan warna hitam atau beige. Menurut Edy, warna ini terinspirasi dari warna jok Maserati dan Ferrari.

Agar tampilan jok mobil bisa tampil prima, lakukan langkah-langkah secara komprehensif. Yaitu pemilihan desain, kemudian warna bahan. Pengin bahan kulit atau sintetik serta model cutting-nya (jahitannya). Terakhir tentu kerapian akan detailnya.

Desain menjadi kata kunci. Di sini Anda bisa bebas bermain sesuai selera. Jangan takut bermain aneka warna agar tampilan jok baru eye catching. Jangan lagi hitam, beige atau abu-abu. Lakukan diskusi dengan car trimmer langganan Anda agar diperoleh hasil maksimal.

Trend Pelek

Jika membahas soal fashion di dunia otomotif, tentu tidak akan ada habis-habisnya. Apalagi jika bicara soal tren aksesoris mobil, terutama bagi pecinta modifikasi, tentu semakin seru. Biasanya yang menjadi sasaran perbincangan di kalangan modifikator adalah pelek.

Tidak heran jika banyak auto gallery yang menyediakan beragam jenis dan model pelek mobil. Karena bagi sebagian orang mengganti pelek adalah sebuah kebutuhan fashion. Dengan alasan sudah bosan, jenuh, dan ingin terlihat berbeda dari orang lain, banyak yang tak segan-segan meraih kocek demi mengganti pelek mobilnya.

Soalnya bagi pecinta modifikasi mobil, penampilan mobil kesayangannya pasti menjadi fokus utama agar terlihat keren dan berbeda dari orang lain. Sedapat mungkin mendandani mobilnya seunik mungkin agar terlihat lebih fresh dan keren.

Memberikan identitas unik tentu akan membuat orang lain berpikir bahwa mobil tersebut layak menjadi pusat perhatian. Dan salah satu yang harus terlihat berbeda adalah pelek dan bannya.

Di tahun 2013, tren pelek yang diminati berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, para modifikator banyak menggunakan pelek dengan model chrome dengan penggunaan pelek berukuran besar.

BERITA TERKAIT

KPK Soroti Empat Hal Terkait Tata Kelola e-Katalog Alkes

KPK Soroti Empat Hal Terkait Tata Kelola e-Katalog Alkes NERACA Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti empat hal terkait…

PNM Dorong UKM Lebih Inovatif dan Kreatif

PNM Dorong UKM Lebih Inovatif dan Kreatif NERACA Jambi - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melakukan pendampingan terhadap pelaku Usaha…

Sektor Otomotif - Realisasi Kendaraan Listrik Hemat Rp798 Triliun dari Impor BBM

NERACA Jakarta – Pemerintah segera menyiapkan regulasi terkait penggunaan kendaraan motor listrik yang dapat menghemat sekitar Rp798 triliun dari impor…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Hadir Dalam Tiga Tipe, All New Camry Lebih Mewah dan Agresif

PT Toyota Astra Motor (TAM) membuka tahun 2019 dengan menghadirkan All New Camry yang diklaim memiliki tampilan lebih mewah dan…

Pabrikan Volkswagen Cetak Rekor Penjualan di 2018

Volkswagen mencetak rekor pada 2018 dengan menjual 6,24 juta kendaraan bermerek VW, terlepas dari masalah pengiriman yang disebabkan oleh aturan…

Ford Rencanakan Teknologi Nirkabel Baru Untuk Mobil

Ford Motor Co mengatakan pada Senin (7/1) bahwa pihaknya berencana untuk meluncurkan teknologi nirkabel untuk model kendaraan baru di Amerika…