Mengenal dan Memilih Operator Ponsel - GSM VS CDMA

Penggunaan hand phone berbasi GSM dan CDMA pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Seperti kemudahan yang yang ditawarkan GSM, dibawa keluar daerah hand phonemasih bisa digunakan, sedangkan CDMA belum mampu. Selain itu masih banyak kelebihan dan kekurangan dari masing-masing teknologi tersebut, mau tahu? Yuk kita bedah satu per satu.

Ya, kemajuan teknologi memang telah melanda banyak bidang. Tidak hanya dibidang elektronik saja, teknologi berkembang sangat pesat dan memberikan banyak kemudahan juga manfaat kepada banyak penggunanya. Dengan teknologi, kehidupan manusia dapat dipermudah. Namun dalam mendapatkan teknologi, jelas kita membutuhkan materi untuk mendapatkannya. Tetapi kini tak seperti dulu, dahulu teknologi menjadi barang yang mahal untuk didapatkan, kini setiap orang bebas dan bisa mendapatkannya dengan mudah.

Tidak hanya mudah untuk didapatkan saja, selain mudah, teknologi pun kini dapat kita dapatkan dengan sangat murah. Hampir semua orang kita bisa mendapatkan teknologi saat ini, contohnya saja ponsel atau handphone, sepuluh tahun yang lalu mungkin masih menjadi hal yang mahal dan menjadi barang yang mewah, namun kini ponsel sudah banyak dan sangat mudah didapatkan dan tentunya dengan harga yang sangat murah. Berbicara ponsel mungkin kita akan diingatkan dengan pilihan jaringan operator, seperti GSM atau CDMA.

GSM sendiri adalah kepanjangan dari Global System for Mobile Communications yang merupakan teknologi digital yang bekerja dengan mengirimkan paket data berdasarkan waktu, atau yang lebih dikenal dengan istilahtimeslot. Timeslot inilah yang akan digunakan oleh pengguna jaringan GSM secara ternporer (sementara). Artinya jalur jaringan GSM sebenarnya sudah ditetapkan, jadi bila ada yang menggunakan dan sudah penuh, yang lain harus rela untuk mengantri.

Kekurangannya adalah ketika jaringan GSM sudah penuh, maka pemilik ponsel biasanya akan mengalami kesulitan untuk melakukan panggilan atau bahkan menerima panggilan. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya timeslot kosong yang bisa digunakan. Namun meski jumlah jaringannya tetap, tetapi jumlahnya sangat banyak, begitu pula dengan jaringannya, sinyalnya cukup baik dan stabil.

Berbeda dengan GSM, teknologi CDMA tidak menggunakan satuan waktu, melainkan menggunakan sistem kode. Prinsip ini sesuai dengan singkatan CDMA itu sendiri, yaituCode Division Multiple Access. Jadi, sistem CDMA menggunakan kode-kode tertentu yang unik untuk mengatur setiap panggilan yang berlangsung. CDMA memiliki kapasitas jaringan yang lebih besar dibandingkan dengan jaringan GSM. Namun, hal ini tidak berarti jaringan CDMA akan lebih baik daripada jaringan GSM karena tetap ada batasan-batasan tertentu untuk kapasitas jaringan yang dimiliki oleh CDMA.

Hal yang sama juga terjadi di jaringan CDMA yaitu jika jaringan sudah terlalu penuh, maka yang terjadi adalah penyusutan coverage area (ruang lingkup atau jangkauan) dan jaringan CDMA itu sendiri. Tidak jarang pula kualitas suara menjadi korban dan penuhnya jaringan CDMA. Selain itu CDMA sangat bergantung pada beberapa pelanggan yang menggunakannya. Jika GSM, berapapun yang menggunakannya cakupannya tetap.

Selain itu kemudahan yang dimiliki pengguna Handphone GSM adalah dapat menggunakan HP nya di luar daerah atau diluar daerah operatornya, sedangkan CDMA belum mampu, meski bisa, namun harus melakukan setingan terlebih dahulu. Itulah juga mengapa jika kita menggunakan HP CDMA dan ingin berkeluar kota maka kita perlu Combo dulu. Meski begitu, penggunanya namun tetap ada, walau tak segemilau dahulu. CDMA memang sempat mengalami masa keemasan saat itu, banyak operator menawarkan paketan building dengan ponsel dan harganya sangat terjangkau dan hemat. Pada saat itu, CDMA menjawab atas kebutuhan ponsel dan biaya menelepon yang cukup murah.

Tapi seperti hilang, CDMA pun kini tidak terlihat lagi promosi juga iklannya. Bahkan sebagian perusahaan operator CDMA ini dikatakan bangkrut dan meraup kerugian. Kinerja dari operator berbasis CDMA tidak begitu menggembirakan hingga semester 2012. Banyak faktor yang menyebabkan menurunya pengguna ponsel CDMA, sepeti keterbatasan frekuensi. Produk-produk ponsel CDMA pun kurang kompetitif dibandingkan ponsel GSM yang terus mengikuti perkembangan teknologi, dan berbagai provider GSM pun sudah mulai kompetitif dalam soal harga, jadi pengguna GSM pun terus bertambah dibandingkan pengguna CDMA.

BERITA TERKAIT

Makanan Ini Bisa Mencegah Penyakit Jantung dan Darah Tinggi

Menjaga kesehatan jantung tak hanya dengan menghindari makanan cepat saji dan makanan yang diproses berlebihan. Beberapa makanan bahkan baik dikonsumsi…

Mantan Ketua MK - Milenial Rugi Kalau Tidak Memilih

Mahfud MD Mantan Ketua MK Milenial Rugi Kalau Tidak Memilih  Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai…

Saham CPRI dan HRME Masuk Efek Syariah

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin menetapkan saham PT Capri Nusa Satu Properti Tbk (CPRI) dan…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

HTSnet Sediakan layanan Internet Murah Untuk UKM

PT Hawk Teknologi Solusi (HTSnet)  menyediakan layanan internet Turbo Fiber yang ditujukan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat membantu…

Software Bajakan Disebut Sulit Dibrantas di Indonesia

Maraknya penggunaan software tidak berlisensi atau bajakan untuk kebutuhan bisnis maupun perorangan sudah semakin meresahkan. Berdasarkan data dari BSA I…

Jelang Pilpres, 771 Konten Hoax Warnai Dunia Maya

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)mengidentifikasi 771 hoax pada periode Agustus 2018 hingga Februari 2019 di jagat maya, paling banyak berkaitan…