Akuisisi PT Dimas Pratama, APLN Kuras Dana Rp 92 Miliar

NERACA

Jakarta – Agresifitas PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) melakukan ekspansi bisnis tidak terbendung lagi. Kali ini perseroan mengakuisisi 80% saham PT Dimas Pratama Indah dengan dana investasi sekitar Rp92 miliar.

Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (26/11). Disebuutkan, untuk mengakuisisi 80% saham PT Dimas Pratama Indah akan menggunakan kas operasional perusahaan.

Sekretaris Perusahaan PT Agung Podomoro Land Tbk Justini Omas mengatakan, biaya akuisisi 80% saham dalam PT Dimas Pratama Indah sekitar Rp92 miliar. PT Dimas Pratama Indah memiliki 36,8 hektar lahan yang di dalam lahan tersebut ada satu tower apartemen dengan lima lantai yang siap dijual. Satu tower apartemen itu ada 140 unit apartemen.

Sementara sisa lahan yang diakuisisi itu akan digunakan untuk ekspansi usaha. "Di sisa lahan rencanakan akan dikembangkan 2.200 unit landed house yang diharapkan bisa dimulai pembangunannya kuartal pertama tahun depan dengan lama pengembangan diperkirakan tiga tahun. Nama proyeknya Batam Center Park di kota Batam City Center," ungkapnya.

Garap Proyek Batam

Selain itu, perseroan juga menganggarkan dana investasi sekitar Rp700 miliar untuk proyek Batam Center Park di kota Batam City Center pada 2013. Pada proyek tersebut, perusahaan properti ternama ini akan mengembangkan 2.200 unit landed house di luas lahan 36,8 hektar di Batam, “Kami mengharapkan bisa dimulai pembangunannya pada kuartal pertama tahun depan dengan lama pengembangan diperkirakan tiga tahun," ujar Justini.

Dia juga menuturkan, pihaknya menganggarkan dana sekitar Rp700 miliar untuk pembangunan proyek di Batam tersebut. Dana pengembangan proyek di Batam itu sudah termasuk akuisisi saham PT Dimas Pratama Indah sekitar 80% dan pengembangan usaha di Batam."Dana investasi sekitar Rp700 miliar itu akan sebagian dari pre sales dan sebagian dari pinjaman bank. Pinjaman bank itu nanti dilakukan dan saya belum tahu," ungkapnya.

Sebagai informasi, PT Agung Podomoro Land Tbk mencatatkan laba bersih tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp682,66 miliar hingga semester pertama 2012 dari periode sama sebelumnya Rp448,81 miliar. Penjualan dan pendapatan usaha perseroan naik menjadi Rp3,51 triliun hingga September 2012 dari periode sama sebelumnya Rp2,67 triliun.

Untuk kas dan setara kas perseroan naik menjadi Rp2,79 triliun pada 30 September 2012 dari posisi 31 Desember 2011 sebesar Rp1,83 triliun. (bani)

BERITA TERKAIT

SMGR Akuisisi 80,6% Saham Holcim Indonesia - Kuras Kocek US$ 917 Juta

NERACA Jakarta – Ekspansi bisnis semen milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) semakin gemuk setelah berhasil sukses mengakuisisi saham…

Link Net Siapkan Dana Rp 451 Miliar - Buyback 75,14 Juta Saham

NERACA Jakarta – Menjaga stabilitas harga saham di pasar, PT Link Net Tbk (LINK) berencana melakukan pembelian kembali (buyback) saham…

BFI Finance Siapkan Dana Rp 335 Miliar - Utang Sebelum Jatuh Tempo

NERACA Jakarta – Perusahaan pembiyaan, PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) mengungkapkan kesiapan perseroan memenuhi kewajiban pembayaran utang yang akan…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

PTBA Bukukan Laba Bersih Rp 3,93 Triliun

Di kuartal tiga 2018, PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) membukukan laba bersih Rp3,93 triliun, naik 49,67% year on year (yoy)…

BEI Suspensi Saham Trancoal Pacific

Mengalami kenaikan harga saham di luar kewajaran, perdagangan saham PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI) dihentikan sementara atau disuspensi oleh PT…

Hotel Mandarine Bakal Gelar Rights Issue

Perkuat modal dalam rangka mendanai ekspansi bisnisnya, PT Hotel Mandarine Regency Tbk (HOME) berniat menerbitkan saham dengan hak memesan efek…