Menambah Keanggunan dan Kesan Mewah

Lampu Gantung di Ruang Tamu

Sabtu, 03/11/2012

Anda tentu ingin ruang tamu anda nampak anggun, bahkan mempunyai kesan mewah. Salah satu caranya adalah dengan memasang lampu gantung di ruangan tamu. Memang harga lampu gantung ini cukup mahal. Harga yang kita bayar sepadan dengan kesan mewah yang ditimbulkan. Namun jangan memasang lampu gantung dan lampu hias berbarengan.

NERACA

Untuk menciptakan ruang tamu yang nyaman dan cantik bisa dilakukan dengan penambahan beberapa hiasan seperti lampu gantung atau lampu hias.

Lampu gantung di ruang tamu tidak hanya berfungsi sebagai penerangan tapi juga mampu menciptakan kesan elegan dalam ruang tamu. Bahkan dengan cahaya yang tersamar dan hanya jatuh pada sebagian ruang tamu, lampu gantung juga mampu memberikan kesan romantis di ruang tamu.

Baca juga: Indonesia, Surganya Hunian Mewah

Lampu gantung memang sesuai ditempatkan di setiap ruangan di rumah. Tapi tentunya tidak boleh sembarangan dalam memilih lampu gantung untuk ruang tamu. Lampu gantung untuk ruang tamu sebaiknya disesuaikan dengan luas atau ukuran ruang tamu.

Jika ruang tamu kita termasuk ruang tamu yang mungil, pilihlah lampu gantung yag sederhana dan tidak terlalu besar.

Dan jika ruang tamu di rumah mempunyai ukuran yang cukup luas, maka kita bisa memilih lampu gantung cukup besar dengan model yanng lebih rumit untuk menambah kesan elegan.

Baca juga: Ragam Pilihan dan Jenis Pondasi Hunian

Besar lampu gantung untuk ruang tamu sebaiknya tidak lebih dari 20% – 30% dari seluruh luas ruangan tamu. Ketika akan memasang lampu gantung untuk ruang tamu, perhatikan juga ketinggian dari lampu gantung. Lampu gantung sebaiknya memiliki jarak setidaknya 50 cm dari atas kepala kita. Tapi jangan juga memasang lampu gantung terlalu tinggi, karena akan menyulitkan apabila harus mengganti bohlam yang mati.

Dalam memilih model lampu gantung untuk ruang tamu sebaiknya dicocokkan dengan gaya arsitektur yang kita terapkan dalam ruang tamu kita.

Baca juga: Ciptakan Rumah Rapi dan Nyaman

Karena pada awalnya pemasangan lampu gantung memang untuk mempercantik dan mempertegas kesan yang kita ingin ditimbulkan dalam ruang tamu. Perhatikan juga pencahayaan yang dihasilkan oleh lampu gantung tersebut.

Pastikan lampu gantung tersebut memiliki pencahayaan yang cukup untuk membantu para tamu melihat keindahan dari ruang tamu kita.

Jika diperlukan, gunakanlah beberapa aksesoris pendukung untuk menambah kesan dramatis pada dekorasi ruang tamu, tapi jangan juga sampai terlihat berlebihan.

Baca juga: Mengatasi Air Sumur Keruh dan Berbau

Lampu Hias

Untuk mempercantik tampilan ruang tamu, biasanya kita akan menambahkan beberapa aksesoris yang dapat menunjang keindahan ruang tamu.

Dan akan lebih baik lagi jika aksesoris yang kita gunakan untuk menghiasi ruangan, tidak hanya menambah keindahan tapi juga fungsional.

Salah satu aksesoris yang bisa kita gunakan untuk menambah keindahan ruang tamu dan juga memiliki kegunaan untuk ruang tamu adalah lampu hias ruang tamu.

Lampu hias ruang tamu yang akan kita gunakan bisa berupa lamou gantung atau lamu dengan modelnya yang bisa diletakkan di meja pojok ruangan atau digantungkan di dinding ruang.

Baca juga: Menentukan Warna Hunian, Sesuaikan Konsep Dan Karakter

Lampu hias ruang tamu yang digantung di dinding selain untuk penerangan juga bisa dijadikan sebagai pengganti lukisan. Selain lebih menarik, penggunaan lampu hias pada dinding ruang tamu juga akan terlihat klasik dan atraktif.

Ketika akan menggunakan lampu hias dalam ruang tamu, sebaiknya kita memilih lampu hias yang memiliki model yang sesuai dengan tema gaya ruang tamu yang kita pakai.

Agar lampu hias ruang tamu yang kita gunakan benar – benar bisa mempercantik dan mempertegas tema ruang tamu kita, bukan justru merusak tema yang telah kita buat.

Baca juga: Teralis, Antara Gaya dan Keamanan - AMAN SAAT MUDIK

Dan jika berminat untuk memakai lampu gantung sebagai hiasan ruang tamu, sebaiknya tidak memilih lampu gantung yang berukuran hampir setengah dari ruang tamu kita.

Pilihlah lampu gantung yang hanya memakan 1/8 luas area ruang tamu kita. Hal ini ditujukan agar ruang tamu tidak terkesan menjadi sempit dan berantakan.

Dan jika sudah menggunakan lampu hias tempel, jangan gunakan lagi lampu gantung pada ruang tamu. Penggunaan dua model lampu hias secara bersamaan tidak akan membuat ruang tamu kita tambah indah. Tapi justru membuat ruang tamu terlihat berantakan. Kecuali apabila kita menggunakan lampu hias tempel, kita bisa menggunakan lebih dari satu model, asalkan masih satu jenis.

Baca juga: Rapih dan Mewah Tidak Selalu Mahal - Soal Hunian