JMCS 2012 - Cerminkan Optimisme Industri Sepeda Motor

Menjelang penyelenggaraan pameran Jakarta Motorcycle Show (JMCS) yang akan digelar pada 31 Oktober - 4 November 2012 di Jakarta Convention Center, para produsen sepeda motor tampaknya mulai gencar melakukan persiapan untuk menghadirkan yang terbaik di JMCS tahun ini.

NERACA

JMCS tahun ini akan diikuti oleh 4 anggota AISI yakni Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha serta 6 merek motor lain seperti BMW, Ducati, Husqvarna, KTM, Spyder dan Victory. JMCS juga diikuti oleh 27 perusahaan pendukung industri seperti helm dan aksesoris lainnya. Meningkatnya jumlah peserta, terutama dari beberapa merek baru menandakan perkembangan baru pada penyelenggaraan pameran yang berlangsung setiap dua tahun sekali ini.

Pameran yang akan berlangsung selama 5 hari ini menargetkan 84.000 pengunjung. Dan bersama dengan 2 pameran lainnya yakni Indocomtech dan Jakarta Game Show 2012 panitia mengestimasi sebanyak 280 ribu orang akan memadati area JCC.

Dengan mengambil tema "Think Green, Act Safely" JMCS 2012 ingin mengajak seluruh pemangku kepentingan termasuk didalamnya para produsen sepeda motor serta pengendara motor untuk meningkatkan kesadaran dalam hal disiplin berlaku lintas yang pada akhirnya dapat meningkatkan keselamatan pengendara dan meminimalkan kerugian ekologis dan mengurangi kerusakan lingkungan.

"Melalui tema ini, kami ingin mengajak serta para pengunjung JMCS dan konsumen di seluruh Indonesia untuk semakin peduli dan berperan aktif dalam menerapkan disiplin berkendara dan menjadikan lingkungan kita semakin nyaman," terang Manager Divisi Otomotif Dyandra Promosindo, Abiyoso Wietomo.

Dia mengatakan, bahwa disiplin dalam berlalu lintas harus menjadi kesadaran bagi setiap pengendara kendaraan.

Kolaborasi Berbagai Merek

Menjelang acara, optimis menyelimuti para pemain dan bergerak industri, hal ini bisa dilihat dari naiknya angka penjualan pada September 2012 dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini tentunya merupakan berita gembira bagi industri sepeda motor tanah air, di mana pada bulan September kemarin, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat penjualan motor pada September naik dari 433.741 unit pada bulan sebelumnya menjadi 628.739 unit atau mengalami kenaikan sebesar 45%. Ini merupakan angka penjualan tertinggi sepanjang 9 bulan pertama tahun ini.

Optimisme tersebut juga diperlihatkan oleh seluruh peserta JMCS 2012, dengan mempersiapkan 'sesuatu yang baru' pada booth mereka. Dan kali ini bukan hanya APM yang akan menampilkan produk baru dan juga memamerkan sepeda motor konsep mereka, beberapa peserta merek kendaraan roda dua di luar anggota AISI juga tengah bersiap untuk ikut unjuk gigi.

Pada JMCS tahun ini Suzuki akan menghadirkan suasana Eco-Sporty dalam tampilan booth-nya, dan didalamnya Suzuki akan memamerkan produk baru yang baru saja dilaunching pada pertengahan Oktober ini yakni Suzuki Inazuma, dan Suzuki akan memperkenalkan satu produk terkini terbarunya di ajang pameran JMCS 2012.

Tidak hanya itu Suzuki juga mepersiapkan motor-motor yang secara khusus didatangkan dari Jepang, seperti Hayabusa 1300, RM-Z 250, Skywave 250 dan GSV-R 1000 yang merupakan Replika Moto GP.

Sementara itu, Yamaha hadir dengan tema “DNA, teknologi lahir di Moto GP”, dan untuk merepresentasikan tema tersebut, Yamaha akan memboyong dutanya, Jorge Lorenzo berdatang ke JMCS 2012. Selain untuk merepresentasikan tema Yamaha pada ajang ini, Lorenzo sekaligus mewakili imej Jupiter Z1, motor bebek pertama Yamaha berteknologi Fuel Injektion (FI) yang sangat erat dengan balapan dan kecepatan.

Tidak mau kalah Kawasaki, pabrikan yang terkenal atas desain motor sport nya ini, berjanji akan menampilkan produk-produk istimewanya. Di JMCS 2012 Kawasaki akan menampilkan lebih dari 10 line up Premium Bike, termasuk di dalamnya adalah line up big bike dengan kapasitas lebih daripada 250 cc .

Dalam rangka mendukung JMCS 2012, Kawasaki juga akan menghadirkan produk ramah lingkungan yang berteknologi Fuel Injection (FI).

Selain itu merek anggota AISI, JMCS 2012 juga akan menampilkan 6 merek kendaraan roda dua lainnya dengan berbagai keunggulan yang akan mereka pamerkan. KTM salah satu peserta JMCS yang kembali bergabung tahun ini akan hadir dengan tema booth “Ready to Race”.

Seakan merefleksikan tema tersebut, KTM menghadirkan line up motor sport yang dinanti-nanti para bikers tanah air seperti duke 200, 250 EXCF Sixdays, RC8, 990 Dakar Adventure, dan 990 Superduke. Selain KTM masih ada BMW, Dukati, Husqvarna, Spyder, dan juga victory yang tentunya juga akan menghadirkan produk-produk terbaiknya di JMCS 2012.

Wietono mengatakan, berharap penyelenggaraan pameran JMCS tahun ini bisa ikut mendorong industri sepeda motor Tanah Air kembali bangkit.

BERITA TERKAIT

PROVINSI SUMATERA SELATAN - Adira Paling Banyak Kucurkan Pembiayaan Sepeda Motor

PROVINSI SUMATERA SELATAN Adira Paling Banyak Kucurkan Pembiayaan Sepeda Motor NERACA Palembang - Perusahaan pembiayaan Adira Finance hingga sekarang ini…

Pemerintah Gencarkan Implementasi Program e-Smart IKM - Industri Kecil dan Menengah

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Industri Kecil dan Menengah (IKM) kembali menggelar Workshop e-Smart IKM…

Industri Galangan Kapal Perlu Manfaatkan Peluang Tol Laut - Dunia Usaha

NERACA Jakarta – Pemerintah telah mengalokasikan anggaran bagi pembangunan kapal-kapal negara untuk memenuhi kebutuhan moda transportasi laut di dalam negeri.…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Wuling Sebut Suku Cadangnya Lebih Murah 20% dari Kompetitor

PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) mengklaim harga suku cadang produk mereka lebih murah 20 persen dibandingkan dengan rata-rata harga…

BMW Rakitan Lokal Mendominasi 80 Persen Penjualan

Sebesar 80 persen penjualan BMW Group Indonesia disumbang dari produk-produk yang mereka hasilkan dari pabrik perakitan BMW di Indonesia. Vice…

Mitsubishi Jamin Suku Cadang Xpander Aman

Laris manis di pasaran sejak diluncurkan pada Agustus, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, mengatakan saat…