Lampu Bohlam Cerdas Ala Smartphone

Sabtu, 20/10/2012

NERACA

Cahaya lampu memang sangat kita butuhkan, tidak hanya pada malam hari, namun pada siang hari kita pun terkadang sering membutuhkan cahaya lampu. Hal ini dikarenakan setiap rumah memiliki desain ruangan yang berbeda-beda.

Dengan begitu intensitas cahaya yang masuk pun berbeda-beda, karena itu terkadang kita membutuhkan cahaya tambahan yang tidak hanya bersumber pada matahari. Rumah ramah lingkungan kini telah menjadi salah satu trend untuk mendesain sebuah hunian yang baik.

Pemilihan lampu dalam sebuah rumah yang menganut rumah ramah lingkungan ialah lampu hemat yang tahan lama, dan yang pasti memiliki teknologi yang bisa menghemat dan memudahkan penggunanya dalam menggunakannya.

Kini telah hadir banyak lampu hemat energi yang cukup murah dan hemat, kemajuan teknologi memang mempermudah semua orang untuk mendapatkan teknologi dan kemudahan untuk menjalankan kegiatan dengan lebih hemat.

Lampu cerdas ini dinamakan LiFX. LIFX adalah bola lampu dengan LED yang memiliki dukungan WiFi yang bisa kita kontrol dengan iPhone atau perangkat Android. Bola lampu ini memiliki bermacam-macam warna dan bisa menghemat energi hingga 20%.

Tidak seperti kebanyakan bola lampu, LIFX memberi kita kontrol yang belum pernah ada sebelumnya dan usianya bisa bertahan hingga 25 tahun. Bola lampu ini dikontrol menggunakan smartphone. Kita bisa mengatur kecerahan dan mengubah warnanya serta mengaktifkan atau sebaliknya ketika kita meninggalkan rumah.

Selain itu LIFX bisa jalan tanpa harus mengganti sistem perkabelan yang sudah ada sebelumnya. Jadi kita hanya perlu mengganti lampu lama dengan lampu LIFX yang baru. Bahkan LIFX tidak membutuhkan penambahan boks kontrol atau peralatan yang rumit.

Hanya cukup melepas lampu lama dan mengganti dengan lampu LIFX, dan selesai. Lampu cerdas LIFX bisa disetting untuk hidup dan mati secara otomatis. Pada saat kita sampai di rumah, maka lampu akan otomatis menyala, dan pada saat kita keluar rumah, LIFX akan otomatis mati.

Lampu cerdas ini pun bisa diatur untuk mensimulasikan keadaan pagi dan sore. Misalnya, saat pagi hari,lampu cerdas LIFXakan meredup seiring dengan munculnya matahari, sampai mati total pada saat sinar matahari sudah sangat terang.

Begitu juga, pada saat sore hari,lampu cerdas LIFXdapat diatur untuk perlahan-lahan menjadi terang, seiring dengan semakin tenggelamnya matahari. Lampu ini bahkan bisa menerima notifikasi dari twitter, facebook, memvisualisasi musik dengan animasi warna lampu LIFX. Harga satuannya sekitar Rp. 700.000, atau paket dua lampu seharga Rp. 1 jt. Sangat murah bukan untuk penggunaan sekitar 40.000 jam atau kira-kira 25 tahun.