Plus Minus 4 Tablet Android Murah

Sabtu, 22/09/2012

NERACA

Tablet android murah masih menjadi pilihan utama bagi para pecinta gadget. Berikut kami tampilkan 4 tablet android lokal murah beserta kelebihan dan kekurangannya. Antara lain Tipad Justin, Advan Vandroid T1, Nexian Genius, IMO Tab X-1.

Buat yang merasa tertarik untuk membeli tablet lokal tapi kebingungan dengan banyaknya pilihan varian yang beredar di pasaran, daftar ini mungkin akan membantu. Ulasan yang hadir kali ini akan membawakan perbandingan 4 tablet lokal yang beredar di pasaran domestik.

1.TiPad Justin

Kelebihan

Dengan bodi besar, TiPad mampu menghadirkan kelebihan di sisi koneksi yang lengkap seperti kemampuan membaca flashdisk serta dapat dihubungkan pula dengan mouse PC. Selain kelebihan di sisi hardware, Tiphone juga membekali Justin dengan ragam konten menarik seperti T-Book, T-Mail, T-Messenger dan T-Market.

Tak ketinggalan pula link shortcut ke situs gudang konten yang menyediakan beragam konten audio, video, wallpaper dan screensaver. Pemutar audio yang dimiliki Justin juga sudah dilengkapi dengan setting equalizer.

Kekurangan

Tak seperti kebanyakan tablet lokal lain yang sudah dibekali dengan fitur panggilan telepon dan sms, TiPad Justin ternyata tidak dapat digunakan untuk bertelepon atau berkirim sms. Slot kartu SIM yang dimilikinya hanya dapat digunakan untuk mengakses internet via paket data operator. Sementara dari sisi fisik, Justin memang memiliki bobot yang lebih berat sehingga kurang nyaman bila dibawa mobile.

Kesimpulan

Berada pada kisaran harga dua juta, Justin memang cukup dapat diandalkan dari sisi audio. Absennya fitur panggilan telepon dan pengiriman sms pada Justin memang sangat disayangkan. Belum lagi bobot yang cukup berat memang cukup mengurangi daya tarik dari tablet ini.

2.Advan Vandroid T1C

Kelebihan

Hadir dengan bodi plastik yang ringan, Vandroid memang sangat cocok untuk yang lebih sering mobile. Vandroid juga sudah dilengkapi dengan fitur untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim sms. Anda yang ingin berselancar di dunia maya juga dapat memanfaatkan jalur koneksi Wi-Fi dan 3G HSDPA dari operator GSM.

Kekurangan

Meski sudah menggunakan layar sentuh berjenis kapasitif respon layar yang dimilikinya memang tak begitu baik. Ketika kami mencoba menekan layar sentuhnya, Vandroid salah memposisikan lokasi penekanan disisi layarnya.

Kesimpulan

Walaupun telah dibekali dengan layar berjenis kapasitif namun ternyata kinerjanya dalam merespon sentuhan tidak begitu baik. Vandroid bahkan salah dalam menentukan lokasi sentuhan jari yang dilakukan oleh BG. Namun begitu dengan bekal slot kartu SIM, Anda dapat dengan leluasa menjelajahi dunia maya dengan memanfaatkan jalur koneksi 3G HSDPA dari operator.

3.Nexian Genius

Kelebihan

Datang dengan ukuran bodi yang identik dengan Vandroid, Genius juga memiliki desain yang sangat mirip. Fitur panggilan telepon dan mengirim sms juga dimiliki pula oleh Genius. Di sisi depan layar terdapat empat buah tombol fisik back, menu, home dan search. Sebagai pelengkap, Genius juga sudah dijejali dengan portal News (Kompas, Detik, Bisnis Indonesia, Bintang Indonesia, Kapanlagi), aplikasi Facebook dan browser internet opera mini.

Kekurangan

Untuk mengabadikan momen, Anda dapat menggunakan kamera belakang berkekuatan 2 megapiksel yang sudah disandangnya. Namun begitu, amat disayangkan Genius hanya mampu merekam gambar beresolusi CIF (352 x 288 piksel) dengan durasi sebatas 30 menit saja.

Kesimpulan

Sebagai salah satu vendor lokal ternama, Nexian mencoba turut bersaing di pasar tablet Android yang semakin populer. Namun begitu banderol harga yang cukup tinggi serta tidak disertakannya USB dongle dalam paket penjualan memang membuat tablet ini tampak kurang menarik.

4.IMO Tab X1

Kelebihan

IMO Tab X1 adalah tablet Android pertama di tanah air yang diklaim memiliki kemampuan dual SIM GSM dual standby. Untuk akses data, Anda dapat memanfaatkan jalur data operator sekelas HSDPA dengan kecepatan maksimal hingga 7,2Mbps. IMO juga tak lupa menyematkan fitur TV Analog yang dapat diisi dengan 15 stasiun televisi.

Kekurangan

Meski sudah dibekali dengan kemampuan dual SIM GSM, IMO Tab X1 tak seragam dalam hal dukungan koneksi data. SIM pertama pada IMO Tab X1 dapat digunakan untuk terhubung ke internet melalui jalur 3G HSDPA. Sedangkan untuk SIM 2 hanya dapat digunakan untuk berinternet melalui jalur GPRS. Kekurangan lain yang kerap dijumpai pada IMO Tab X1 adalah performanya yang kurang gesit dalam menjelajah menu. Hal ini cukup dapat dimaklumi karena IMO Tab X1 memang masih menggunakan prosesor dengan kecepatan sebatas 600MHz.

Kesimpulan

Berada pada rentang harga dibawah dua juta, IMO Tab X1 cukup dapat diandalkan dengan keberadaan dua slot kartu SIM yang selain dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon juga dapat Anda manfaatkan sebagai sarana untuk menjelajah internet. Sayang sekali IMO tidak membekali Tab X1 dengan kemampuan untuk membaca flashdisk.