Terbang Tinggi Brand Garuda Bersama Liverpool - PT Garuda Indonesia Tbk

NERACA

Jakarta – Persaingan industri penerbangan dalam negeri semakin sengit, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) sebagai maskapai penerbangan milik pemerintah terus berbenah diri. Salah satunya, yang dilakukan adalah penambahan 20 armada pesawat dan meningkatkan pasar penerbangan domestik.

Bahkan guna meningkat pasar penjualan di luar negeri, perseroan menggandeng klub sepak bola Liverpool. Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Emirsyah Satar mengatakan, kerjasama ini dimaksudkan untuk memperkenalkan bran perseroan di Eropa, “Kita ingin brand Garuda di market luar lebih kuat. Sekarang kalau melihat Garuda dilihat harganya. Kalau brand di dalam negeri kan sudah, orang tidak lagi lihat harga,"katanya.

Langkah Garuda tersebut klop dengan minat klub Inggris tersebut untuk mendekati penggemar mereka yang berada di luar Eropa. Seperti yang dilakukan oleh klub-klub Eropa lain yang kian sering berkunjung ke Asia, tur ini diperlukan untuk mendekatkan diri dengan para penggemar di kawasan yang tidak bisa menonton langsung pertandingan di stadion mereka.

Antusiasme penonton Indonesia terhadap klub-klub sepakbola Inggris rupanya menjadi pertimbangan kenapa Garuda memilih Liverpool (Mengapa bukan MU atau Barca dan Madrid? Kalau ini, boleh jadi karena pertimbangan ekonomis). Di samping bisa terbang bersama Liverpool, Garuda juga bisa memanfaatkan jejaring sosial untuk berinteraksi dengan fans klub sepakbola ini, bukan hanya yang tinggal di Indonesia, tapi juga di Inggris maupun negara-negara lain yang menonton siaran pertandingan di Stadion Anfield.

Bidik Fans Sepak Bola

Artinya, melalui Liverpool, Garuda dapat terkoneksi dengan pasar yang sudah digarap maupun pasar yang ingin dituju. Terbuka peluang bagi Garuda untuk lebih memahami apa yang jadi keinginan dan kebutuhan pasar potensial ini serta menawarkan jasa yang bisa diberikan maskapai. Dengan menggandeng klub sepakbola, sebagai olahraga paling popular sejagat, Garuda berusaha terbang lebih tinggi agar semakin dikenal konsumen global sebagai brand internasional.

Langkah strategis ini membawa manfaat lain bagi Garuda, yakni manajemen dan karyawan perusahaan ini akan termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas jasanya. Menggandeng brand internasional seperti Liverpool untuk partnership selama tiga tahun tanpa kualitas jasa yang terus meningkat akan jadi mahal harganya.

Sementara Direktur Pemasaran Garuda Indonesia, Elisa Lumbantoruan mengatakan, alasan Garuda memilih Liverpool adalah karena murahnya biaya penawaran. "Dari penawaran yang ada, ini yang paling murah biayanya. Namun saya tidak sebut berapa. Liverpool juga frekuensi pertandingannya pun di home base, baik siaran live atau reply, jauh lebih banyak," jelasnya.

Dari kerja sama ini, membuat wajah Garuda akan sering muncul di Anfield, kandang "The Reds”. Iklan Garuda berdurasi enam menit akan tayang di stadion tersebut selama satu putaran Premier League. "Kita dapat slot 6 menit dari total pertandingan 90 menit," ujar Elisa.

Menurut Elisa, ongkos iklan ini bahkan lebih murah dibandingkan ongkos iklan di tv manapun, luar atau dalam negeri. Seperti diketahui Liverpool FC adalah salah satu klub besra sepak bola yang bermain di Liga Premier Inggris atau Barclays Premier League (BPL). Klub ini telah 18 kali menjuarai Liga Inggris dan lima kali juara Liga Champions Eropa.

Nama Garuda Indonesia juga sempat muncul di dinding iklan stadion Wembley di Kota London, Inggris. Saat itu, perseroan dengan slogan Airline of Indonesia muncul saat pertandingan persahabatan antara tim nasional Inggris melawan Belgia jelang kejuaraan Euro 2012 yang digelar di Polandia dan Ukraina.

Sebelumnya, perusahaan asal Indonesia yang telah mensponsori klub sepak bola Inggris adalah PT Bank BNI Tbk (BBNI). Chelsea FC, secara resmi mengikat kontrak sponsor dengan BNI Maret lalu untuk kontrak dengan jangka waktu empat tahun. Menurut situs resmi Chelsea FC, ini adalah kali pertama klub yang berbasis di kota London itu disponsori sebuah bank dari daratan Asia. Selain itu, ada PT Bank Danamon Tbk sebagai sponsor klub Manchester United. (bani)

BERITA TERKAIT

Solusi Alami Kendalikan Pemanasan Global di Indonesia

Oleh: Genta Tenri Mawangi Pemanasan global telah menjadi masalah masyarakat dunia, karena dampaknya dianggap tengah terjadi di banyak negara. Dalam beberapa…

Indonesia Pacu Tiga Sektor Manufaktur Jepang Tambah Investasi - Penanaman Modal di Sektor Riil

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian fokus mendorong para pelaku industri Jepang skala menengah untuk terus berinvestasi di Indonesia. Terdapat tiga…

CEO Bukalapak Terpilih di Portraits Indonesia

Achmad Zaky, CEO dan Founder Bukalapak terpilih menjadi Portraits Indonesia Most Admired CEO 2017. Portraits Indonesia Most Admired CEO 2017…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Sidang Dugaan Monopoli Aqua - Saksi Ahli : Praktik Monopoli Mutlak Dilarang

Dari sidang lanjutan atas dugaan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat yang dilakukan PT Tirta Investama dan PT Balina …

Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun - KAI Tawarkan Kupon Bunga Hingga 8%

NERACA Jakarta – Danai pengembangan ekspansi bisnisnya dan termasuk peremajaan armada, PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana menerbitkan obligasi I…

Laba Bersih Hartadinata Tumbuh 28,4%

NERACA Jakarta – Sepanjang kuartal tiga 2017, PT Hartadinata Abadi Tbk mencatatkan laba bersih sebesar Rp 95 miliar atau naik…