Mengenal Buah Asli Indonesia yang Mendunia

Sabtu, 22/09/2012

NERACA

Indonesia memang negeri yang kaya, yang kaya akan keanekaragaman budaya, dan keanekaragaman alamnya, namun tak banyak yang menyadarinya. Indonesia sangat kaya dengan berbagai buah yang tumbuh dengan subur di Indonesia.

Namun tidak ada yang mengetahui bahwa Indonesia memiliki bermacam-macam buah asli Indonesia yang sudah sangat mendunia. Namun banyaknya lahan pertanian yang sudah dimiliki bangsa asing membuat Indonesia tidak memperhatikan lagi lahan-lahan pertaniannya dan membuat pertanian indonesia menjadi terpuruk.

Banyak yang tidak mengetahui bahwa buah durian berduri yang dijuluki King of Fruit ini berasal dari Indonesia. Durian yang khas dengan wangi menyengat ini ditemukan di Sumatera dan Kalimantan. Kelezatan rasanya, membuat negara lain berlomba-lomba membudidayakannya. Sekarang, ada ratusan varian durian tersebar di seluruh dunia, termasuk di Thailand yang berhasil mengembangkan 300 varian durian.

Buah selanjutnya adalah manggis. Buah yang awalnya ditemukan di daerah Kalimantan dan Sunda ini rasanya asam-manis yang sangat segar. Konon, hal tersebut sampai membuat Ratu Victoria dari Inggris tergila-gila.

Kedondong, buah dengan biji berduri ini berasal dari belahan timur Indonesia. Di dunia internasional, buah dengan kedahsyatan rasa masamnya disebut dengan nama Ambarella. Pada awal abad ke-20, kedondong diperkenalkan ke mancanegara, mulai dari Australia sampai Jamaica. Tak berbeda, jambu air dihasilkan dari pepohonan tropis Indonesia dan sangat mendunia. Jambu air dikenal di mancanegara dengan nama Java Apple. Di beberapa negara, jambu dibuat menjadi buah untuk salad.

Buah asli indonesia yang mendunia selanjutnya adalah Belimbing atau Carambola asli berasal dari Maluku. Awalnya, buah ini menjadi favorit di Asia, lalu kemudian dikenal hingga ke Amerika, khususnya di Florida. Begitu pula pisang, tidak banyak yang mengetahui bahwa pisang adalah buah asli Indonesia. Buah yang sekarang diolah jadi macam-macam dessert, seperti banana split, banana cake, atau banana pudding ini mulai dibawa ke Eropa pada abad 10. Sekarang Amerika Latin-lah yang jadi produsen terbesar, karena menguasai 65% produksi pisang dunia.

Buah rambutan memang cukup terkenal didunia, karena kulitnya seperti ditumbuhi rambut, maka buah asli Indonesia ini dikenal dengan nama rambutan. Pada tahun 1906, Indonesia pernah mengekspor biji rambutan ke Amerika Serikat. Tapi sayang, rambutan tidak bisa hidup di sana. Sekarang beberapa negara, seperti Thailand dan Malaysia terkenal sebagai pengekspor rambutan yang sudah dikemas dalam kaleng. Begitu pula buah salak, buah yang dikenal di dunia dengan nama Snake Fruit karena kulitnya yang bersisik ini adalah buah ini asli berasal dari Indonesia. Sayangnya, banyak yang mengira buah ini berasal dari Thailand atau Malaysia, bukan Indonesia.

Duku yang berbentuk bulat kecil berwarna kekuningan ini merupakan salah satu buah asli kebanggaan Indonesia. Pohonnya pun dijadikan flora identitas Provinsi Sumatra Selatan. Biasanya, duku dipanen setahun sekali. Di dalam negeri dan Asia duku banyak diminati, tapi sayang ekspornya belum menembus pasar Amerika dan Eropa.