Mother's Day: Sosok Ibu yang Berbeda

Sabtu, 22/09/2012

NERACA

Ketika tiga bersaudara yang terdiri dari Ike (Patrick Flueger), Addley (Warren Kole) dan Johnny (Matt O'Leary) gagal merampok sebuah bank, mereka pun terpaksa mencari perlindungan dan kembali ke rumah ibunya yaitu Natalie Koffin (Rebecca De Mornay) yang tinggal bersama adik perempuannya bernama Lydia Koffin (Deborah Ann Woll).

Namun ketika mereka sampai di sana, rumah itu sudah tidak bisa dikenali karena sudah berpindah tangan. Natalie terpaksa melelang rumahnya tersebut karena tidak memiliki uang untuk biaya hidup.

Adalah pasangan suami istri Daniel Sohapi (Frank Grillo) dan Beth Sohapi (Jaime King) yang kini menempati rumah baru milik Natalie. Saat Ike, Addley dan Johnny menyambangi rumah tersebut, Daniel dan Beth sedang berpesta di ruangan bawah bersama teman-temannya antara lain George (Shawn Ashmore), Julie Ross (Lisa Marcos), Treshawn (Lyriq Bent), Gina (Kandyse McClure), Melissa (Jessie Rusu), Annette (Briana Evigan) dan Dave (Tony Nappo). Tentu saja kehadiran mereka merusak pesta di rumah keluarga Sohapi dan mengubahnya menjadi rumah tahanan.

Terkecoh oleh judul, mungkin menjadi kata pertama yang diucapkan oleh penonton saat melihat film ini khususnya bagi mereka yang belum membaca review-nya. Sekilas orang akan menilai bahwa ini adalah film drama keluarga yang manis dan harmonis pada Hari ibu. Namun itu tidak sepenuhnya benar dan juga tidak salah, film ini memang mengisahkan tentang sebuah keluarga tapi jauh dari kesan harmonis.

Perlahan namun pasti, film garapan sutradara SAW II (2005), SAW III (2006) dan SAW IV (2007) ini, mulai menunjukkan kesadisan yang ditampilkan lewat peran Natalie. Dengan alasan bertahan hidup dan disiplin, Natalie menghalalkan segala cara demi kesejahteraan keluarganya. Begitu besarnya ambisi Natalie dalam membina keluarga, dia bahkan mengetahui 'kebusukan' di dalam rumah tangga Beth dan Daniel.