IIMS 2012 Siap Beri Kejutan Baru

35 APM Pamerkan Produk

Sabtu, 15/09/2012

The 20th Indonesia International Motorshow (IIMS) 2012 akan dimulai dalam dua minggu lagi. Pihak panitia dan juga Agen Pemegang Merek (APM) mulai merampungkan segala persiapan untuk hajatan otomotif terbesar di Tanah Air ini dengan berbagai program yang siap memberi kejutan bagi para pecinta otomotif di Indonesia.

NERACA

IIMS tahun ini merupakan IIMS terbesar yang pernah diselenggarakan baik dalam hal luas area maupun jumlah peserta. Para APM dan industri pendukung otomotif yang hadir di IIMS 2012 akan menempati area pamer seluas 71.331 m2, naik 10 % dibandingkan dengan luas area pameran tahun lalu yang menempati lahan seluas 63.654 m2. Panitia akan menggunakan Hall A, B, C, dan D untuk kendaraan penumpang sementara area outdoor untuk kendaraan niaga. Sampai dengan saat ini, tercatat 35 merek kendaraan yang terdiri dari 25 merek kendaraan penumpang dan 10 merek kendaraan niaga berpartisipasi pada IIMS 2012.

Merek kendaraan penumpang yang hadir dalam IIMS 2012, diantaranya Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Daihatsu, Dodge, Ford, Geely, Honda, Hyundai, Infinity, Jeep, KIA, Mazda, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Mini, Nissan, Peugeot, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW. Sedangkan untuk kendaraan niaga yang akan tampil antara lain FAW, Foton, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, Toyota Dyna, serta UD Trucks. Dengan hadirnya beberapa merek baru di IIMS tahun ini, jumlah peserta mengalami peningkatan bila dibandingkan tahun lalu yang hanya menampilkan 32 merek APM.

Luasnya cakupan area pameran dan besarnya dukungan dari APM menjadi bukti atas peran aktif IIMS dalam membuka dan menjaga potensi Indonesia untuk menjadi pasar otomotif terbesar di ASEAN. Hal ini setidaknya sudah berhasil dibuktikan melalui luas area pameran yang lebih luas dari luas lahan yang lebih besar dari luas pameran otomotif lainnya di ASEAN.

Semangat Eco-Mobility APM

Tekad dan keseriusan IIMS mendukung reservasi lingkungan hidup ditunjukkan dengan mengusung tema Eco-Mobility. Tema ini mewakili gaya hidup masyarakat perkotaan yang baru, mendukung cara cerdas bertransportasi, mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil serta semangat untuk memprioritaskan cara hidup yang mengutamakan kegiatan ramah lingkungan serta konservasi energi. Tema ini dianggap mampu mempromosikan mobilitas dan aksesibilitas yang ramah lingkungan serta efisiensi bahan bakar khususnya di kota-kota besar di Indonesia.

Dukungan APM tentunya menjadi bagian penting penyelenggaraan The 20th Indonesia International Motorshow (IIMS) 2012. Berbagai tema booth dan line up kendaraan yang akan ditampilkan para APM, yang tentunya mewakili tema besar IIMS Eco-Mobility, akan menjadi daya tarik besar IIMS tahun ini.

Sebagai contoh, Chrysler Indonesia tahun ini akan menampilkan booth dengan tema “Stay Driven: Harmony Technology” yang memadukan antara desain dinamis dengan alur yang seimbang, sebuah keselarasan antara teknologi dengan alam. Sementara untuk line up, Chrysler Indonesia akan membawa 16 unit kendaraan dari varian Jeep, Chrysler dan Dodge dengan Dodge Charger Redline sebagai andalan. Mobil dengan bentuk agresif sebagai ikon muscle car yang sebelumnya hanya bisa dilihat pada film-film Holywood kini hadir langsung di booth Chrysler.

Lewat IIMS 2012, General Motors Indonesia menandai kembalinya kejayaan Chevrolet di Indonesia. Chevrolet akan menggelar mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia, termasuk Colorado, Orlando, Aveo, Trailblazer, Captiva, Spark dan Cruze. Pada kesempatan yang sama, Chevrolet juga akan menampilkan kendaraan andalan tahun 2013 yang akan diproduksi di Indonesia.

Selain APM-APM di atas, seluruh APM peserta IIMS dipastikan akan hadir dengan konsep booth dan line up produk unggulan yang akan menarik mata para pengunjung setia Indonesia International Motor Show. “Dukungan APM ini merupakan hal yang positif yang semakin memantapkan posisi Indonesia untuk meraih posisi terdepan dalam industri otomotif di ASEAN. Kami juga mengharapkan dukungan yang sama dari masyarakat pecinta otomotif di Indonesia.” ujar Ketua Umum Gaikindo, Sudirman MR.

Ketua penyelenggara IIMS 2012, Johnny Darmawan menambahkan, “Keseriusan APM dalam mendukung pameran tahun ini jelas terlihat dari tema yang mereka hadirkan pada IIMS tahun ini. Semuanya membawa semangat yang sama yaitu semangat untuk bertransportasi dengan cerdas, mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dan efisiensi penggunaan bahan bakar serta semangat untuk memprioritaskan cara hidup yang mengutamakan kegiatan ramah lingkungan serta konservasi energi.” Ia menambahkan bahwa hal ini menjadi bukti bahwa teknologi otomotif semakin lama semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan untuk kebaikan masa depan.

Hadirkan Program Terbaik

Selain pameran, IIMS juga merupakan sarana hiburan tidak hanya bagi para pecinta otomotif tetapi juga keluarga mereka. Berlangsung selama 11 hari, IIMS tahun ini akan memberikan kesempatan bagi para pecinta otomotif untuk menikmati semua kegiatan unggulannya. Program-program unggulan yang akan hadir dalam IIMS tahun ini antara lain Indonesia International Automotive Conference, Favorite Car Competition, Favorite Booth Competition, Exotic Cars Show dan Miss Motor Show 2012 yang merupakan agenda tahunan IIMS. Menambah semarak keriaan IIMS tahun ini, panitia menghadirkan program unggulan lain seperti test drive, drift war, Palm Challange dan aksi stunt dari Russ Swift..

Drift War adalah program yang selalu dinanti-nanti pada setiap gelaran IIMS, dan yang istimewa tahun ini Drift War menjadi satu-satunya program drifting yang diagendakan Ikatan Motor Indonesia (IMI) tahun ini. Acara ini akan menghadirkan 50 drifter profesional dengan layout track baru yang lebih menantang. Dengan luas area lebih dari 7000 m2, drifting akan diselenggarakan selama tiga hari, yaitu untuk Practice (28 September), Kualifikasi (29 September) dan Final Battle (30 September).

Atraksi menantang Russ Swift akan hadir kembali di IIMS tahun ini dengan menggunakan tipe kendaraan yang lebih “mumpuni”, Subaru Impreza 1.6i (1.600 cc) dan Subaru Impreza 1.6 Sti (2.500 cc). Russ Swift akan memperlihatkan aksi dari pengendara asal Inggris yang dikenal untuk stunts nya yg berani dan precision driving-nya. Program ini akan berlangsung selama tiga hari mulai 21-23 September 2012 pada pukul 15.00, 17.00, dan 19.00.

“Kami berusaha untuk selalu menghadirkan yang terbaik kepada pengunjung dalam segala hal, produk yang ditampilkan, suasana, fasilitas pendukung dan kenyamanan. Dengan memberikan yang terbaik, kami yakin bahwa para pengunjung juga akan memberikan dukungan positif terhadap penyelenggaraan IIMS tidak hanya tahun ini tetapi di tahun-tahun mendatang,” ungkap Johnny Darmawan.

“Industri otomotif tidak hanya fokus pada keuntungan materi semata tetapi juga memberi perhatian besar pada upaya-upaya pencerdasan bangsa. Ini merupakan salah satu langkah kecil kami dalam mendukung upaya tersebut,” ujar Johnny mengomentari kegiatan sosial IIMS tahun ini.