Alasan Klasik Tidak Memenuhi Syarat, Lelang AB Dibatalkan

NERACA

Jakarta – Sejatinya sesuai rencana, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal menggelar lelang Anggota Bursa (AB) pada awal September bulan ini. Namun dengan alasan sepi peminat, akhirnya pelelangan AB dinyatakan batal.

Direktur BEI Samsul Hidayat mengatakan, pelelangan saham BEI pada 3 September 2012 tidak terselenggara alias batal. Alasannya, karena sampai dengan 24 Agustus 2012 tidak ada calon peserta lelang yang memenuhi persyaratan untuk menjadi anggota bursa efek. "Setiap peserta lelang harus terlebih dahulu memenuhi syarat menjadi Anggota Bursa Efek sebagaimana diatur dalam Peraturan Bursa Nomor 111-A tentang Keanggotaan Bursa," katanya dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (3/9).

Seperti diketahui, saham bursa yang dilelang adalah milik Saham Patalian Water Securindo (nomor saham 196), United Asia Securities (nomor saham 188), Antaboga Deltasekuritas Indonesia (nomor saham 012), Signature Capital Indonesia (nomor saham 045) dan Sarijaya Permana Sekuritas (nomor saham 181).

Adapun, ketika itu permohonan untuk menjadi peserta lelang dengan melampirkan surat konfirmasi dari bursa untuk diajukan selambat-lambatnya pada 24 Agustus 2012 pukul 17.00 WIB. Namun sampai batas waktu yang telah ditetapkan tidak terdapat calon peserta lelang, maka bursa tidak menyelenggarakan pelelangan saham bursa.

Asal tahu saja, molornya pelaksanaan lelang AB di bulan September dikarenakan alasan klasik belum adanya calon peserta yang memenuhi syarat. Penundaan pelaksanaan lelang AB bukan kali pertama dan sebelumnya BEI juga pernah melakukan hal yang sama dari rencana awal Agustus 2012 dan bahkan 2 Juli 2012 BEI telah membuka lelang anggota bursa. Namun lagi-lagi dibatalkan karena tidak ada peserta lelang yang memenuhi persyaratan untuk menjadi anggota bursa efek. Harga lelang kursi anggota bursa (AB) dari semula Rp12 miliar pun menjadi Rp15 miliar. Lelang tersebut akan dilakukan setiap bulan hingga enam kali.

Direktur Utama BEI Ito Warsito pernah bilang, lelang anggota bursa tersebut dilakukan pada setiap awal bulan. Lelang anggota bursa diselenggarakan dilakukan bila ada calon memenuhi persyaratan. Persyaratan dan tata cara menjadi peserta lelang adalah sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan bursa Nomor III-H tentang pelelangan dan pembelian kembali saham bursa. Setiap peserta lelang harus terlebih dahulu memenuhi syarat menjadi anggota bursa efek sebagaimana diatur dalam peraturan bursa Nomor III-A tentang keanggotaan bursa. (bani)

BERITA TERKAIT

Pemerintah Serap Dana Rp8,47 triliun dari Lelang SBSN

    NERACA   Jakarta - Pemerintah menyerap dana sebesar Rp8,47 triliun dari lelang enam seri Surat Berharga Syariah Negara…

Auditor BPKP Tentang Aliran Kas APBD Kota Depok - Transfer Non Tunai Tidak Harus Lewat Bank BJB

Auditor BPKP Tentang Aliran Kas APBD Kota Depok Transfer Non Tunai Tidak Harus Lewat Bank BJB NERACA Depok - ‎Adanya…

Jika UU Akses Informasi Dibatalkan, Negara Merugi

  NERACA   Jakarta - Mantan Menteri Keuangan RI Muhammad Chatib Basri menyatakan bahwa negara akan mengalami kerugian bila Undang-Undang…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

TBIG Berikan Layanan Kesehatan di Jateng

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR), PT Tower Bersama InfrastructureTbk (TBIG) memberikan bantuan pangan dan…

BEI Perpanjang Suspensi GREN dan TRUB

Lantaran belum melakukan pembayaran denda, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memperpanjang penghentian sementara perdagangan efek PT Evergreen Invesco Tbk (GREN)…

Bukalapak dan JNE Hadirkan Layanan JTR

Sebagai bentuk komitmen Bukalapak untuk terus berusaha memberikan layanan terbaik dan mengoptimalkan jasa layanan pengiriman barang besar yang dapat mempermudah dan…