Tips Traveling Ke Tempat Baru

Berwisata ke tempat yang baru memang menjadi tantangan yang sangat menarik. Bukan hanya karena kita bisa mengetahui banyak hal baru saja, namun di situ pulalah kita dituntut untuk mengenal dan beradaptasi dengan suatu hal yang baru.

Orang-orang yang memiliki hobi traveling dan senang mengunjungi tempat-tempat baru memang terbiasa mempersiapkan dan merencanakan segala sesuatunya dengan baik. Saat memulai traveling dan mengunjungi tempat-tempat baru pastikan kita mengetahui informasi tentang tempat baru yang ingin kita kunjungi, hal ini penting agar kita mengetahui perlengkapan apa yang harus kita bawa.

Pertama-tama pastikan tempat yang kita kunjungi adalah tempat yang tepat sesuai apa yang kita rencanakan. Bila kurang paham jalan, tanyakanlah kepada orang yang lebih paham arah ke tempat tujuan kita dari tempat asal kita.

Bila menggunakan angkutan umum, pastikan menggunakan jurusan angkutan umum yang tepat dan pastikan turun dan berhenti di okasi yang benar. Kalau memang tidak ada yang tahu tempat tujuan kita dan untuk memastikan, cobalah cari diinternet dengan menggunakan peta yang disediakan. Kalau perlu print peta tersebut. Ingat-ingat nama jalannya. Tempat-tempat yang akan dilewati dan gedung-gedung yang ada di sekitar.

Setelah yakin atau setidaknya ada bayangan mengenai arah atau jalur ke tempat yang kita tuju, lalu persiapkanlah perlengkapan-perlengkapan apa saja yang harus kita bawa. Tentunya yang paling penting adalah Uang, apalagi kalau kita menggunakan angkutan umum.

Dan pastikan kita tidak membawa uang pas-pasan, atau setidaknya kita menyimpan uang direkening atm kita untuk berjaga-jaga kalau saja ada kebutuhan atau pengeluaran di luar rencana. Kehabisan uang di tempat yang baru kita datangi memang bisa menjadi permasalahan yang fatal, namun kita juga harus waspada dalam menyimpan barang-barang dan uang khususnya, jangan sampai kita kecurian atau kehilangan.

Tidak hanya perlengkapan saja yang harus kita perhatikan, kondisi badan kita juga perlu mendapat perhatian, pastikan juga kondisi badan kita berada dalam kondisi yang baik. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima.

Bila menggunakan kendaraan pribadi, jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Wajarnya kita harus beristirahat setiap empat jam sekali, selain mengistirahatkan badan kita sesaat, istirahat juga membuat konsentrasi kita lebih baik dan kembali fit. Selain itu jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan khusus yang susah untuk dicari di tempat tertentu, biasanya untuk penderita yang memiliki penyakit khusus.

Dan yang terakhir adalah jangan malu untuk bertanya kepada orang lain bila kita tersesat di suatu tempat, jangan ragu untuk mencari pos polisi untuk bertanya, pastikan bertanya pada orang yang tepat. Gunakan juga peta atau internet bila memang tidak mendapatkan jawaban yang pasti, atau telepon beberapa teman yang sudah mengunjungi tempat tersebut lebih dahulu.

Jadi sebelum berwisata ke tempat yang baru, pastikan saja kita mendapatkan segala informasi tentang tempat yang ingin kita kunjungi, tidak hanya itu, cari juga informasi tentang penginapan, harga makanan, ataupun adat atau kultur warga setempat, agar kita bisa traveling dengan tepat.

BERITA TERKAIT

Mulai Beroperasi Ruas Tol Baru - Laba Jasa Marga Masih Stabil di Rp 584,8 Miliar

NERACA Jakarta – Emiten pengelola jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) berhasil mencatatkan pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi…

Realisasi Kontrak Baru ADHI Capai 8,57%

NERACA Jakarta – Per Maret 2019, PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) merealisasikan kontrak baru senilai Rp3 triliun atau 8,57%…

Soal Anak Usaha Baru Jiwasraya - BTN Masih Timang Valuasi dan Prospek

NERACA Jakarta –Sukses mengakuisisi 30% saham PT Permodalan Nasional Madani Investment Management (PNMIM), memacu pengembangan bisnis PT Bank Tabungan Negara…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Gua Batu Cermin, Wisata ke Perut Bumi di Labuan Bajo

Saat memutuskan untuk pergi berwisata ke Labuan Bajo, NTT, sebagian besar pasti sudah membayangkan tentang keindahan pantai, keindahan bawah laut…

Ragam Atraksi Wisata di Pantai Bido

Menghabiskan waktu di pantai sembari menikmati suara debur ombak, desir angin, dan limpahan sinar mentari yang tidak ada habisnya adalah…

Jumlah Wisatawan yang Menginap di Banten Mulai Meningkat

Bencana tsunami yang melanda Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, akhir Desember 2018 menyebabkan banyak sektor, termasuk pariwisata, harus…