Fortuner Diesel, Tenaga Tambah Besar

NERACA

Variable Nozzle Turbo yang dipakai Toyota Fortuner Diesel memang luar biasa. Perangkat ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan. Dengan perangkat VNT tersebut, produksi tenaga meningkat dari 102 PS/3600rpm jadi 144ps/3400rpm. Semntara torsi yang 26.5kgm/1600 - 2400 rpm menjadi 35kgm/1600-2800rpm. Peningkatan signifikan itu semata-mata karena VNT karena mesin yang dipakai sama persis, yaitu empat silinder diesel berkapasitas 2.5 liter.

Menurut Jodjana Jody, CEO Auto 2000 mengatakan tenaga Fortuner baru dengan VNT, tenaga naik cukup besar. Karena itu pula harganya naik. Untuk mengetahui aksi VNT mendorong mesin lebih produktif, ada baiknya menyegarkan ingatan tentang kerja turbocharger. Tujuan pemasangan Turbo adalah memperkaya jumlah oksigen yang masuk rang bakar agar pembakaran sempurna. Tambahan oksigen ini disedot dari luar.

“Turbocharger terdiri dari kompressor yang bertugas menyedot dan mendorong udara ke ruang bakar. Kompressor mempunyai poros yang sama dengan turbin. Jika turbin berputar, kompresor berputar pula menyedot udara luar, nah turbin ini digerakkan gas buang dari mesin,” papar Jodjana.

Pada Turbo biasa, agar kompressor bisa efektif, dibutuhkan putaranturbin yang kencang. Hal itu hanya bisa dihasilkan jika tekanan gas buang cukup tinggi. Atau dengan kata lain Turbo baru efektif pada putaran mesin tinggi.

Lanjut Jodjana, bagaimana mendapatkan tekanan yang cukup pada putaran mesin rendah? Disinilah inovasi VNT. Berneda dengan perangkat Turbo biasa, rumah turbin dilengkapi bilah/sudu-sudu. Sudu-sudu ini bisa diatur sudut bukaannya tergantung beban mesin, rpm, dan banyak variable lainnya. Penggerak sudu-sudu adalah motor listrik.

Pada putaran rendah, ketika tekanan gas buang masih lemah dan tidak efektif memutar turbin, maka sudu-sudu ditutup sehingga gas buang mengalir di area sempit yang otomatis meningkatkan tekanannya. Hasilnya bisa memutar turbin secara efektif yang membuat kompressor bisa bekerja sejak putaran rendah. Semakin tinggi putaran mesin, sudut bukaan sudu-sudu makin besar untuk menghindari tekanana berlebihan yang bisa merusak perangkat turbo.

Karena turbo berhubungan dengan aliran gas buang yang panas, maka suhu udara yang terhisap ikut meningkat. Padahal jika suhu udara panas membuat molekul oksigen renggang dan menipis. Karena itu pada Toyota Fortuner Diesel ini dilengkapi intercooler diantara turbo dan intake manifold untuk menurunkan kembali suhu udara yang panas agar kandungan oksigen menjadi lebih rapat. Sumber pendingin adalah hembusan udara luar yang dialirkan dari air scoop pada kap mesin Fortuner Diesel VNT.

Kompetitor

Kendati demikian, dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya, Mitsubishi Pajero, yang juga menggunakan VNT atau turbocharger dengan sudu-sudu atau daun baling-baling yang bisa berubah sudut, Grand New Fortuner masih kalah.

Pajero Sport Dakar yag menggunakan mesin diesel VNT – juga 2.5 liter - menghasilkan tenaga 178 PS (131 kW) @4.000 rpm dan torsi 350 Nm (35,7 kgm @1.800 – 3.500 rpm). Hanya paa Pajero Sport Dakar, tenaga dan torsi maksimum diperoleh pada putaran leih tinggi.

Malah dibandingikan dengan mesin diesel Chevrolet Trailbalzer yang akan dipasarkan General Motors Indonesia akhir tahun, Grand New Fortuner masih kalah sedikit. Chevy Trailblazer tenaga maksimumnya 150 PS (110 PS) @3.800 rpm dan torsi 350 Nm (35,7 kgm) @ 2.300 rpm.

Related posts