Pesaing Toyota Fortuner dan Pajero Sport

SUV Chevrolet TrailBlazer

Sabtu, 01/09/2012

NERACA

Akhirnya General Motors Indonesia (GMI) memastikan meluncurkan SUV terbarunya, Chevrolet Trailblazer. Penerus Chevrolet Blazer yang sudah sejak lama dipensiunkan ini akan diboyong secara utuh dari Thailand, sebagai basis produksi untuk kawasan Asean. Berbeda dengan Blazer, Chevrolet Trailblazer memiliki tampang yang jauh lebih modern. Diyakini Chevrolet Trailblazer bisa menjadi pesaing Toyota Fortuner dan Pajero Sport.

Menurut Agusta Sirait, PR & Media Relations Specialist PT. General Motors Indonesia menurutnya Produk baru Chevrolet Trailblazer ini akan menambah line up model-model Chevrolet di Indonesia yang diluncurkan ditahun 2012. Sebelumnya, GMI telah meluncurkan Chevrolet Colorado, Orlando dan terakhir Aveo.

“Hal ini menambah koleksi produk kita untuk bisa diterima oleh masyarakat di Indonesia. Kami sangat mengharapkan hal ini. Paling tidak kita bisa berbicaralah di pasar SUV yang saat ini merupakan pasar yang sangat potensial dan juga sangat diminati,” papar Agusta sapaan akrabnya.

Chevrolet Trailblazer juga akan memperkuat jajaran SUV GMI di Indonesia, mendampingi Chevrolet Captiva. SUV premium ini pertama kali diperkenalkan dalam bentuk mobil konsep di Dubai International Motor Show, tahun lalu. Trailblazer dipasarkan di seluruh dunia dan sudah dimulai di Thailand pada Juni 2012. Trailblazer akan menjadi ujung tombak untuk masuk kelas SUV-D yang sangat kompetitif.

Agusta menambahkan SUV gagah yang memulai produksi pertama di dunia dari Thailand di awal Juni 2012. Pabrik di Rayong Thailand juga diyakini menjadi salah satu basis produksi Trailblazer. Penerus Blazer ini rencananya dilepas di 60 negara (termasuk Indonesia). TrailBlazer menggunakan body-on-frame (tubuh mobil berdiri di atas rangka). TrailBlazer berbagi platform dengan Colorado pickup. TrailBlazer dikembangkan oleh General Motors (GM) Brazil.

All-New Chevrolet Trailblazer kabarnya menggunakan mesin empat-silinder Duramax turbo-diesel, masing-masing dengan kapasitas 2,5 dan 2,8-liter. Mesin 2.8 liter tenaga maksimal 180 hp serta torsi maksimum 470 Nm digandeng transmisi otomatis 6-speed. Mesin 2.5 liter menghasilkan tenaga 150 hp serta torsi maksimum 350 Nm.

Berbasis pada arsitektur baru global body-on-frame truk menengah General Motors (GM), Trailblazer diklaim mampu mempersembahkan kenyamanan berkendara premium dan pengendalian yang dinamis di jalan, serta dilengkapi kemampuan off-road yang luar biasa. Di interior, Trailblazer mempersembahkan ruang interior lapang dan konfigurasi tiga baris tumble dan fold-flat, yang menunjukkan kontribusi Chevrolet dalam segmen body-on-frame mid-size SUV yang kompetitif.

Tersedia dalam konfigurasi penggerak roda dua dan empat, Trailblazer menggunakan mesin empat silinder Duramax turbo-diesel yang menawarkan tenaga paling unggul di kelasnya dan torsi yang sesuai dengan efisiensi dan hasil akhir yang luar biasa. Dirancang sebagai transportasi keluarga, Trailblazer nilainya sama sebagai sebuah kendaraan offroad dan dalam kota.

Mesinnya empat silinder Duramax turbo-diesel, masing-masing dengan kapasitas 2.5L dan 2.8L. Varian mesin tertinggi 2.8L, dilengkapi dengan variable-geometry turbocharger (VGT) untuk mengoptimalkan efisiensi tenaga mesin, dan sebuah balancer-shaft untuk meningkatkan kehalusan mesin. Kedua mesin memiliki komponen yang dirancang untuk bertahan selama 240.000 kilometer, meningkatkan daya tahan dan kehandalan serta memiliki biaya perawatan yang efisien.

Sementara itu, mengenai desain interior, Mid-SUV dengan kapasitas tujuh seater ini tidak kalah menariknya dengan interior Toyota Fortuner. Interiornya dilengkapi dengan panel instrument yang menarik dan berteknologi tinggi, seperti USB, Konektivitas Bluetooth, dan sistem audio yang lebih modern.

Kabin terlihat lebih luas dan perpaduan desain yang cukup membuat interior TrailBlazer menjadi jauh lebih elegan dan sporty. Dashboard dibuat lebih simel dan memasangkan stir kemudi dengan posisi jok pengemudi tidak terlalu jauh, sehingga dapat memberikan kenyamanan pengemudi saat membawa mobil ini.

Di Thailand, Chevrolet Trailblazer dilepas dengan rentang harga dari 1,050-1,489 juta Baht atau Rp 315-447 juta. Meluncurnya Trailbalzer menjadikan persaingan pasar SUV tentu semakin ketat. Trailblazer akan tersedia dalam pilihan tujuh warna,warna warna tersebut yaitu Summit White, Black Sapphire, Sizzle Red, Auburn Brown, Blue Mountain, Royal Gray dan Switchblade Silver