Menangkap Peluang Pasar Ayam Pedaging

NERACA

Peluang pasar ayam pedaging, memang terbuka lebar. Ditinjau dari aspek finansial, usaha peternakan ayam pedaging (broiler) merupakan salah satu usaha di bidang agribisnis yang memberikan keuntungan yang menggiurkan.

Permintaan pasar yang cukup kuat, sementara sarana distribusi atau tata niaganya tersebar di mana-mana. Mulai dari pasar tradisional, warung-warung pinggir jalan, pedagang sayur keliling hingga supermarket.

Bagi peternak sendiri dalam memasarkan ayam pedagingnya, disamping bisa langsung ke konsumen akhir, bisa juga melalui pedagang pengumpul, pedagang eceran atau lewat pedagang besar. Saluran mana yang dipilih sangat tergantung pada kondisi setempat dan tentunya yang paling menguntungkan.

Dalam menjalankan usaha ayam pedaging termasuk pemasarannya, secara umum terdapat dua jenis pola pengelolaan. Pola tersebut adalah secara mandiri atau dalam bentuk plasma-inti.

Dengan pola mandiri, peternak melakukan semua aktivitas usahanya secara sendiri-sendiri tanpa melibatkan pihak lain, sedangkan dalam pola plasma-inti, peternak bekerja sama dengan perusahaan. Dalam hal ini pihak peternak bertindak sebagai plasma, sementara perusahaan sebagai inti.

Dengan pola mandiri, para peternak menjalankan aktivitas usahanya menggunakan modal sendiri. Di samping itu penjualan ayam pedaging biasanya ke pedagang pengumpul. Hal ini dilakukan, karena pedagang pengumpul umumnya mengunakan strategi menjemput bola yakni dengan mendatangi para peternak ke rumah-rumah untuk membeli ayam pedaging yang baru dipetik.

Manfaat yang diperoleh peternak dengan melakukan penjualan ini adalah tidak perlu melakukan tambahan aktivitas menjual ke pasar. Di samping itu para pedagang pengumpul banyak yang berasal dari desa setempat dan tidak sedikit yang masih mempunyai hubungan kerabat.

Sedangkan pada pola plasma-inti, semua modal ditanggung oleh perusahaan inti. Sebelum aktivitas dimulai atau di awal-awal kegiatan, pihak perusahaan selaku inti dan peternak selaku plasma menandatangani terlebih dahulu kesepakatan atau kontrak harga jual ayam pedaging ketika panen dilakukan.

Biasanya dalam kontrak dibunyikan, apabila harga pasar ayam pedaging di bawah harga kontrak, peternak tetap menerima harga jual seperti pada saat penandatanganan kontrak harga jual ayam pedaging. Namun demikian apabila harga pasar lebih tinggi dari harga kontrak, peternak selaku plasma memperoleh penerimaan sesuai harga kontrak ditambah insentif dari pihak inti.

Para peternak plasma hanya diminta menyiapkan kandang dan tenaga, sedangkan masalah pemasaran dan lain-lain seperti kebutuhan anak ayam atau, day old chicken (DOC), pakan, sampai obat-obatan menjadi tanggung jawab pihak inti. Setelah ayam pedaging berumur kurang lebih 35-40 hari maka ayam pedaging siap dijual ke pedagang yang ditunjuk oleh pihak inti.

Bentuk kerja sama plasma-inti ini sangat menguntungkan khususnya para peternak yang terbatas pada kemampuan penyediaan modal. Terlebih dalam situasi sulit akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan. Melalui kerjasama ini para peternak plasma tidak perlu mengeluarkan modal besar yang selama ini masih merupakan momok utama untuk investasi dalam usaha ayam pedaging.

Dengan model plasma-inti, peternak plasma yang umumnya tersebar di berbagai lokasi akan mendapatkan banyak keuntungan. Demikian juga halnya dengan Para pedagang. Para pedagang yang ditunjuk oleh perusahaan inti untuk membeli, sudah pasti mendapatkan jaminan pasokan ayam pedaging pada saat panen tiba.

Ke depannya para peternak bersatu dalam suatu lembaga seperti koperasi sehingga akan memperoleh kemudahan dalam melakukan pemasaran. Bagi pedagang diupayakan tidak hanya memikirkan keuntungan sendiri, sebab dalam jangka panjang kontinuitas usaha harus diutamakan dengan menciptakan perdagangan yang adil bagi semua pihak baik bagi pedagang sendiri maupun peternak.

BERITA TERKAIT

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…