Wisata Pasar Malam Ala Masa Kecil

Sabtu, 28/07/2012

Liburan memang telah tiba, namun masih banyak orang yang bingung haru ke mana mereka menghabiskan wktu berliburnya. Tidak sedikit yang akhirnya menghabiskan waktu berliburnya hanya berdiam diri saja di rumah.

NERACA

Merencanakan liburan memang tidak begitu mudah, banyak hal yang harus diperhatikan, seperti menyusun daftar bawaan atau pun merinci pengeluaran uang kita saat berlibur. Tanpa perencanaan liburan yang baik, jangan bayangkan kita bisa bersenang-senang menghabiskan waktu liburan atau pun bisa bersantai-santai di luar rutinitas kerja sehari-hari yang sangat melelahkan.

Tidak banyak memang agen perjalanan yang menyediakan liburan dengan harga yang cukup murah dan terjangkau namun memberikan hiburan yang sangat menarik. Sebagian orang terkadang lebih memilih tempat hiburan yang unik ataupun merakyat.

Pasar malam salah satunya. Pasar malam memang salah satu hiburan yang sangat merakyat, selain tarif menaiki wahana yang ada cukup murah, pasar malam juga memiliki nilai historis yang sangat tinggi. Pada zaman dahulu pasar malam memang menjadi primadona hiburan malam yang terus ramai didatangi masyarakat luas.

Seiring perkembangan zaman, pasar malam memang sudah tidak seramai dulu lagi, primadona ini sudah ditinggalkan banyak penggemarnya. Meski tidak seramai dulu, namun pasar malam memang tidak pernah sepi pengunjung, sebagian orang memang tetap menyukai pasar malam dan masih sering menjadikan pasar malam sebagai obyek dan tujuan wisatanya.

Selain memang cukup murah, pasar malam juga dianggap saat unik, bukan karena tarif menaiki wahananya saja yang cukup murah, dagangan dan barang-barang yang dijual di pasar malam pun terkadang cukup unik. Di sana ada dagangan dan makanan-makanan khas tempo dulu seperti gulali dan makanan-makanan yang unik yang susah dicari di tempat lain.

Pada awalnya pasar malam adalah pasar yang melakukan transaksi perdagangan di malam hari. Berbagai barang dagangan atau jasa diperjualbelikan di sini. Pasar malam biasanya merupakan atraksi pariwisata penting di negara-negara subtropis dan tropis. Ini berhubungan dengan suhu udara di malam hari yang tidak begitu dingin dibandingkan dengan wilayah beriklim dingin. Pasar malam sangat lazim terdapat di Hong Kong, Taiwan dan juga Asia Tenggara.

Menurut sejarah, pasar malam sudah ada di zaman Dinasti Sui di Tiongkok kuno. Di zaman tersebut, penyelenggaraan pasar diatur secara ketat oleh kekaisaran. Pasar malam pertama tercatat di Chang'an, yang merupakan kota terbesar di zaman tersebut. Dari Chang'an, pasar malam kemudian meluas ke beberapa kota besar lainnya seperti Kaifeng, Luoyang dan Yangzhou. Pada zaman itu, pasar malam merupakan salah satu bentuk hiburan rakyat yang sangat dinanti-nanti oleh masyarakat pada zaman itu.

Sampai pada tahun 965 di zaman Dinasti Song, kekaisaran menghapuskan larangan berdagang setelah tengah malam. Di Kaifeng muncul pasar malam yang diadakan sampai pagi hari. Pasar malam seperti ini dikenal dengan istilah pasar hantu.

Kebiasaan ini kemudian membudaya dan menyebar ke kota-kota lainnya di seluruh Tiongkok. Pasar malam memang terus ada mengikuti perkembangan yang ada, seiring perkembangan zaman, pasar malam pun meluas mengikuti budaya-budaya yang ada. Setiap tempat memang memiliki model-model pasar malam yang berbeda-beda, barang yang dijualnya pun berbeda-beda.

Pasar malam memang memiliki banyak wahana yang dapat dinikmati, seperti kincir angin, rumah hantu, komedi putar, kereta mini, melihat Tong Setan dengan aksi sepeda motornya, semuanya memang memberikan hiburan dan sensasi yang berbeda-beda.

Dari yang kapok tidak ingin lagi, sampai yang ketagihan ingin mencobanya lagi. Rumah hantu khususnya, wahana ini memang memberikan pengalaman yang terkadang membuat merinding bagi yang memasukinya, tidak hanya takut karena melihat penampilan manusia yang menyerupai seperti hantu kuntilanak, pocong ataupun tuyul, tapi di dalam rumah hantu kita juga mendapatkan sensasi yang mengagetkan dari hantu-hantu palsu tersebut.

Memang masih banyak tempat hiburan yang lebih menarik dari pasar malam, namun pasar malam memang memiliki nilai historis yang sangat tinggi, pasar malam menyimpan banyak kenangan tempo dulu dan masa kecil dari sebagian orang.

Pasar malam juga memberikan hiburan yang unik di tengah banyaknya pusat hiburan yang modern dan terkadang membosankan. Mungkin pasar malam bisa menjadi tempat berwisata sekaligus tempat untuk bernostalgia mengingat masa kecil dan sambil sesekali menikmati jajanan unik khas pasar malam.