Mendesain Perpustakaan Idaman di Rumah

Sabtu, 21/07/2012

NERACA

Sebagian orang memang gemar dan sangat suka membaca juga mengoleksi buku. Buku memang menjadi salah satu harta penting untuk sebagian orang, namun terkadang kita suka bingung saat harus menempatkan buku secara benar. kebanyakan orang akhirnya menempatkannya sembarangan dan terkesan kurang teperhatikan.

Mungkin saat ini anda perlu berpikir untuk merapikan buku anda agar tersusun dengan baik. Ternyata bukan hanya itu kita pun bisa menciptakan perpustakaan pribadi di rumah dengan berbagai alternatif sederhana.

Namun memang jelas berbeda dengan perpustakaan umum, kadang-kadang sebagian masyarakat memilih untuk mendirikan perpustakaan pribadi atau keluarga di rumah. Dengan tujuan untuk melestarikan budaya membaca pada anak dan keluarga, mengumpulkan koleksi buku pribadi, dan sebagai bentuk pembelajaran. Ada sebagian masyarakat yang sengaja membeli dan mengumpulkan koleksi buku pribadinya yang menumpuk dan akhirnya ia membuat perpustakaan di rumah. Meski ada kekhawatiran tersendiri soal biaya jika ingin membangun sebuah perpustakaan di rumah, seperti mahal dan membutuhkan biaya yang banyak.

Tidaklah begitu sulit untuk menciptakan ruang khusus tersebut, asalkan anda memiliki sebuah ruangan yang cukup memadai, kita pun bisa menciptakan perpustakaan sendiri di rumah. Berikut ini beberapa langkah untuk membuat perpusakaan pribadi di rumah. Jika Anda tidak memiliki ruangan khusus untuk membuat perpustakaan di rumah, jangan patah semangat. Anda bisa memanfaatkan kamar/ruangan lainnya kemudian berikan sekat-sekat untuk tempat meletakkan buku di dinding rumah anda agar buku tersebut bisa tersusun dengan rapi. Dan anda pun tak harus merasa terkurung di ruangan sempit karena anda bisa dengan bebas membacanya pada sebuah ruangan yang akan anda pilih.

Tempat yang lembab dapat merusak buku Anda, jadi sebaiknya perhatikan juga faktor pencahayaan yang mendukung. Jangan sampai kita salah menempatkan sebuah ruangan yang gelap serta pengap karena bisa saja berdampak pada kesehatan mata dan pernafasan anda. Sediakan lampu yang cukup terang agar kita bisa membaca dengan penerangan yang cukup nyaman. Jangan lupa untuk memberi pendingin ruangan seperti AC atau paling tidak kipas angin jika memungkinkan. Hal ini agar buku terjaga kelembabannya dan kita pun semakin nyaman membaca di perpustakaan sendiri.

Sebaiknya buatlah tempat membaca kita senyaman mungkin. Jika anda menyiapkan ruangan khusus untuk perpustakaan, tidak ada salahnya utuk mendekorasi ruangan tersebut agar terlihat rapi dan jauh lebih menarik lagi dengan menempatkan pajangan hias atau pot bunga cantik atau mungkin memajang tanaman hidup agar ruangan tersebut terkesan lembab dan juga menyatu dengan unsur alam.

Berikan celah pada penataan rak buku, penataan rak buku juga dapat diatur menempel pada dinding dengan kerapatan yang cukup agar sirkulasi udara dapat berfungsi dengan baik. Jangan lupa untuk senantiasa membersihkan ruangan tersebut secara rutin, seperti membersihkan rak buku, menghilangkan debu di sudut ruangan dan mengatur buku-buku yang berantakan.

Sebenarnya memang tidak sulit untuk membuat perpustakaan di rumah, asalkan ada niat, perpustakaan idaman bukan lagi impian. Anda pun bisa menciptakan perpustakaan pribadi di rumah tentunya dengan biaya yang terjangkau. Semoga bermanfaat dan bisa menciptakan sarana yang positif di rumah tentunya untuk anda dan seluruh anggota keluarga terlebih lagi untuk anak-anak yang memang membutuhkan banyak informasi untuk mencerdaskan dan merangsang kecerdasan anak. Tentunya dengan menempatkan buku sesuai temanya, agar anak kita tidak salah membaca buku yang seharusnya belum pantas dibacanya.