Manfaat Asupan Gizi bagi Susu Ibu Hamil

Sabtu, 21/07/2012

NERACA

Kesehatan ibu hamil sangat penting diperhatikan. Banyak asupan makanan yang harus dijaga agar bayi di dalam kandungan dapat berkembang dengan baik. Tambahan asupan gizi bagi susu pada saat ibu hamil sangat penting. Kandungan nutirisi di dalam susu ibu hamil dapat menambah atau menutupi kebutuhan ibu hamil akan protein, asam folat, AA dan juga DHA selama kehamilan berlangsung.

Dengan dimilikinya kandungan-kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, maka susu ibu hamil baik untuk dikonsumsi, tapi bukan berarti hal ini merupakan kewajiban bagi para ibu hamil untuk mengonsumsinya.

Karena sebetulnya nutrisi dan gizi yang diperlukan ibu hamil juga terdapat dalam makanan keseharian. Apalagi jika para ibu hamil mengandalkan nutrisi dan kebutuhan gizinya hanya dari susu, hal ini merupakan salah kaprah.

Jangan sampai ada anggapan bahwa jika kita sudah minum susu maka dijamin sudah sehat dan tidak akan kekurangan nutrisi. Pendapat ini juga salah. Susu ibu hamil tetaplah harus dijadikan pelengkap dalam memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, sedang sumber utamanya tetap harus dari makanan keseharian. Jadi selama kehamilan, makan tetap menjadi hal penting dibandingkan dengan minum untuk susu ibu hamil.

Namun jika, kondisi ibu hamil memang mengalami kekurangan gizi, akibat nafsu makan yang menjadi berkurang, morning sickness yang berlebiham atau ingin melengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil, maka ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi susu ibu hamil.

Jika hendak mengonsumsi susu ibu hamil maka perhatikan kandungan susu yang terkandung di dalamnya. Jika kehamilan di triwulan pertama, disarankan mengonsumsi susu dengan kandungan vitamin B6 yang lebih. Hal ini berguna untuk membantu mengatasi morning sickness. Selain itu perhatikan juga kandungan asam folat dan kandungan DHA-nya, karena pada kehamilan awal janin membutuhkan nutrisi tersebut untuk pembentukan saraf dan otak.