Siap menggebrak Pasar Smartphone di Indonesia

LG Optimus 4X HD

Sabtu, 07/07/2012

Pesona smartphone Quad-core dengan resolusi layar HD yang didukung ketahanan baterai paling prima saat ini

NERACA

LG Mobile Indonesia kembali akan mengGebrak pasar smartphone di Indonesia. Vendor handphone kelas global berbasis di Korea Selatan itu rencananya akan mengumumkan kesiapan peluncuran handphone LG Optimus 4X HD di Indonesia pada awal bulan Juli mendatang.

Menurut Head of LG Mobile Indonesia Chorung Cho, LG Optimus 4X HD menjadi titik awal bagi LG menetapkan standar baru yang lebih tinggi bagi smartphone di Indonesia. Kualitas layar HD memukau dan ketahanan baterai prima siap menjadi sihir baru bagi pendamba smartphone android dengan desain mempesona.

“Meskipun kekuatan otaknya terkesan tangguh, namun hal ini sama sekali tak tersirat dari desainnya. Alih-alih mengaplikasikan desain maskulin yang banyak dipilih pabrikan lain untuk menguatkan kesan tangguh smartphone-nya, LG Optimus 4X HD yang mengadopsi sistem operasi terbaru dari android Ice Cream Sandwich justru tampil stylish dan elegan dengan ketebalannya yang hanya 8.9mm,” papar Cho.

Hal ini karena LG tetap akan mempertahankan penggunaan bangun desain berbentuk prisma dengan lekuk unik. LG Optimus 4X HD akan tersedia dalam dua pilihan warna. Dinamakan jet black, ponsel pintar ini hadir dalam baluran warna hitam memukau.

“Pilihan lain yaitu warna white lightning, yang memberikan kesan cantik nan elegan dari warna putih yang menyelimuti tubuhnya. Menambah kesan mewah, LG menyelipkan corak warna perak cemerlang mengelilingi seluruh tepian bodinya,” ujarnya.

Selain itu menurut Cho ada kelebihan lainnya yaitu soal ketangguhan otak empat intinya, LG menyatakan LG Optimus 4X HD memiliki keistimewaan dibandingkan dengan dengan smartphone quadcore rilisan pabrikan lain. Ini hadir melalui penggunaan NVIDIA 4-PLUS-1™ Quad-Core mobile processor, Tegra3, yang memiliki kinerja unik dalam penghematan penggunaan daya baterai.

Penggunaan prosesor NVIDIA 4-PLUS-1™ Quad-Core mobile processor, Tegra3, Optimus 4X HD menawarkan performa baik dalam kecepatan respon dan penggunaan berselancar di dunia maya. Hal ini karena Tegra3 secara otomatis mengaktifkan keempat inti ketika sebuah daya mencapai titik maksimum.

“Uniknya, prosesor ini memiliki inti kelima yang otomatis aktif saat kerja LG Optimus 4X HD hanya membutuhkan daya baterai rendah. Contohnya, saat dalam modus siaga atau mode pemutaran musik. Kerja penghematan daya prosesornya ini berpadu baterai berdaya 2,150mAh dengan teknologi SiO+battery yang membuat dimensi fisik baterai LG Optimus 4X HD tetap tipis,” terang Chorung Cho lagi.

Menurut Dr Jong-Seok Park, President dan CEO LG Electronics Mobile Communication Company bahwa di samping prosesor cepat, layar yang menakjubkan dan kapasitas baterai terbesar di kelasnya. Optimus 4X HD adalah smartphone LG pertama dengan User Experience (UX) bernama Optimus UI 3.0 yang merupakan inovasi LG terbaru.

“Kolaborasi pengalaman unik dari antarmuka Optimus UI 3.0, dan deretan fitur eksklusif berpadu dengan penggunaan Tegra 3 sebagai ‘otak’-nya membuat kehadiran LG Optimus 4X HD mewakili langkah LG dalam menetapkan standar tinggi dalam kompetisi.”

Menilik lebih dalam spesifikasi LG Optimus 4X HD, terlihat benar keseriusan LG dalam memberikan kepuasan visual bagi penggunanya. Tengok saja mulai dari resolusi HD (High Definition) 1280 x 720 yang diterapkan pada layarnya. Dengan bentang layar 4.7 inci dan rasio perbandingan layar 16:9, menjadikan LG Optimus 4X HD sebagai smartphone android yang menawarkan pengalaman layar resolusi HD sebenarnya.

Lanjut Jong-Seok Park, mendukung penuh resolusi HD layarnya, LG Optimus 4X HD pun dipersenjatai dengan kepadatan piksel tinggi yaitu 313 ppi (pixels per inch). Berpadu adopsi panel IPS, smartphone android Quad-Core terbaru LG ini menawarkan tingkat reproduksi warna lebih akurat dan tajam namun tetap natural. Hasilnya, pengguna pun mendapat tampilan berbentuk teks lebih tajam yang membuatnya mudah terbaca.

“Sementara pada bagian kamera, LG membenamkan kamera bersensor 8 MP (Mega Pixels). Pada saat memotret misalnya, terdapat fitur Time Catch Shoot," papar Jong-Seok Park.

Ini memungkinkan kamera LG Optimus 4X HD melakukan pengambilan gambar hingga lima frame tepat sesaat sebelum tombol rana ditekan. Keuntungannya, pengguna dapat memilih dan menyimpan gambar terbaik di antara gambar yang diambil. Selain berguna dalam pengambilan foto, kamera LG Optimus 4X HD memungkinkan mode perekaman video dalam kualitas gambar HD.

Melengkapi seluruh kesenangan multimedianya ini, LG membenamkan teknologi Media Plex™ dalam LG Optimus 4X HD. Pasalnya, kemampuan unik Media Plex™ memberikan kesenangan pada saat pengguna berinteraksi dengan fitur multimedia dalam LG Optimus 4X HD. Mulai dari opsi memperbesar atau memperkecil gambar tayangan di tengah-tengah video sedang berjalan (Live Zooming), mengatur kecepatan video (video speed control), sampai pada melakukan Fingertip Seek. Fungsi yang disebut terakhir ini memungkinkan pengguna untuk melompat pada bagian atau adegan tertentu di tengah video sedang dijalankan.

Caranya, cukup sentuhkan jari pada layar dan sapukan sampai pada bagian adegan tertentu yang diinginkan. Akan sangat mudah karena layar akan menampilkan video yang sedang berjalan sementara di bagian bawahnya terdapat versi mini (thumbnail) yang menayangkan bagian video mengikuti sapuan tangan sebagai bantuan memilih.

Bila pengguna memiliki koleksi video berlimpah pun, LG Optimus 4X HD punya cara unik untuk menikmatinya. Sembari menikmati sebuah berkas video yang diinginkan, pengguna dapat memilih dari koleksi berkas video lain yang tertampil di sampingnya. Tak hanya itu, pengguna bahkan dapat menjalankan berkas video dari daftar koleksinya dalam versi mini (thumbnail) sebelum benar-benar menjatuhkan pilihan untuk mengganti video yang ingin dinikmati.

Satu lagi fitur tak kalah menarik yang khas dari LG Optimus 4X HD adalah QuickMemo™. Tersirat dari namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyelipkan catatan singkat dengan cepat di layar LG Optimus 4X HD tanpa perlu lagi kerumitan untuk masuk dalam aplikasi memo khusus.

Kehadiran fitur QuickMemo™ dirancang benar dalam memberikan kemudahan pengguna untuk menyelipkan catatan kapan pun bahkan ketika berada pada situasi yang tak begitu menguntungkan. Bayangkan saja pengguna berhadapan pada satu situasi yang mengharuskannya mencatat sejumlah nomor atau data penting di tengah pembicaraan melalui handphone. Akan semakin rumit bila kemudian catatan kecil nan penting ini kemudian tercecer dan hilang.

Melalui kerja QuickMemo™, kekhawatiran ini akan tereliminasi dengan mudah. Pengguna cukup mengaktifkan fitur ini dengan menekan tombol pengatur audio di sebelah kanan badan LG Optimus 4X HD atau menekan menu Quick Memo pada layar. Yang harus dilakukan kemudian hanya menyapukan jari pada layar untuk menuliskan catatan kecil yang diinginkan. Hebatnya lagi, pengguna dapat menyelipkan catatan singkat ini di tampilan layar manapun tanpa batasan. Bahkan pada tampilan layar yang ada saat pengguna melakukan percakapan melalui LG Optimus 4X HD.

Sebagai jaminan untuk menikmati seluruh sensasi multimedia smartphone Quad-Core ini, LG Optimus 4X HD dibekali kabin penyimpanan seluas 16GB internal memory. Bila pun dirasa masih kurang, pengguna masih memiliki opsi meningkatkannya hingga mencapai 64GB untuk menampung seluruh berkas digital koleksinya.