Alfamart Tambah 120 Gerai Waralaba di Semester Pertama

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk menambah 120 gerai waralaba baru dalam waktu lima bulan, sehingga total mencapai 1.797 gerai waralaba. "Komposisi gerai waralaba meningkat sebesar 29% pada Mei 2012," kata Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis Alfamar Velina Yulianti di Jakarta akhir pekan kemarin

Menurutnya, gerai waralaba berperan besar dalam mendorong pertumbuhan gerai perseroan. Adanya penambahan gerai waralaba ini sudah mencapai 39% dari total penambahan gerai yang dimiliki oleh Alfamart.

Pada tahun lalu, perseroan berhasil membuka 393 gerai waralaba baru. Sementara itu, jumlah gerai Alfamart dalam lima bulan pertama 2012 sebanyak 6.144 gerai, atau bertambah 317 gerai baru, bila dibandingkan dengan posisi akhir tahun yang mencapai 5.797 gerai. Pada tahun lalu, Alfamart berhasil menambah 985 gerai baru. "Bila dilihat dari wilayah operasional penyebaran gerai, maka Jabodetabek menguasai 56% dan 44% non-Jabodetabek. Sedangkan Pulau Jawa menguasai 85% dan luar Jawa hanya 12%," paparnya.

Selain itu, guna meningkatkan kecepatan dan efisiensi, perseroan menerapkan beberapa teknologi baru seperti "conveyor belt" dan "pick to light system". Sejak mulai diaplikasikan pada 2008 silam, sekarang sudah ada empat Pusat Distribusi (DC) Alfamart yang memakai sistem "conveyor", yang terdapat di Balaraja, Klaten, Jababeka, serta Bandung.

Direncanakan, pada akhir tahun ini, jumlah DC perseroan dengan sistem "conveyor" bertambah menjadi satu DC yang terdapat di Bogor, sehingga total DC Alfamart menjadi lima. Sebelumnya, Alfamart sudah memiliki satu DC yang berlokasi di Palembang dan merelokasi DC Surabaya ke Sidoarjo. DC Palembang beroperasi sejak Oktober 2011 dan dibangun di atas lahan seluas 3,4 hektar. Sedangkan DC Sidoarjo dibangun di lahan seluas 2,5 hektar.

Untuk meningkatkan efisiensi, Alfamart juga memperbanyak armada distribusi, yang hingga Mei 2012 ada sekitar 109 armada baru. Saat ini mencapai total 1.420 armada dengan tingkat pelayanan 4,3.

Alfamart juga terus meningkatkan layanan dan memberikan nilai tambah bagi para pelanggan dengan memanfaatkan teknologi terbaru dalam pelayanan gerai ditambah dengan aplikasi sehingga dapat meningkatkan operasional. (bani)

BERITA TERKAIT

Waskita Toll Road Tambah Modal Becakayu

NERACA Jakarta - Danai pengembangan bisnis jalan tol, PT Waskita Toll Road (WTR) sebagai anak usaha PT Waskita Karya Tbk…

BUVA Tambah Modal Rp 20 Miliar Ke DMS

PT Bukit Uluwatu Villa Tbk (BUVA) menyatakan telah memberi tambahan dana pinjaman kepada PT Dialog Mitra Sukses (DMS) sebesar Rp20…

DUCK Ekspansi Buka 12 Gerai Baru - Kejar Pendapatan Tumbuh 14%

NERACA Jakarta – Mengantungi dana segar hasil penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) sebesar Rp 259,2 miliar,…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

BSDE Bukukan Penjualan Rp 5,4 Triliun

NERACA Jakarta - PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) membukukan marketing sales sebesar Rp5,4 triliun di kuartal tiga 2018 atau 75%…

Volume Penjualan Rokok HMSP Tumbuh 1,2%

NERACA Jakarta —Di kuartal tiga 2018, emiten rokok PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP) membukukan kenaikan volume penjualan rokok sebesar…

Clipan Finance Raup Laba Rp 226,16 Miliar

Pada kuartal tiga 2018, PT Clipan Finance Indonesia (CFIN) mencatatkan laba bersih senilai Rp 226,16 miliar. Jumlah tersebut meningkat 37,66%…