Alfamart Tambah 120 Gerai Waralaba di Semester Pertama

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk menambah 120 gerai waralaba baru dalam waktu lima bulan, sehingga total mencapai 1.797 gerai waralaba. "Komposisi gerai waralaba meningkat sebesar 29% pada Mei 2012," kata Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis Alfamar Velina Yulianti di Jakarta akhir pekan kemarin

Menurutnya, gerai waralaba berperan besar dalam mendorong pertumbuhan gerai perseroan. Adanya penambahan gerai waralaba ini sudah mencapai 39% dari total penambahan gerai yang dimiliki oleh Alfamart.

Pada tahun lalu, perseroan berhasil membuka 393 gerai waralaba baru. Sementara itu, jumlah gerai Alfamart dalam lima bulan pertama 2012 sebanyak 6.144 gerai, atau bertambah 317 gerai baru, bila dibandingkan dengan posisi akhir tahun yang mencapai 5.797 gerai. Pada tahun lalu, Alfamart berhasil menambah 985 gerai baru. "Bila dilihat dari wilayah operasional penyebaran gerai, maka Jabodetabek menguasai 56% dan 44% non-Jabodetabek. Sedangkan Pulau Jawa menguasai 85% dan luar Jawa hanya 12%," paparnya.

Selain itu, guna meningkatkan kecepatan dan efisiensi, perseroan menerapkan beberapa teknologi baru seperti "conveyor belt" dan "pick to light system". Sejak mulai diaplikasikan pada 2008 silam, sekarang sudah ada empat Pusat Distribusi (DC) Alfamart yang memakai sistem "conveyor", yang terdapat di Balaraja, Klaten, Jababeka, serta Bandung.

Direncanakan, pada akhir tahun ini, jumlah DC perseroan dengan sistem "conveyor" bertambah menjadi satu DC yang terdapat di Bogor, sehingga total DC Alfamart menjadi lima. Sebelumnya, Alfamart sudah memiliki satu DC yang berlokasi di Palembang dan merelokasi DC Surabaya ke Sidoarjo. DC Palembang beroperasi sejak Oktober 2011 dan dibangun di atas lahan seluas 3,4 hektar. Sedangkan DC Sidoarjo dibangun di lahan seluas 2,5 hektar.

Untuk meningkatkan efisiensi, Alfamart juga memperbanyak armada distribusi, yang hingga Mei 2012 ada sekitar 109 armada baru. Saat ini mencapai total 1.420 armada dengan tingkat pelayanan 4,3.

Alfamart juga terus meningkatkan layanan dan memberikan nilai tambah bagi para pelanggan dengan memanfaatkan teknologi terbaru dalam pelayanan gerai ditambah dengan aplikasi sehingga dapat meningkatkan operasional. (bani)

BERITA TERKAIT

MGRO Bangun Pabrik Senilai Rp 330 Miliar - Pacu Nilai Tambah di Sektor Hilir

NERACA Jakarta – Mengantungi dana segar dari IPO, PT Mahkota Group Tbk (MGRO) akan berinvetasi sebesar Rp 330 miliar membangun…

Prajogo Pangestu Tambah Kepemilikan Jadi 77.10% - Saham Barito Pacific Murah

NERACA Jakarta - Prajogo Pangestu, selaku pemegang saham utama PT Barito Pacific Tbk (BRPT), telah melakukan pembelian 22,9 juta saham…

Semester I, Penerimaan Pajak Capai 40,48%

      NERACA   Jakarta – Pemerintah menargetkan penerimaan pajak dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 mencapai…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

WTON dan WEGE Raih Kontrak Rp 20,22 Triliun

NERACA Jakarta – Di paruh pertama 2018, dua anak usaha PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) mencatatkan total kontrak yang akan…

Gelar Private Placement - CSAP Bidik Dana Segar Rp 324,24 Miliar

NERACA Jakarta – Perkuat modal dalam mendanai ekspansi bisnis, PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) berencana melakukan penambahan modal tanpa…

Luncurkan Dua Produk Dinfra - Ayers Asia AM Bidik Dana Kelola Rp 500 Miliar

NERACA Jakarta –  Targetkan dana kelolaan atau asset under management (AUM) hingga akhir tahun sebesar Rp 350 miliar hingga Rp…