Nissan Luncurkan Evalia di Indonesia

NERACA

PT Nissan Motor Indonesia (NMI)  meluncurkan  kendaraan multi purpose vehicle (MPV) Nisaan terbaru, Nissan Evalia. Melalui model ini, Nissan  memberi pengalaman  baru dalam kenyamanan, kepraktisan dan ruang kabin luas pada sebuah kendaraan untuk pasar otomotif Indonesia.

“MPV merupakan segen yang paling popular di Indonesia,” kata Chief Operating Officer (COO) Nissan Motor Co. Ltd, Toshiyuki Shiga.

”Kami ingin mengembangkan  bisnis kami dalam menyediakan  rangkaian  produk yang cerdas (smart products) dan sesuai  untuk pasar serta konsumen Indonesia,” kata Shiga.

Dengan diperkenalkannya Evalia, katanya, Nissan kini menjadi  produsen kendaraan MPV paling lengkap  di Indonesia mulai dari Elgrand, Serena, Grand Livina hingga Evalia.

Evalia merupakan  MPV dengan harga terjangkai dan memiliki kabin luas yang menyenangkan  untuk dinikmati bersama keluarga.

MPV terbaru ini memiliki banyak ruang bagi penumpang dan barang bawaan mereka. Bahkan pada  baris ketiga dengan nyaman dapat diisi oleh dua orang  dewasa dan dapat juga dilipat untuk mendapat ruang bagasi  yang lebih luas.

”Kepraktisan  didapat  melalui pintu geser  pada sisi kiri dan kanan pintu  bagian belakang yang mudah dioperasikan oleh para penumpangnya, sedangkan  pengaturan  tempat duduk fleksibel."

Evalia temasuk ke dalam  kategori  kendaraan keluarga Nissan B-platform. Kenyamanan berkendara didapat  berkat suspensi depan  yang menggunakan  tipe independent strut yang sudah  mengalami penyempurnaan  dengan ditambahkannya  ripple control damper (RCD) dan rebound spring.  Sedangkan suspensi belakang  menggunakan  one leaf spring yang berbeda  dengan suspensi belakang pada umumnya  yaitu multi layer, sehingga kenyamanan tetap terjaga.

Pada Evalia tipe XV, terpasang optional rear view camera dan intelligent  key. Kedua teknologi ini untuk  pertama kalinya diaplikasikan  pada kendaran MPV di segmen harga ini. Kabin dirancang untuk memberi ruang yang lega untuk penyimpanan barang seperti  tempat  menyimpan botol atau kaleng minuman  pada sisi kiri dan kanan pintu bagian depan maupun pintu geser  bagian belakang.

”Pada dashboard  tersedia  glove box sebagai ruang simpan barang yang aman  seperti untuk CD, kamera, handphone ataupun barang penting lainnya,” katanya.

Sebagai sebuah MPV modern, katanya, desain eksterior Evalia tampil menarik. Styling pada tubuh  kendaraan  dengan garis lurus ke atas, membingkai  kaca pintu, sehingga  membuat pilar  kendaraan  lebih stylish.

”Desain grill yang elegan serta headlamp unik membuat  kendaraan ini tampil beda dibandingkan  dengan para pesaing di kelasnya,” katanya.

Evalia  menggunakan mesin  generasi  terbaru yang handal, HR15DE, sehingga menjamin performa dan pengalaman  berkendara  yang maksimal.

”Secara keseluruhan, mesin  generasi terbaru  ini dapat menghasilkan torsi  yang lebih baik teutama pada  low hingga middle speed, namun tetap menghasilkan  fuel efficiency yang baik,” katanya.

Selain itu, desain body kendaraan  yang aerodinamis dapat memberikan  hambatan  angin yang lebih kecil, sehingga membuat kendaraan lebih stabil dan  penggunaan bahan bakar  semakin irit.

”Untuk Evalia, tersedia  dua pilihan  transmisi yaitu otomatis dan manual,” katanya.

Menurut dia, panel meter cluster Evalia mampu memberikan penglihatan  yang jelas  pada pengemudinya. Mobil ini juga dilengkapi dengan  multi information display (MID), meter cluster yang menyediakan  berbagai  informasi pada satu tampilan seperti konsumsi bahan bakar, jarak  perjalanan, lampu peringatan  seluruh bagian  pintu kendaraan dalam keadaan tutup dan buka, hingga suhu udara di luar kendaraan.

Kintaro Izumida, Presiden  Direktur NMI mengatakan bahwa kini  dengan hadirnya Evalia, konsumen Indonesia khususnya keluarga dapat memiliki MPV dengan harga terjangkau, namun memiliki desain yg elegan, kabin luas, kinerja  yang baik dan nyaman untuk dikendarai bersama keluarga.

Menurut Kintaro, Evalia  menjadi salah satu  model penting (backbone model) selain Juke, Grand Livina dan March. Model ini diprediksi akan menjadi salah satu  kontributor  utama terhadap  volume  penjualan NMI.  Hingga akhir tahun fiskal 2012 (Maret 2013), NMI menargetkan  untuk menguasai lebih dari  10% pangsa pasar  industri otomotif  di Indonesia dengan perkiraan penjualan sedikitnya 90.000 unit.

Evalia tersedia dalam tiga varian yaitu tipe 1,5L XV dipasarkan  dengan harga Rp 185 juta untuk A/T dan Rp 175 juta untuk MT. Sementara itu tipe 1.5 L SV dipasarkan  dengan harga Rp 172 juta untuk A/T dan Rp 162 juta untuk M/T. Sedangkan  tipe 1.5 L S dipasarkan  dengan harga Rp 145 juta dan hanya tersedia tipe M/T. Seluruh harga di atas  merupakan  harga on the road Jakarta.  Sedangkan pilihan warna ada enam  yaitu dark red metallic, silver metallic, blue green metallic, grey metallic, black solid dan white solid. (agus)

 

 

BERITA TERKAIT

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…