Nissan Luncurkan Evalia di Indonesia

NERACA

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan kendaraan multi purpose vehicle (MPV) Nisaan terbaru, Nissan Evalia. Melalui model ini, Nissan memberi pengalaman baru dalam kenyamanan, kepraktisan dan ruang kabin luas pada sebuah kendaraan untuk pasar otomotif Indonesia.

“MPV merupakan segen yang paling popular di Indonesia,” kata Chief Operating Officer (COO) Nissan Motor Co. Ltd, Toshiyuki Shiga.

”Kami ingin mengembangkan bisnis kami dalam menyediakan rangkaian produk yang cerdas (smart products) dan sesuai untuk pasar serta konsumen Indonesia,” kata Shiga.

Dengan diperkenalkannya Evalia, katanya, Nissan kini menjadi produsen kendaraan MPV paling lengkap di Indonesia mulai dari Elgrand, Serena, Grand Livina hingga Evalia.

Evalia merupakan MPV dengan harga terjangkai dan memiliki kabin luas yang menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga.

MPV terbaru ini memiliki banyak ruang bagi penumpang dan barang bawaan mereka. Bahkan pada baris ketiga dengan nyaman dapat diisi oleh dua orang dewasa dan dapat juga dilipat untuk mendapat ruang bagasi yang lebih luas.

”Kepraktisan didapat melalui pintu geser pada sisi kiri dan kanan pintu bagian belakang yang mudah dioperasikan oleh para penumpangnya, sedangkan pengaturan tempat duduk fleksibel."

Evalia temasuk ke dalam kategori kendaraan keluarga Nissan B-platform. Kenyamanan berkendara didapat berkat suspensi depan yang menggunakan tipe independent strut yang sudah mengalami penyempurnaan dengan ditambahkannya ripple control damper (RCD) dan rebound spring. Sedangkan suspensi belakang menggunakan one leaf spring yang berbeda dengan suspensi belakang pada umumnya yaitu multi layer, sehingga kenyamanan tetap terjaga.

Pada Evalia tipe XV, terpasang optional rear view camera dan intelligent key. Kedua teknologi ini untuk pertama kalinya diaplikasikan pada kendaran MPV di segmen harga ini. Kabin dirancang untuk memberi ruang yang lega untuk penyimpanan barang seperti tempat menyimpan botol atau kaleng minuman pada sisi kiri dan kanan pintu bagian depan maupun pintu geser bagian belakang.

”Pada dashboard tersedia glove box sebagai ruang simpan barang yang aman seperti untuk CD, kamera, handphone ataupun barang penting lainnya,” katanya.

Sebagai sebuah MPV modern, katanya, desain eksterior Evalia tampil menarik. Styling pada tubuh kendaraan dengan garis lurus ke atas, membingkai kaca pintu, sehingga membuat pilar kendaraan lebih stylish.

”Desain grill yang elegan serta headlamp unik membuat kendaraan ini tampil beda dibandingkan dengan para pesaing di kelasnya,” katanya.

Evalia menggunakan mesin generasi terbaru yang handal, HR15DE, sehingga menjamin performa dan pengalaman berkendara yang maksimal.

”Secara keseluruhan, mesin generasi terbaru ini dapat menghasilkan torsi yang lebih baik teutama pada low hingga middle speed, namun tetap menghasilkan fuel efficiency yang baik,” katanya.

Selain itu, desain body kendaraan yang aerodinamis dapat memberikan hambatan angin yang lebih kecil, sehingga membuat kendaraan lebih stabil dan penggunaan bahan bakar semakin irit.

”Untuk Evalia, tersedia dua pilihan transmisi yaitu otomatis dan manual,” katanya.

Menurut dia, panel meter cluster Evalia mampu memberikan penglihatan yang jelas pada pengemudinya. Mobil ini juga dilengkapi dengan multi information display (MID), meter cluster yang menyediakan berbagai informasi pada satu tampilan seperti konsumsi bahan bakar, jarak perjalanan, lampu peringatan seluruh bagian pintu kendaraan dalam keadaan tutup dan buka, hingga suhu udara di luar kendaraan.

Kintaro Izumida, Presiden Direktur NMI mengatakan bahwa kini dengan hadirnya Evalia, konsumen Indonesia khususnya keluarga dapat memiliki MPV dengan harga terjangkau, namun memiliki desain yg elegan, kabin luas, kinerja yang baik dan nyaman untuk dikendarai bersama keluarga.

Menurut Kintaro, Evalia menjadi salah satu model penting (backbone model) selain Juke, Grand Livina dan March. Model ini diprediksi akan menjadi salah satu kontributor utama terhadap volume penjualan NMI. Hingga akhir tahun fiskal 2012 (Maret 2013), NMI menargetkan untuk menguasai lebih dari 10% pangsa pasar industri otomotif di Indonesia dengan perkiraan penjualan sedikitnya 90.000 unit.

Evalia tersedia dalam tiga varian yaitu tipe 1,5L XV dipasarkan dengan harga Rp 185 juta untuk A/T dan Rp 175 juta untuk MT. Sementara itu tipe 1.5 L SV dipasarkan dengan harga Rp 172 juta untuk A/T dan Rp 162 juta untuk M/T. Sedangkan tipe 1.5 L S dipasarkan dengan harga Rp 145 juta dan hanya tersedia tipe M/T. Seluruh harga di atas merupakan harga on the road Jakarta. Sedangkan pilihan warna ada enam yaitu dark red metallic, silver metallic, blue green metallic, grey metallic, black solid dan white solid. (agus)

BERITA TERKAIT

Ayers Asia AM Bidik Dana Kelola Rp 500 Miliar - Luncurkan Dua Produk Dinfra

NERACA Jakarta –  Targetkan dana kelolaan atau asset under management (AUM) hingga akhir tahun sebesar Rp 350 miliar hingga Rp…

BEI Luncurkan Single Stock Future - Kembangkan Produk Derivatif

NERACA Jakarta - Dongkrak pertumbuhan transaksi di pasar modal, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana meluncurkan produk derivatif di tahun…

Ikhtiar Melihat Indonesia-Tiongkok Secara Benar

Oleh: Edy M Yakub Melihat dan mendengar adalah dua kata yang berbeda dan perbedaan keduanya juga mengandung makna yang sangat…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Suzuki Belum Berencana Rilis Skutik untuk Kelas Premium

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi kendaraan roda dua menyatakan belum berencana mengeluarkan skuter otomatik (skutik) untuk mengisi segmen premium…

Produsen Otomotif Sambut Regulasi

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyambut positif regulasi mengenai penarikan kendaraan untuk reparasi (recall) yang telah diatur berdasarkan Peraturan…

Hyundai Kembangkan Chipset Mobil Terkoneksi

Hyundai Motor berinvestasi di sebuah perusahaan Israel untuk mengembangkan teknologi chipset mobil terkoneksi, kata perusahaan Korea Selatan itu dilansir Yonhap,…