Pusat Perbelanjaan Kota Medan

NERACA

Medan sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya juga menawarkan wisata Mall atau shopping centre untuk memuaskan gairah belanja para kaum urban. Setidaknya ada 9 mal yang berdiri di kota ini, yakni: Grand Palladium, Plaza Medan Fair, Medan Mall, Medan Plaza, Millenium Plaza, Perisai Plaza, Sun Plaza, Cambridge City Square, Thamrin Plaza dan Olympia Plaza. Namun, pada akhirnya, Olympia Plaza berubah fungsi menjadi pusat grosir yang menjual pakaian, sepatu maupun barang pecah belah. Mirip seperti ITC-ITC yang bertebaran di Jakarta.

Diantara beberapa mal tersebut, Sun Plaza dan Plaza Medan Fair merupakan dua tempat favorit para shoppers sebab terhitung paling nyaman dan berkelas. Bagaimana gambaran kedua mal tersebut? Berikut reviewnya.

Sun Plaza merupakan pusat perbelanjaan menengah ke atas di kawasan komersial strategis kota Medan. Didirikan membangun selesai mulai sejak pada tanggal 1 Januari 2003, pusat perbelanjaan ini berupa bangunan 6 lantai (termasuk Lower Ground dan Ground Floor) yang dirancang dengan konsep mal keluarga. Sun Plaza pembukaan publik diresmikan mulai sejak pada tanggal 1 Januari 2004 dan sudah banyak dikunjungi penduduk setempat bahkan sebelum diadakannya pembukaan. Sun Plaza menjadi lokasi favorit anak muda dan wisatawan luar negeri karena kenyamanan dan lengkapnya barang-barang yang tersedia. Sun Plaza sering menjadi tempat diadakannya berbagai acara penting dari konser artis dalam negeri maupun acara-acara entertainment lainnya. Letaknya yang sangat strategis membuat pusat perbelanjaan ini ramai dikunjungi oleh pelajar, mahasiswa, serta para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Sun Plaza juga berdekatan dengan Kantor Gubernur Sumatera Utara, Mesjid Agung Medan (mesjid terbesar di Sumatera), SMA Negeri 1 Medan, dan Apartemen Cambridge. Di pusat perbelanjaan ini terdapat pujasera, bioskop, dan department store. Sementara Plaza Medan Fair tak kalah ramainya. Mengambil konsep arsitektur yang unik dan dirancang oleh perusahaan arsitektur di Singapura dengan konsep modern, bernuasa nyaman dan fleksibel. Mal ini resmi dibuka September 2004, memiliki 4 lantai pusat perbelanjaan, 1 lantai basement dan area Skycross. Mal dengan luas 49.535 meter persegi ini memiliki anchor tenant seperti Carrefour, Matahari Departement Store, dan Electronic City. Tak jauh beda dengan Sun Plaza, Plaza Medan Fair juga berkonsep mal keluarga yang banyak menyajikan suguhan acara yang berkaitan untuk Anda dan anak-anak. Biasanya, saat liburan, Mal ini punya segudang kegiatan yang melibatkan seluruh anggota keluarga, terutama si kecil. Seperti liburan tahun 2011 lalu, ragam acara menarik seperti fashion show anak, tawaran promo dan diskon hingga 80%, serta hadiah-hadiah menarik diberikan kepada pengunjung. Biasanya, kedua mal ini kerap berpartisipasi dalam acara “Medan Great Sale” yang mungkin konsepnya tak terlalu berbeda dengan “Jakarta Great Sale”. Soal harga di setiap tenant tak jauh berbeda dengan di Jakarta. Ketika Anda membeli koleksi suatu brand busana, misalnya. Meski tak berbeda harga, di Medan, Anda akan mendapatkan koleksi yang lebih lengkap dari di Jakarta. Sebab letak kota Medan yang strategis menjadi kunjungan wisata utama turis dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Related posts