Dekatkan Impian Nasabah Dengan “Setan Merah” - Danamon Bidik Penggila Bola

NERACA

Jakarta – Kecintaan masyarakat terhadap sepakbola sudah melintasi ruang dan waktu, dimanapun aktifitas masyarakat akan selalu menyempatkan untuk menonton sepakbola di layar kaca, terlebih yang berlaga adalah klub kesayangannya. Seandainya ada survei tentang olah raga mana yang banyak diminati masyarakat, mungkin mayoritas jawabannya adalah sepakbola. Pasalnya, sepakbola sudah menjadi olahraga favorit ratusan juta hingga miliaran masyarakat di dunia.

Kecintaan masyarakat terhadap sepakbola merambah di berbagai pelosok, baik kota ataupun desa. Tidak hanya itu, kecintaan sepakbola tidak lagi mengenal status sosial, agama dan negara. Fanatisme sepakbola tidak lepas dari fans sejati terhadap klubnya yang selalu di eluh-eluhkan sebagai sang juara.

Berbicara sepakbola tidak hanya berbicara industri olahraga semata, tetapi juga bisnis yang menguntungkan di dalamnya. Maka tidak heran, begitu besarnya animo perusahaan untuk menjadi sponsor kompetisi olahraga sepakbola lantaran peluang bisnisnya menjanjikan, mulai dari iklan, penjualan marchindes dan karcis pertandingan. Di Indonesia, pecinta sepakbola Liga Inggris punya fanatisme tinggi hingga memiliki paguyuban perkumpulan. Sebut saja, United Indonesia sebagai perkumpulan fans sejati atau fans club Manchester United yang ada di Indonesia menjadi yang terdepan.

Jumlah penggemar Manchester United (MU) di Indonesia telah mencapai angka tiga juta orang. Angka tersebut hanya yang tercatat melalui jejaring sosial Facebook. Selain itu, persentase pemirsa televisi yang menyaksikan laga-laga yang dimainkan klub Old Trafford itu pun terus meroket.

Begitu besarnya fans MU di Indonesia, menjadi peluang bisnis bagi PT Bank Danamon Indonesia Tbk sebagai pemegang lisensi penerbitan kartu Manchester United di Indonesia untuk menjaring nasabah baru melalui peluncuran kartu debit atau ATM berlogo klub sepakbola asal Inggris, Manchester United. Hadirnya kartu debit atau ATM berlogo MU ini, sebagai inovasi terbaru bank Danamon yang dapat diakses oleh semua kalangan, terutama para fans klub MU.

Komitmen Pelayanan

Kata Presiden Direktur Bank Danamon Indonesia Henry Ho, kartu debit/ATM Danamon Manchester United adalah kartu debit pertama yang terafiliasi dengan salah satu klub sepakbola besar di dunia, “Kerjasama ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang prima bagi nasabah Danamon, khususnya pecinta MU yang jumlahnya mencapai 30 juta orang,”katanya.

Menurutnya, kehadiran kartu debit berlogo MU ini adalah bentuk perhatian dan komitmen penuh Danamon bagi para pecinta sepakbola Indonesia umumnya dan khususnya fans MU. Bagi pencita MU, kartu debit berlogo klub “Setan Merah” ini makin memperlengkap koleksi atribut berbau MU. Pasalnya, bukanlah pencinta MU bila belum memiliki koleksi marchindes tentang MU hingga kartu debit berlogo MU.

Tidak hanya itu, perhatian Danamon terhadap fans MU juga akan diwujudkan berupa kesempatan bagi 38 nasabah tiap tahunnya untuk dapat menyaksikan secara langsung pertandingan Manchester United di stadion Old Traford Inggris. Sebagai salah satu bentuk dukungan dari Manchester United adalah dengan menghadirkan kembali piala Liga Inggris (English Premier League Trophy)dan para legenda Manchester United di Jakarta pada bulan Maret 2012,sebagai bagian dari perayaan gelar Liga Inggris yang ke 19.

Henry Ho menuturkan, kerjasama kembali Danamon dengan MU lantaran kesuksesan sebelumnya yang berhasil merangkul sekitar 70 ribu pemegang kartu kredit baru edisi MU. Selain itu, Manchester United dengan prestasinya sebagai salah satu klub sepak bola terbaik di dunia dengan jumlah fans terbanyak di Indonesia mencapai 30 juta orang di Indonesia ini merupakan pilihan yang tepat bagi Danamon untuk membidik Indonesia sebagai pangsa pasar yang menjanjikan.

Asal tahu saja, kerjasama Danamon dengan MU tidak hanya sekedar inovasi perseroan dan marketing merebut pasar yang luas di Indonesia . Namun juga memberikan yang terbaik bagi nasabah melalui kerjasama dengan mitra-mitra pilihan.

Hal senada juga pernah disampaikan Executive Vice President Card Business Head Bank Danamon Dessy Masri, pertimbangan kerjasama kembali dengan klub MU karena konsistensi prestasi klub dan jumlah suporter di Indonesia yang besar.

Sebelumnya Danamon penah mengeluarkan produk kartu kredit yang juga mengusung identitas MU. Kartu Kredit ini dipasarkan sejak tahun 2006 dengan persyaratan tertentu bagi masyarakat yang ingin memiliki kartu kredit berlogo MU. “Kini dengan dihadirkannya kartu debit berlogo MU, memberikan kesempatan luas bagi mereka pecinta MU sejati dengan kemampuan terbatas untuk memiliki kartu ATM berlogo MU,”tandasnya.

Caranya sangat mudah, nasabah cukup membuka account (tabungan) dengan setoran awal hanya Rp 250 ribu dan kartu debit MU sudah bisa dimiliki. Oleh karena itu, melalui kartu ATM berlogo MU ini dapat mendongkrak volume transaksi perseroan sepanjang tahun ini hingga 25% dan meningkatkan pemegang kartu kredit sebanyak 30%. Dimana target hingga akhir tahun ini, diharapkan jumlah pemegang kartu kredit berlogo MU bisa tembus 200 ribu pemegang kartu dan mendongkrak pertumbuhan dana pihak ketiga serta penyaluran kredit tumbuh 20%.

Potensi Pasar

Sementara Commercial Director Manchester United, Richard Arnold mengatakan, pihaknya sangat bangga kerjasama dengan Danamon yang memiliki jaringan kuat di seluruh Indonesia .

Menurutnya, kartu kredit Manchester United di Indonesia merupakan salah satu program kerjasama yang paling sukses, “MU memiliki 3 juta fans Facebook dari Indonesia dan pada musim lalu, pertandingan kami disaksikan hampir 300 juta kali di Indonesia . Pada musim ini, angka tersebut sudah naik sebesar hampir 50% dan hal ini menunjukkan besarnya jumlah fans kami di Indonesia ,”ungkapnya.

Oleh karena itu, pihanya sangat senang Danamon menambahkan kartu debit ini dalam rangkaian produknya. Melalui kerjasama ini dapat lebih mendekatkan klub Manchester United dengan fans-nya di Indonesia yang berjumlah hampir 30 juta orang.

Kartu debit/ATM Danamon Manchester United sendiri, menawarkan 3 (tiga) fitur istimewa. Fitur pertama adalah Red Match, fitur kedua Red Rewards dan fitur ketiga adalah Red Hot Deals. Maka cukup memiliki salah satu kartu debit MU ini, impian nasabah bisa dekat dengan sang idolanya terbuka lebar dan bila sudah demikian, menikmati rasanya menjadi sang juara di lapangan hijau bukanlagi sebuah impian tapi kenyataan. **bani

Related posts