Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit

Penghujung 2019 semakin dekat. Apakah mengecilkan perut buncit menjadi salah satu resolusi Anda di awal tahun? Urusan 'membakar' lemak perut memang tak semudah membakar ayam di perayaan akhir tahun. Namun, mengecilkan perut yang buncit bukanlah hal yang mustahil. Daripada terus mencoba diet baru, sebenarnya ada cara-cara mudah untuk mengecilkan perut buncit. Berikut sejumlah cara untuk 'mengucapkan' selamat tinggal pada lemak di perut dikutip dari CNN Indonesia.com.

1. Konsumsi serat larut air

Serat larut air merupakan jenis serat yang mampu menyerap air dan kemudian membentuk gel. Gel inilah yang membantu memperlambat proses pencernaan makanan.Serat larut air bisa membantu mengecilkan perut buncit karena bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Anda pun bisa terhindar dari keinginan untuk makan berlebih.

Melansir Healthline, studi observasi yang melibatkan seribu orang dewasa menemukan, tiap kenaikan 10 gram konsumsi serat larut air, bisa menurunkan ukuran perut hingga 3,7 persen. Sejumlah makanan yang mengandung serat larut air ialah flaxseed, blackberry dan alpukat.

2. Hindari kelebihan gula

Gula memang diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi dengan cepat, tetapi tidak dengan gula yang berlebihan. Gula terdiri dari glukosa dan fruktosa. Fruktosa hanya bisa diolah organ hati dalam volume tertentu. Saat konsumsi gula berlebihan, organ hati tidak sanggup mengolah semua dan fruktosa terpaksa dijadikan lemak. Dengan kata lain, kelebihan konsumsi gula bisa mengakibatkan akumulasi lemak pada perut dan organ hati. Sebaiknya cermati lagi konsumsi gula Anda bila ingin mengecilkan perut buncit.

3. Perbanyak protein

Salah satu kunci untuk mengecilkan perut buncit adalah memperbanyak konsumsi protein ketimbang karbohidrat. Mengutip dari Strong Lift, tubuh membakar lebih banyak energi untuk mengolah protein daripada mengolah karbohidrat maupun lemak. Anda bisa memperoleh protein lewat telur, daging ayam, produk susu atau kacang-kacangan.

4. Batasi alkohol

Apa yang diminum sama pentingnya dengan apa yang dimakan. Selain minuman manis, konsumsi alkohol harian juga perlu ditekan jika ingin mengecilkan perut buncit. Peminum bir dinilai hampir selalu memiliki bentuk tubuh pir. Pada pria biasanya ditandai dengan 'buah dada' yang berisi lemak. Ukurannya bisa makin besar saat usia bertambah. Selain itu, alkohol membuat organ hati tertekan karena harus bekerja lebih keras membersihkan racun. Jadi, batasi konsumsi alkohol misalnya hanya pada akhir pekan. Selain itu, imbangi dengan asupan cairan lain seperti air putih atau infused water.

5. Gunakan minyak kelapa

Goreng atau tumis memang teknik memasak yang mudah dipraktikkan dan menghasilkan rasa yang gurih. Tidak apa, hanya saja Anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti minyak sawit dengan minyak kelapa. Sebuah studi menunjukkan konsumsi minyak kelapa bisa mempercepat metabolisme dan mengurangi jumlah lemak yang disimpan.

6. Teh hijau

Satu minuman menyehatkan yang tak perlu diragukan adalah teh hijau. Konsumsi teh hijau bisa membantu meluruhkan lemak perut. Teh hijau mengandung kafein dan epigallocatechin gallate (EGCG). Keduanya bisa berkolaborasi untuk mempercepat metabolisme. ECGC dikenal efektif untuk membakar lemak perut. Sebaiknya minum teh hijau tanpa tambahan gula.

7. Olahraga secara efektif

Elemen satu ini tak boleh terlewatkan jika ingin mengecilkan perut buncit. Olahraga tetap harus masuk ke dalam 'menu' harian. Hanya saja, jangan buru-buru malas melakukannya. Hanya diperlukan waktu selama 30 menit untuk mendapatkan sesi olahraga yang efektif. Pilih jenis olahraga yang pas dengan tujuan Anda. Untuk mengecilkan perut buncit, pilih olahraga aerobik semisal jalan kaki, lari atau renang. Olahraga yang langsung menjurus pada bagian perut terbukti tidak begitu efektif untuk mengecilkan perut.

BERITA TERKAIT

Ini Segudang Manfaat Minyak Zaitun

Bukan rahasia lagi bahwa manfaat minyak zaitun sangat ampuh bagi kesehatan manusia. Tak heran jika jenis minyak satu ini kerap…

Pilihan Obat Herbal untuk Ringankan Gejala Flu

Penyakit flu menjadi salah satu penyakit yang paling sering menyerang akibat penularan yang begitu mudah melalui udara. Gejala-gejala flu seperti…

Biaya Operasi Caesar Tanpa BPJS di Jakarta

Metode persalinan operasi caesar (sectio caesarea) membutuhkan biaya yang lebih mahal daripada melahirkan secara normal. Biaya operasi sesar tanpa BPJS…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Ini Risiko Bagi Orang yang Malas Bergerak

Perkembangan teknologi membuat semakin banyak orang malas gerak atau 'mager'. Dengan inovasi-inovasi terbaru yang mampu menghemat waktu dan energi, orang…

Cara Tingkatkan Kesuburan di Atas Usia 30 Tahun

Menikmati karier hingga mahalnya biaya persalinan menjadi sejumlah alasan semakin banyak wanita yang memilih untuk menunda kehamilan. Sehingga, jumlah kehamilan…

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

virgin coconut oil untuk kesehatan maupun kecantikan sudah tak diragukan lagi. Bahan alami yang berasal dari daging kelapa ini sudah…