Penuh Jiwa Besar Lulung Mundur dari Ketua Umum PPM

Penuh Jiwa Besar Lulung Mundur dari Ketua Umum PPM

NERACA

Jakarta - Abraham Lunggana dengan penuh jiwa besar mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum Pemuda Panca Marga melalui Musyawarah Nasional (Munas) X yang berlangsung di salah satu hotel di kawasan Jakarta Pusat.

Pelaksanaan Munas X tersebut dibuka secara resmi oleh Direktur Bintibmas Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen Pol Edi Setyo Budi Santoso.

Lulung sapaan akrab Abraham Lunggana menjabat sebagai Ketua Umum PPM melalui Munas VIII untuk masa bakti 2011-2015. Kemudian, Lulung kembali terpilih menjadi Ketua Umum untuk periode kedua melalui Munas IX dengan masa bakti 2016-2020.

Lulung mengatakan, pengunduran diri ini dilakukannya untuk meminimalisir terjadinya friksi-friksi yang terjadi antara PPM dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Ia menduga memang ada oknum di LVRI yang memang tidak meinginkan saya menjabat Ketua Umum PPM.

"Meski dengan rasa berat hati meninggalkan kawan-kawan di PPM, termasuk pengurus Markas Daerah di 34 provinsi yang hingga saat ini masih solid mendukung, saya menyatakan mundur. Terima kasih kepada seluruh jajaran PPM di Indonesia," ujar Lulung, penuh keharuan di lokasi Munas X PPM, Kamis (5/9) malam.

Lulung menegaskan, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga antara PPM dan LVRI adalah berbeda. Sehingga, sejatinya LVRI tidak bisa melakukan intervensi organisatoris.

"Kami menduga kuat pengurus Mada PPM juga diintimidasi untuk tidak mengakui saya sebagai Ketua Umum melalui surat resmi. Bahkan, LVRI berencana menggelar Munaslub PPM, sangat tidak bisa dipahami. Munaslub itu sepertinya untuk lucu-lucuan saja karena legalitasnya patut dipertanyakan," terangnya.

Lulung berharap, kepemimpinan PPM ke depan mampu melakukan rekonsiliasi atau pendekatan dengan baik dengan LVRI yang juga menjadi pembina PPM. Namun, jika hal itu tidak bisa dicapai dengan jalan musyawarah, tentu akan memungkinkan adanya langkah-langkah lanjutan.

"Saya ini jelas sudah didzolimi, dipresekusi, dan ada character assasination. Tapi, saya ingin PPM dan LVRI tetap rukun dan guyub," ungkapnya.

Sementara, Ketua Mada PPM Kalimantan Barat, Aris menuturkan, seluruh Mada PPM selama ini sangat respek dengan kepemimpinan Haji Lulung. PPM semakin solid, kompak dan sangat merasa enjoy dengan kepemimpinannya.

"Beliau tidak hanya sekadar pemimpin, tapi juga bisa menjadi sahabat yang baik bagi kami. Sepak terjangnya sangat bagus. Kami sebetulnya justru mendukung kalau ada anggota PPM yang bisa terjun ke duania politik dan berhasil," ucapnya.

Ia menambahkan, keberhasilan Haji Lulung hingga terpilih sebagai anggota DPR RI sebetulnya merupakan berkah bagi PPM yang harus disyukuri."Sepak terjang Haji Lulung sangat bagus. Beliau ini kami ibaratkan pohon yang sudah kami semai, namun saat akan berbuah ada pihak-pihak yang ingin menebangnya. Kami siap menggeruduk pelaksanaan Munaslub," tandasnya. Mohar

BERITA TERKAIT

Bakti Anies Kepada Ibunda Patut Dicontoh

Bakti Anies Kepada Ibunda Patut Dicontoh NERACA Jakarta - Melalui media sosial, beredar foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang…

Sebanyak 44 Paket Pekerjaan Yang Masuk ke BPBJ Setda Kota Sukabumi

Sebanyak 44 Paket Pekerjaan Yang Masuk ke BPBJ Setda Kota Sukabumi NERACA Sukabumi - Sebanyak 44 paket pekerjaan yang masuk…

Kopi Luwak Karya Anak Kuningan Raih Juara

Kopi Luwak Karya Anak Kuningan Raih Juara NERACA Kuningan – Kopi yang diolah dengan beragam cara saat ini menjadi tren…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

Bappenas : Keberhasilan Kerja Jokowi Jilid I Nyata

Bappenas : Keberhasilan Kerja Jokowi Jilid I Nyata NERACA Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf…

Sekda: Optimis Pendapatan Daerah Bisa Melampaui Target - Relatif Kecil, PAD Kota Sukabumi Mengandalkan Bantuan Pusat dan Provinsi

Sekda: Optimis Pendapatan Daerah Bisa Melampaui Target  Relatif Kecil, PAD Kota Sukabumi Mengandalkan Bantuan Pusat dan Provinsi NERACA Sukabumi -…

Kawasan Bisnis Margonda Terancam Dampak ABT - PDAM Kota Depok Berikan Peringatan Dini

Kawasan Bisnis Margonda Terancam Dampak ABT PDAM Kota Depok Berikan Peringatan Dini NERACA Depok - ‎ Perusahaan Daerah Air Minum…