Hal yang Bakal Dialami Jika Anda Kurang Minum

Air punya peran penting untuk tubuh. Jika kebutuhan air dalam tubuh tak terpenuhi, tubuh akan mengalami sejumlah gangguan kesehatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Sayang, masih banyak orang yang tak peduli dengan jumlah minimal konsumsi air setiap harinya. Padahal, beberapa hal yang mengganggu tubuh mengintai secara diam-diam. Jika Anda salah satu dari mereka, siap-siap dengan beberapa hal berikut yang bisa menghampiri Anda dikutip dari CNN Indonesia.com.

Bau napas

Kurang minum bisa menyebabkan bau napas. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang tak mampu memproduksi saliva atau air liur. Sifat antibakteri yang dimiliki saliva membantu menjaga kesegaran mulut.

 Sembelit

Air juga berguna untuk sistem pencernaan. Mengutip Daily Meal, air mampu mengurangi risiko sembelit karena sifatnya yang memperlancar buang air besar. Saat tubuh tak mendapatkan cairan yang cukup, maka kandungan air dalam tinja akan semakin sedikit. Tinja yang keras hanya akan membuat Anda kesulitan saat buang air besar.

 Warna urine gelap

Urine berwarna gelap juga merupakan tanda dehidrasi. Pasalnya, air yang membantu menyaring dan mengeluarkan racun dari ginjal tak ditemukan banyak dalam tubuh. Ginjal yang kekurangan cairan tak akan sanggup membuang racun yang ada di dalamnya. Akibatnya, air urine pun berwarna kuning gelap. Air urine gelap menandakan adanya gangguan kesehatan pada tubuh.

Pusing

Kekurangan cairan berisiko pada rendahnya tekanan darah dan buruknya sirkulasi. Hal ini akan membuat otak kekurangan oksigen yang menyebabkan kepala terasa pusing.

Kulit kering

Kelembapan pada kulit akan berkurang jika Anda tak mengonsumsi air dalam jumlah cukup. Kulit kering dapat diketahui dengan cara mencubit bagian tangan dan pipi. Jika setelah dicubit kulit mulai berkerut, artinya Anda harus mulai banyak mengonsumsi air.

Sakit kepala

Sakit kepala bisa juga disebabkan oleh dehidrasi. Gangguan ini bisa berujung pada migrain yang sangat berat. Minimnya kandungan air akan membuat otak menyusut sementara. Hal ini lah yang menyebabkan rasa sakit pada kepala.

Mudah marah

Mood bisa fluktuatif saat Anda kekurangan cairan. Sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition membuktikan hal tersebut. Partisipan yang kekurangan cairan merasa sakit kepala, kelelahan, kehilangan fokus, serta mudah marah.

Otot kejang

Kekurangan air bisa menyebabkan otot menjadi lebih sensitif dan rawan mengalami kram dan kejang otot. Hal ini terjadi karena tubuh tidak mampu melindungi organ vital dengan baik.

 

BERITA TERKAIT

Olahraga Yang Paling 'Tokcer' Buat Seks Makin 'Hot'

Sudah bukan rahasia lagi jika olahraga bisa membantu menjaga tubuh tetap sehat dan membantu menjaga kehidupan seksual tetap menyala. Bukan…

Infeksi Candida Auris, Jamur Kebal Obat yang Mematikan

Infeksi jamur candida auris semakin mengancam dunia. Pasalnya, hingga saat ini belum ditemukan obat maupun cara yang mampu menangkal infeksi…

Ini Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Daun kelor merupakan daun asal India yang telah digunakan sebagai pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Daun dengan nama ilmiah moringa…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Makan Telur Saat Sarapan Baik Bagi Kesehatan

Telur direkomendasikan untuk masuk ke dalam menu diet harian. Lauk yang satu ini kaya akan nutrisi penting bagi tubuh seperti…

Ini Manfaat Sehat Puasa Senin Kamis

Ada beragam jenis puasa. Bagi umat muslim, puasa merupakan salah satu bentuk ibadah wajib di bulan Ramadhan, maupun sunah yang…

Cara Tepat Untuk Atasi Insomnia

Institut Kesehatan Nasional AS memperkirakan sekitar 30 persen orang dewasa kini mengalami insomnia. Salah satu penyebab umum dari insomnia atau…