Kepuasan Nasabah, Allianz Raih Penghargaan

NERACA

Jakarta – Allianz Indonesia kembali meraih penghargaan di paruh waktu tahun ini. Allianz meraih penghargaan Service Quality Award 209 untuk dua kategori yaitu kategori Conventional Service untuk Life and Health Insurance, serta kategori Digital Service untuk Life and Health Insurance. Penghargaan ini diberikan berdasarkan survey kepuasan pelanggan Service Quality Index (SQI) dimana hasil penilaiannya menunjukkan Allianz Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang dinilai mempunyai nilai SQI tertinggi dan di atas rata-rata nilai industri dengan kategori Diamond.

Hasil Survey SQI ini selaras dengan hasil survey pengukuran kepuasan nasabah Net Promotor Score yang secara teratur dilakukan oleh Allianz Life Indonesia setiap tahun terhadap 39 titik area pelayanan nasabah. Selama tiga tahun berturut-turut sejak 2016 hingga 2018 tingkat kepuasan nasabah melalui nilai NPS yang diperoleh Allianz Life Indonesia terus meningkat dan di atas rata-rata industri asuransi, tiga diantaranya adalah,

Pertama, tingkat kepuasan nasabah terhadap layanan Allianz terus membaik, ditandai dengan berkurangnya jumlah keluhan pada Q2 2019 sebanyak 48% dibandingkan dengan Q2 2018. Kedua, peningkatan penggunaan eAZy Claim: 25% lebih banyak klaim yang diajukan secara digital dibandingkan tahun 2018. Dan ketiga yaitu tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan agen Allianz pada penilaian NPS menunjukkan peningkatkan sebesar 32 poin per 2018, meliputi tingkat responsif agen, kemudahan untuk dihubungi, kemauan untuk membantu dan sikap kepedulian terhadap nasabah.

“Kami menggunakan feedback nasabah dari hasil penilaian NPS sebagai dasar untuk melakukan pelayanan yang unggul dan sebagai insight untuk customer touch points. Kami mendengarkan pelanggan kami dan meningkatkan layanan berdasarkan hal tersebut,” kata Chief Operating Officer Allianz Life Indonesia, Alessandro Martirani, seperti dikutip dalam keterangannya, kemarin.

Penghargaan selanjutnya adalah Corporate Image Award 2019 dari majalah Marketing & lembaga survey Frontier, yang melakukan pengukuran terhadap 4 dimensi meliputi Quality, Performance, Responsibility dan Attractiveness. Hasil penilaian untuk Kategori Total Asset di atas Rp 20 Trilliun, PT Asuransi Allianz Life Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang berhasil meningkatkan Corporate Image Index (CII)-nya sebelumnya masih dibawah 1, untuk saat ini menjadi di atas 1 atau di atas rata-rata industri dengan kategori “excellent”.

“Kami percaya bahwa customer centricity akan memberikan pengalaman positif bagi nasabah dalam mempertahankan posisi perusahaan di pasar dan mendapatkan keunggulan kompetitif. Customer centricity tidak hanya membantu Allianz membangun kepercayaan dan loyalitas nasabah, tetapi juga reputasi yang kuat,” kata Bianto Surodjo, Chief Partnership Distribution Officer saat mewakili perusahaan menerima penghargaan baru-baru ini.

BERITA TERKAIT

CIMB Niaga Dukung Nasabah Wujudkan Ide Sosial

    NERACA   Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali membuka pendaftaran kompetisi ide sosial bertajuk…

KNKS Dukung Penyusunan Roadmap Fintech Syariah

    NERACA   Jakarta - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) mendukung adanya rencana penyusunan peta jalan atau roadmap untuk…

Masalah Bumiputera dan Jiwasraya Diharapkan Segera Selesai

    NERACA   Jakarta - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengharapkan adanya solusi mendesak untuk mengatasi permasalahan likuiditas yang…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

CIMB Niaga Dukung Nasabah Wujudkan Ide Sosial

    NERACA   Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali membuka pendaftaran kompetisi ide sosial bertajuk…

KNKS Dukung Penyusunan Roadmap Fintech Syariah

    NERACA   Jakarta - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) mendukung adanya rencana penyusunan peta jalan atau roadmap untuk…

Masalah Bumiputera dan Jiwasraya Diharapkan Segera Selesai

    NERACA   Jakarta - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengharapkan adanya solusi mendesak untuk mengatasi permasalahan likuiditas yang…