Ford dan VW Jalin Kemitraan Baru Kembangkan Mobil Otonom

Produsen mobil AS Ford Motor Company akan menjalin kemitraan baru dengan pabrikan Jerman Volkswagen melalui pembentukan usaha patungan yang bernilai investasi miliaran dolar demi pengembangan mobil otonom dan kendaraan listrik.

Kolaborasi baru yang meneruskan kesepakatan Januari itu akan diumumkan dalam jumpa pers yang dihadiri oleh CEO dan Presiden Ford Jim Hackett serta CEO Volkswagen AG Herbert Diess di New York, demikian pernyataan resmi Ford, disalin dari laman Antara.

Kedua perusahaan itu belum bersedia memberikan penjelasan detil mengenai kemitraan mereka. Tapi, seorang eksekutifnya kepada NCBC mengungkapkan Volkswagen akan menyediakan Ford akses ke platform lusinan mobil listrik pabrikan Jerman itu yang akan dipasarkan dalam pertengahan dekade ke depan.

Volkswagen juga akan berinvestasi di Argo AI, perusahaan riset yang berbasis di Pittsburg dalam pengembangan kendaraan otonom. Ford telah menjadi pemimpin investor di Argo pada 2017 dengan total investasi mencapai satu miliar dolar AS.

Ford dan VW telah mendiskusikan cara-cara kerja sama dalam berbagai operasi bisnis selama lebih dari satu tahun. Pada Januari 2019. mereka mengumumkan kerja sama patungan yang fokus pada kendaraan komersial, termasuk pada model van Ford Transit. Dalam kesempatan itu, pemimpin kedua perusahaan mengonfirmasi mereka sedang mencari peluang-peluang kerja sama lainnya.

Sebelumnya, Volkswagen dan Ford selangkah lagi akan mencapai kesepakatan untuk bermitra dalam mengembangkan kendaraan swakemudi (self-driving) dan listrik, kata Kepala Eksekutif, Volkwagen pada Kamis.

Volkswagen dan pembuat mobil nomor dua di AS itu menandatangani kesepakatan pada Maret untuk mengembangkan truk pikap, dan telah dalam pembicaraan untuk memperluas aliansi mereka terkait kemudi otonom dan mobilitas, termasuk soal Ford menggunakan platform kendaraan elektrik VW.

Pembicaraan berjalan dengan baik dan hampir selesai, kata CEO VW Herbert Diess kepada sekitar 500 dari manajer puncak perusahaan dari seluruh dunia yang berkumpul di kantor pusatnya di Wolfsburg, demikian dilansir Reuters. "Diskusi berjalan produktif di sejumlah bidang," kata seorang juru bicara dalam pernyataan dalam surat elektronik.

Para pembuat mobil kini berupaya mencari kemitraan dan aliansi guna berbagi biaya untuk pindah ke teknologi bersih, serta menghemat miliaran dolar. Volkswagen memandang hubungannya dengan Ford strategis dan sangat penting untuk menyeimbangkan kepentingan regionalnya.

Sementara itu, Tiga pabrikan besar otomotif meliputi General Motors (GM), Ford, dan Toyota, membentuk konsorsium yang akan menyusun standar keselamatan mobil swakemudi, kemudian diajukan kepada pemerintah Amerika Serikat (AS) sebagai rujukan peraturan baru.

"Untuk mempercepat pengembangan standard yang dapat mengarah pada pembuatan peraturan," kata Pimpinan Teknologi Kendaraan Otonom Ford, Randy Visintainer, dilansir Reuters, disalin dari laman Antara.

GM, Ford, dan Toyota mengumumkan melalui pernyataan bersama bahwa mereka bergabung dengan Society of Automotive Engineers (SAE) International untuk membuat "panduan dasar keselamatan kendaraan swakemudi yang menginformasikan pengembangan sesuai standard."

Pengambil kebijakan di AS berupaya menciptakan aturan tentang swakemudi. Sedangkan negara-negara lainnya ikut memantau perkembangan teknologi itu sebelum menciptakan peraturan terkait mobil otonom itu.

BERITA TERKAIT

Presiden Diminta Cermat dan Hati-Hati Pilih Menteri

NERACA Jakarta - Pengamat hukum tata negara dari Universitas Jember Bayu Dwi Anggono berpendapat Presiden Joko Widodo harus berhati-hati dan…

Badan Riset Dorong Prioritas Riset dan Inovasi Lebih Terarah

    NERACA   Jakarta - Wakil Direktur Indonesian Medical Education Research Institute (IMERI) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI)…

Murk Hidde Jabat Presdir Baru Multi Bintang

NERACA Jakarta – Berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB), PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) memutuskan untuk…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Sampai Akhir 2019, Ferrari akan RIlis Tiga Model Baru

Pimpinan Ferrari, Louis Camilleri, mengonfirmasi bahwa masih ada tiga model baru yang akan diluncurkan hingga akhir tahun ini, sebagai bagian…

Diluncurkan, Range Rover Evoque Generasi Kedua

PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) sebagai agen pemegang merek Jaguar Land Rover (JLR) nd Rover di Indonesia paIndonesia meluncurkan generasi…

Jelang HUT RI, AHM Rilis Scoopy Merah Putih

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan Honda Scoopy dengan balutan warna baru merah putih untuk varian stylish, jelang peringatan HUT…