Meski Mini, Tetap Bisa Privasi

Meski ruangan tipe studio terbilang mini alias kecil, tetapi Anda bisa membuat area privasi juga, lho. . Jika privasi adalah masalah utama buat anda, tidak ada salahnya menambahkan tirai berwarna terang atau blind (horizontal atau vertical blind). Menggunakan tirai semacam ini akan membuat ruangan apartemen justru mendapatkan penyinaran alami yang cukup sambil tetap menjaga privasi anda.

Cerahkan pula apartemen mungil Anda dengan kombinasi antara bukaan jendela dan beberapa buah cermin. Letakkan cermin kaca tepat di depan jendela untuk memberikan suasana ruangan yang terang sekaligus memberi kesan lapang dan luas.

Untuk membuat ruangan tetap lega, usahakan jangan terlalu banyak meletakkan perabot atau perkakas di dalam ruang yang akan membuat floor space menjadi berkurang. Jika mungkin gantung sebanyak mungkin perabot di dinding ruangan. Gunakan ambalan (yang ditanam di dinding ruangan), mounted TV stand, bookcase, dsb untuk menjaga ruangan tetap terasa lega dan nyaman. Anda bisa membuat mounted wall unit yang mengakomodasi TV, DVD, rak buku, rak pajangan dan kabinet sehingga semua perabot atau peralatan anda terkonsentrasi pada satu bidang dinding.

Bayangkan jika anda menggunakan furnitur konvensional, anda butuh banyak sekali furnitur untuk berbagai fungsi. Semakin banyak furnitur di dalam ruangan mungil apartemen tipe studio Anda, bakal membuat Anda seperti tinggal di dalam gudang penyimpanan barang bekas.

Yang juga mempengaruhi kesan nyaman apartemen tipe studio adalah pemilihan cat warna. Coloring sangat mempengaruhi nuansa didalam ruangan. Peraturan ini tak hanya berlaku bagi apartemen tipe studio yang kecil, rumah mungil pun juga, karena pemilihan warna akan mempengaruhi ilusi mata yang memandangnya.

Warna terang terkesan ‘menjauh’ sehingga membuat ruang terkesan besar dan luas. Warna gelap terkesan ‘mendekat’ dan membuat ruangan terkesan sempit. Selain itu, warna gelap juga menyerap cahaya, hal ini harus diperhatikan terutama jika apartemen tipe studio Anda hanya sedikit sekali mendapat cahaya alami di siang hari.

Untuk menghemat biaya, gunakan satu warna pada ruangan utama. Misalnya, putih atau kuning gading. Jika terdapat kamar mandi, bisa Anda cat dengan warna yang lebih seru seperti electric blue. Usahakan warna dinding juga disesuaikan dengan furnitur dan aksesoris rumah sehingga bisa menimbulkan ilusi optik yang manis.

Related posts