Portal Penebar Virus Positif - InspireCast :

NERACA

InspireCast, sebuah portal yang menjadi sumber inspirasi dan dorongan bagi masyarakat untuk bergerak membangun Indonesia yang lebih baik

Dewasa ini begitu banyak berita yang disajikan oleh media massa seperti radio, televisi, media cetak, dan internet. Namun sangat disayangkan, umumnya berita yang diangkat didominasi dengan berita yang terkesan negatif, kekerasan sehingga dapat membuat seseorang yang melihatnya menjadi pesimis.

Sebagian berita negatif memang perlu untuk diketahui masyarakat luas, namun media juga memiliki tanggung jawab dalam mendidik dan membangun masyarakat. Salah satunya dapat dilakukan dengan menyeimbangkannya dengan konten berita ataupun program-program yang positif, yang dapat menumbuhkan sifat optimisme ditengah masyarakat.

Pendiri sekaligus pemimpin InspireCast Iman Usman mengatakan bahwa dirinya percaya dengan masih banyaknya orang-orang hebat, yang mengalami kisah hidup dan dan menghasilkan karya luar biasa. Namun, sayangnya cerita tentang mereka masih minim untuk diangkat karena tertutup oleh maraknya berita negatif yang banyak beredar.

“Episode-episode InspireCast tidak hanya berisi kisah-kisah yang inspiratif, kami juga berbagi ide dan tips menarik diberbagai bidang kehidupan. Dengan menghadirkan cerita, pengalaman, pelajaran penuh makna, dan mendorong kemajuan. Diharapkan InspireCast dapat menjadi sumber inspirasi dan dorongan bagi masyarakat untuk bergerak membangun Indonesia yang lebih baik,” kata dia.

InspireCast adalah sebuah website dengan alamat www.ispire-cast.com, yang berisi konten utama berupa padcast atau serial rekaman video dengan durasi ± 20-30 menit yang bisa didengarkan langsung dan ataupun di unduh oleh pengunjung website. Setiap minggunya, yakni setiap hari minggu, akan diluncurkan podcast dengan berbagai topik menarik dan inspiratif dari narasumber terkenal maupun dari kalangan masyarakat umum.

Isi padcast adalah rekaman obrolan Marshanda dan Iman yang mengangkat kisah-kisah inspiratif narasumber. Narasumber berasal dari berbagai kalangan, baik yang dikenal masyarakat luas maupun yang tidak, dimana mereka memiliki kisah pribadi, hasil karya menarik, atau tips-tips penuh inspirasi yang menarik untuk dikupas.

Tak hanya itu, pengunjung website ini juga dapat terlibat aktif dalam website ini dan bergabung dengan komunitas InspireCast, mengirim cerita, berbagi pengalaman, ataupun memberikan tips-tips inspiratif dalam bentuk tulisan, audio maupun video.

Pendiri sekaligus pemimpin redaksi Andriani Marshanda mengatakan bahwa setiap orang bisa menginspirasi orang lain. “Oleh karena itu kami menyebut pendengar siaran kami dengan sebutan InspireCasters, dan ingin membangun identitas mereka sebagai komunitas yang responsif. Para InspireCasters dapat saling menstimulasi ide, motivasi, dan pergerakan kearah yang lebih baik, baik bagi diri mereka sendiri maupun kepada lingkungan atau masyarakat yang lebih luas,” kata Marshanda.

Psikolog dan salah satu pendiri Lembaga Bantuan Psikologi dan Mediasi S.A.T.U Consulting Treesye NRA Prawirosurojo, MA, MFCC menjelaskan, InspireCast bersifat user-graduated conten artinya siapa saja dapat terlibat. Sifatnya sangat experential dan engaging, siapa saja dapat mengunduh dengan mudah. Portal ini menjadi salah satu sumber untuk mendapatkan motivasi dan sangat membangun mental anak muda agar lebih semangat dan terus berkarya di tengah pemberitaan-pemberitaan yang banyak mendominasi masyarakat akhir-akhir ini.

“Manusia memiliki kekuatan untuk mengajak siapapun dalam mengembangkan daya lentur (resiliensi) agar dapat menjalani kehidupannya dan kembali tegar dari posisi terpuruk,” kata dia.

Menurut Treesye, jika seseorang menerima hal-hal yang positif maka akan tersimpan dalam bawah sadarnya. “Bayangkan, jika hal ini berkelanjutan secara terus menerus maka akan membuat orang yang menerima saran-saran positif bisa bangkit dari keterpurukan. Inilah yang disebut dengan menyebarkan virus positif,” tambah Treesye.

Setiap pengguna InspireCast juga dapat melakukan diskusi dalam forum-forum yang telah disediakan dan dapat diakses dengan mudah. Selain itu, InspireCast tidak membatasi gerakannya hanya pada kelompok usia, latar belakang adat, agama, ataupun kelompok tertentu. Platform ini terbuka bagi siapapun. “Namun kami membidik kelompok muda dan pengguna internet aktif sebagai sasaran utama,” tambah iman.

Galang Partisipasi

Terdapat begitu banyak kisah serta latar belakang hidup yang dapat menjadi inspirasi bagi sesama. Namun sangat disayangkan bahwa hal ini kurang mendapat perhatian utama di media. Inilah yang mendorong seorang selebriti Andriani Marshanda dan aktivis pemuda yang juga pendiri Indonesian Future Leaders Iman Usman yang juga didikung oleh sekelompok anak muda dengan komitmen sama untuk mendirikan www.inspire-cast.com, sebuah portal khusus untuk menyebarkan kisah positif tersebut.

“setiap orang dapat menjadi pembawa berita gembira bagi sesamanya. Terdapat beragam kisah di masyarakat yang dapat bermanfaat serta memberikan motivasi bagi orang lain untuk berkarya dan lebih optimis dalam memandang hidup. Inilah yang menjadi salah satu latarbelakang Marshanda dan saya mendirikan InspireCast,” kata Iman.

Didasari oleh perasaan kagum pada beragam kegiatan serta inisiatif iman dalam bidang sosial dan kepemimpinannya, Marshanda yang memiliki keinginan untuk menciptakan sebuah karya yang bermanfaat bagi masyarakat melakukan pendekatan pribadi dan membagi visinya tersebut.

“Iman adalah contoh generasi muda yang proaktif dalam membangun bangsa kearah yang positif. Kegiatan kami di InspireCast adalah salah satu bentuk aktualisasi diri saya sebagai pribadi sosial yang ingin terlibat secara langsung dalam kegiatan sosial dan melihat dampak positif yang dihasilkannya,” kata selebriti yang lebih dikenal dengan paggilan Chacha ini.

Siapapun yang ingin terlibat bersama, bergerak menuju komunitas yang bertanggungjawab, serta ingin menyebarkan virus-virus positif dapat mengakses www.inspire-cast.com, dan menjadi pendengar setia setiap episode InspireCast. Dengan mendaftarkan diri di website tersebut dan terlibat aktif dalam diskusi online ataupun kegiatan offline.

Jika ingin memberikan cerita atau tips menarik dan inspiratif dalam bentuk audio, video, ataupun tulisan dapat dikirim melalui website atau ke email di cerita@inspire-cast.com. Kegiatan ini juga dapat dilakukan melalui pemanfaatan jejaring sosial. Dengan cara memfollow akun twitter di @inspire_cast untuk terlibat dalam diskusi-diskusi di ranah twitter.

Tak berhenti disitu, setiap InspireCasters dapat berbuat lebih yaitu dengan menjadi relawan ataupun donatur dari aksi sosial yang dikelola oleh InspireCast.

Related posts