Kinerja PDAM Kota Depok Melesat 1000 Persen

Kinerja PDAM Kota Depok Melesat 1000 Persen

NERACA

Depok - ‎Meski baru berusia enam tahun Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok, upaya untuk meningkatkan layanan publik dalam pemenuhan air minum, ternyata mampu melesat naik hinga mencapai 1000 persen lebih pada tahun 2019 ini. Bahkan juga telah mampu meluaskan pelayanannya di kawasan Barat Kota Depok yang selama ini hanya terlayani di kawasan Depok bagian Timur dan Tengah. Demikian rangkuman wawancara NERACA bersama Direktur Utama PDAM Tirta Asasta Kota Depok, H. Olik A Kholik dalam berbagai kesempatan di lapangan saat mengawasi perbaikan infrastruktur pipa air minum yang sudah tidak layak pakai lagi higiesnisnya di sekitar Balaikota Depok, baru-baru ini.

"Peningkatan tersebut juga terus diupayakan memaksimalkan kinerja layanan publik dalam berbagai sarana dan prasarana, untuk mendorong terwujudnya Kota Depok yang Serhat, Cerdas dan Ramah yang menjadi unggulan program dan misi Kota Depok yang Unggul Nyaman dan Religius,"‎ ujar Perintis berdirinya PDAM Kota Depok tanpa dikelola lagi oleh PDAM Kabuparen Bogor.

Menurut lulusan bersertifikat lisensi nasional spesialis air minum dan air bersih ini, PDAM Kota Depok juga telah mendapat penghargaan nasional dari kementerian terkait sebagai PDAM Terbaik bersama hanya beberapa kota lainnya di Indonesia."Semuanya itu karena Walikota sangat peduli akan pentingnya pemenuhan kebutuhan air bersih dan air minum bagi warga Depok," katanya.

Berdasarkan data dari Manager Humas PDAM Kota Depok,‎ awalnya yang dilayani pada tahun 2013 hanya sekitar 6000 pelanggan. Ini pun baru mampu dilayani terbatas di wilayah Sawangan.‎"Ketika diambil alih dari PDAM Kabupaten Bogor, tahun 2015, pelayanan naik menjadi sekitar 8000 pelanggan," ujar Dita, Manager PDAM Kota Depok.

Dijelaskan, sampai April 2019, jumlah pelanggan terus meningkat pesat hingga melesat menjadi sekitar 66 ribu pelanggan yang terdaftar.‎ Hal ini berarti, PDAM Depok mampu terus meningkatkan pelayanan selama enam tahun ini sekitar 1000 persen lebih.

Namun, menurut, H. Olik A Kholik, Dirut PDAM Kota Depok, capaian tersebut akan terus ditingkatkan, karena capaianya baru sekitar18,2 % dari jumlah penduduk Kota Depok pada saat ini sekitar 2 juta jiwa.

"Oleh sebab itu, selalu diupayakan berbagai kiat agar jumlah pelanggan yang dilayani terus meningkat‎. Diantaranya dengan memberikan diskon hingga 50 persen, bahkan pernah ada yang gratis. Selain itu juga membuka jaringan baru serta perbaikan jaringan yang sudah kadaluarsa tidak layak lagi higienisnya," tutur Olik.

Dikatakan, masyarakat Kota Depok umumnya memiliki tingkat kesibukan yang tinggi, sehingga membutuhkan waktu yang cepat dan effesien dalam dalam hal pelayanan. Untuk itu PDAM Tirta Asasta Kota Depok kini menyediakan layanan Pendaftaran Online yang dapat di akses melalui website resmi www.pdamdepok.co.id.

Sementara Manajer Pemasaran PDAM Tirta Asasta Imas Dyah Pitaloka mengatakan, tersedianya layanan pendaftaran online ini diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat Kota Depok yang ingin mendaftarkan diri sebagai pelanggan PDAM Tirta Asasta Kota Depok."Dengan pendaftaran online tersebut, calon pelanggan tidak perlu mendatangi Kantor PDAM Tirta Asasta Kota Depok untuk melakukan pendaftaran," katanya.

Bahkan, lanjutnya, pembayarannya pun dapat diakses melalui ATM Transfer, Online Shop maupun toko waralaba yang sudah bekerjasama dengan PDAM Tirta Asasta Kota Depok."Kita selalu berupaya terus berupaya tingkatkan pelayanan agar warga Kota Depok terlayani air bersih dan air minum dengan maksimal‎," kata Imas kepada NERACA. Dasmir

 

BERITA TERKAIT

PHE ONWJ Raih 3 Penghargaan Dalam Ajang Global CSR and ESG Awards 2024

NERACA Jakarta - Atas komitmen menginisiasi program pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan lingkungan hidup yang sustain, PHE ONWJ sabet tiga penghargaan…

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

NERACA Jakarta – PNM hadir pada forum Asia-Pacific Economic Cooperation Small Medium Enterprises Working Group (APEC SMEWG), ajang yang menjadi…

Raih Award Pembangunan Ekonomi Daerah 2024: - Kota Depok Terbaik Indonesia Turunkan Kemiskinan

NERACA Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memasuki usia hari jadinya ke-25 pada 27 April 2024, kembali meraih prestasi spektakuler…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Daerah

PHE ONWJ Raih 3 Penghargaan Dalam Ajang Global CSR and ESG Awards 2024

NERACA Jakarta - Atas komitmen menginisiasi program pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan lingkungan hidup yang sustain, PHE ONWJ sabet tiga penghargaan…

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

NERACA Jakarta – PNM hadir pada forum Asia-Pacific Economic Cooperation Small Medium Enterprises Working Group (APEC SMEWG), ajang yang menjadi…

Raih Award Pembangunan Ekonomi Daerah 2024: - Kota Depok Terbaik Indonesia Turunkan Kemiskinan

NERACA Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memasuki usia hari jadinya ke-25 pada 27 April 2024, kembali meraih prestasi spektakuler…