Hawa Kebersamaan Momen Berbuka Puasa di Masjid Istiqlal

Ribuan jemaah memadati selasar utama Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (8/5) petang, bersiap untuk buka puasa bersama yang disediakan secara gratis oleh pengelola masjid. Ningsih (42), warga Ambon yang baru pindah ke Jakarta, memanfaatkan momen Ramadan ini untuk beribadah sekaligus berwisata religi bersama tiga orang anaknya di Masjid Istiqlal "Sengaja bawa anak-anak ke sini (Istiqlal) untuk belajar tentang berbagi dan kebersamaan saat Ramadan," kata Ningsih saat ditemui di Masjid Istiqlal, seperti yang dikutip dari Antara pada Jumat (10/5).

Ningsih dan ketiga putranya duduk terpisah dari ribuan jemaah yang sudah berdatangan sejak pukul 17.00 WIB. Mereka membawa sendiri menu berbuka yang dibeli dari salah satu restoran cepat saji.Tiga putra Ningsih, yakni Aldi (19), Aidil (8), dan Alfi (6) terlihat lahap menyantap menu berbuka berupa ayam goreng tepung dan nasi.

Dikatakan Ningsih, hari itu kebetulan ketiga putranya baru datang dari Ambon. Dia langsung membawanya ke Masjid Istiqlal sambil jalan-jalan sore mengenalkan ibu kota dan menikmati buka puasa bersama dengan warga Jakarta.

"Saya mau kasih ajar ke anak-anak saya, di Jakarta banyak orang mampu tapi tidak pelit, mau berbagi dengan yang lain, seperti Ramadan ini," kata Ningsih yang pindah ke Jakarta menemani suaminya yang dinas di Direktorat Bea Cukai."Ada rasa bangga juga bisa menikmati buka puasa bersama dan salat di masjidnya ibu kota negara, Jakarta gitu loh," lanjutnya sambil tersenyum.

Sementara itu, Aldi putra sulung Ningsih merasakan suasana berbeda saat buka puasa bersama di Masjid Istiqlal. Kesan yang dirasakannya adalah kebersamaan umat Islam yang begitu banyak. Terlihat saat kumpul berbuka puasa bersama. "Ini pengalaman pertama saya buka puasa di Istiqlal. Rasanya kagum aja, liat umat Islam bersama-sama menikmati buka puasa," kata Aldi yang merupakan lulusan SMA Negeri 1 Ambon.

Hampir setiap hari Masjid Istiqlal dipadati orang untuk ibadah atau wisata religi. Jumlahnya bertambah saat Ramadan, karena ada acara berbuka puasa bersama. Pengelola masjid menyediakan menu berbuka puasa gratis sebanyak 3.000 sampai 3.500 kotak.

Pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu, jumlah kotak yang disediakan bertambah sebanyak 4.000 kotak. Selain Ningsih, pengunjung Masjid Istiqlal lain juga datang dari berbagai daerah di luar Jakarta seperti Bogor, Depok, dan Tangerang.

Mereka ada yang jemaah masjid, ada juga musafir atau orang yang dalam perjalanan maupun tuna wisma dan kaum duafa. Bahkan ada juga warga negara asing yang kebetulan berkunjung ke Istiqlal. Rentang usia yang datang beragam, mulai dari tua, muda hingga balita yang dibawa oleh orang tuanya.

Alasan mereka datang beragam, ada yang memang berniat mau salat di Istiqlal, ada juga karena kebetulan lewat dan sudah mendekati waktu berbuka lalu singgah, namun ada juga yang datang setiap hari hanya untuk mendapatkan buka puasa gratis. "Semua yang datang kita bagi, tidak hanya untuk umat Islam saja, siapa pun yang datang. Pernah ada warga negara asing, bahkan ada yang hampir tiap hari datang sengaja untuk dapatkan buka gratis," kata Hasanuddin, Koordinator Takjil Masjid Istiqlal.

BERITA TERKAIT

Bank Banten Tingkatkan Kesadaran Berbagi Buka Puasa Bersama Yatim

Bank Banten Tingkatkan Kesadaran Berbagi Buka Puasa Bersama Yatim NERACA Serang - Puluhan anak yatim di Kota Serang diajak buka…

PRESIDEN HADIRI BUKA PUASA BERSAMA KADIN

Presiden Joko Widodo bersalaman dengan sejumlah anak yatim piatu saat menghadiri buka puasa bersama Kadin di Jakarta, Jumat (24/5). Kegiatan…

Berbagi Keberkahan di Ramadhan - MARK Buka Puasa Bersama Anak Yatim

NERACA Jakarta – Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, MARK kembali gelar buka puasa bersama anak yatim piatu dari panti…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Objek Wisata Sejarah di Peneleh yang Terabaikan

Peneleh merupakan salah satu kampung kuno di Surabaya yang sudah berusia ratusan tahun. Kampung ini menjadi saksi perjalanan Surabaya, bahkan…

Masjid Kesultanan Ternate Jadi Tujuan Wisatawan pada Ramadan

Masjid Kesultanan Ternate menjadi tujuan utama bagi wisatawan saat berkunjung di wilayah di Maluku Utara (Malut) pada Bulan Suci Ramadan.…

Menelusuri Sejarah Kampung Deret di Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi Kampung Deret, di Jalan Tanah Tinggi I, Johar Baru, Jakarta Pusat, pada Selasa (21/5), untuk…