Penataan Dinding, Ciptakan Kesan Luas

Jika anda ingin menciptakan sebuah ruang yang terkesan besar, jangan pernah membiarkan dinding rumah kosong melompong. Karena rumah tinggal tanpa interior dan pernak-pernik di dinding membuat suasana terasa sepi bahkan mungkin bisa dikatakan kosong. Namun sebaliknya, jangan membiarkan dinding rumah dipenuhi aneka macam pernak-pernik. Alih-alih ingin terkesan hangat dan homy, rumah anda malah bisa dikira ruang pamer gallery atau toko asesoris interior.

Dalam interior rumah, perlu memperhatikan pernak-pernik untuk dinding. Perlu juga anda ingat peruntukan ruang tersebut. Jangan pernah menganggap fungsi semua ruang sama dan anda bisa memasang pernik apa saja yang anda punya. Pada dasarnya pernik untuk interior dinding ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan apalagi ruang tidur sangat berbeda.

Ruang tamu adalah ruang istimewa dan benar-benar untuk menerima tamu. Anda bisa memasang point of interest berupa lukisan atau cermin besar di atas sofa panjang. Agar tampak cantik, pasanglah dengan ketinggian yang pas, yaitu tinggi garis atas pigura persis setinggi garis atas kusen pintu. Untuk kesan lebih hangat, berikan aksen pendamping yang sama di kiri kanan berupa sepasang lampu, sepasang pigura cermin bulat atau yang lain sesuai selera.

Seperti yang dilakukan oleh Ratna Listy. Hampir tidak ada dinding rumah yang "nganggur" karena penuh dipajang oleh foto keluarga dalam berbagai gaya. Bahkan, di ruang tamu, Ratna memajang beberapa portfolio cover majalah yang pernah memuat dirinya.

Jika ruang tamu anda berukuran kecil, janganlah mengambil focus of interest dalam bentuk besar, karena akan menyita ruangan anda dan kesannya ruangan jadi 'penuh'. Anda bisa menciptakan kesan ruang jadi lebih tinggi dengan menempatkan pernik interior berbentuk vertikal (bila memungkinkan). Sebaliknya, jika ruang tidak terlalu lebar, anda bisa mengkamuflasenya dengan memberikan aksen pernik interior dinding yang horizontal.

Lalu, bagaimana dengan ruang keluarga? Biasanya ruang keluarga sudah dipenuhi dengan perabot dan perangkat audiovisual. Anda harus ekstra hati-hati jika ingin menata dindingnya, agar tidak terlalu penuh dan malah terkesan berantakan.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan focus of interest di dinding ruang keluarga anda. Anda bisa memilih foto keluarga, jam dinding, lukisan atau pernak-pernik yang lain. Jangan lupa unsur penting yaitu aksen pendamping yang kecil dan dibuat simetri. Aksen pendamping ini bisa berupa lampu dinding kecil atau pernak-pernik koleksi keluarga.

Untuk kamar tidur, anda bisa memajang foto-foto pribadi anda di meja maupun furniture lainnya. Namun jika anda tidak ingin menata dinding ruang kamar dengan gambar-gambar pribadi, anda bisa letakkan barang yang menyejukkan di atas tempat tidur. Seperti lukisan alam atau kerajinan kain tenun Silungkang yang dipigura. Lukisan atau kain ini akan memberikan efek sejuk buat yang tidur di bawahnya.

Anda juga bisa menambahkan aksen pendamping sepasang nakhas di kedua sisi tempat tidur sebagai tempat sepasang lampu kecil dan gambar-gambar pribadi atau gambar keluarga anda. Aksen-aksen pendamping ini akan membuat suasana ruang anda terasa lebih nyaman dan menenangkan.

Related posts