Kamar Mandi : Kepribadian Sebuah Rumah

NERACA

Jika sebagian orang tidak terlalu memberi konsep yang jelas pada area kamar mandi, lain hal nya dengan Shahnaz Haque. Selebriti yang kini aktif sebagai presenter ini punya penataan yang direncanakan dengan matang untuk ruang kamar mandinya.

Menurut Shahnaz, “kepribadian” sebuah rumah terlihat dari seseorang membangun dan mengembangkan kamar mandi.

“Jadi kamar mandi juga harus dipikirkan mulai dari pemilihan kloset, keramik lantai, keramik dinding dan sebagainya,” jelas artis yang juga enterpreneur ini.

Kamar mandi adalah ruang yang sensitif dan pribadi, karenanya penanganannya pun harus dengan hati. “Tata ruangnya harus apik, nyaman, menarik dan lucu. Hal ini bisa membuat Anda betah berlama-lama di kamar mandi. Jadi ruang tersebut tidak hanya digunakan untuk fungsi utama saja. Bahkan beberapa inspirasi bisa datang dari kamar mandi yang baik, hehe,” gelak Shahnaz.

Ada salah satu kamar mandi Shahnaz yang ditata natural lengkap dengan bebatuan untuk lantainya. Konsep ini sesuai dengan semangat eco-friendly yang diusung Shahnaz dalam pengembangan rumahnya. Selain itu, jangan lupakan sirkulasi udara yang baik serta tata cahaya yang cukup di tempat ini. “Kalau sirkulasinya kurang baik maka udara kotor tidak akan keluar. Kamar mandi jadi apek dan menimbulkan bau yang tidak sedap lainnya,” tuturnya.

Sebenarnya ide menata kamar mandi sangatlah banyak dan bisa disesuaikan dengan besar-kecilnya ruangan. Bila area ini kecil, ada beberapa trik untuk membuatnya menjadi terlihat sedikit lapang. Pilih warna lembut untuk dekorasi dinding, lantai atau cat dan berikan sentuhan warna senada yang lebih terang. Misalnya, jika dinding atau lantai berwarna hijau toska yang lembut, Anda bisa menggunakan warna hijau tua sebagai aksentuasi. Selain itu, tambahkan cermin di dalam kamar mandi agar terlihat luas dan batasi menaruh perlengkapan mandi di dalam kamar mandi Anda. Untuk mengakali penambahan cahaya, bisa menambahkan jendela maupun skylight seperti yang digunakan Shahnaz untuk ide kamar mandinya.

Setelah mendesain kamar mandi, jangan sampai melewatkan perawatannya. Kamar mandi sebagus apapun konsepnya akan terlihat jorok bila tidak dirawat. Bukan hanya kloset, tetapi seluruh bagian termasuk lantai, dinding, langit-langit, bak mandi jika masih ada yang menggunakan bak mandi, shower, gantungan pakaian hingga tempat untuk menaruh peralatan mandi.

"Semua harus dibersihkan dengan seksama agar kamar mandi terlihat resik dan tidak jorok,” urai Shahnaz panjang lebar. Kamar mandi merupakan area yang tingkat kelembapannya tinggi, maka menjadi potensial untuk tempat berkembangnya lumut dan jamur.

Paling tidak, Shahnaz membersihkan kamar mandinya seminggu dua kali untuk mencegah perkembangan jamur dan lumut tadi.

“Pembersihannya sesuai dengan kondisi juga. Perangkat pembersih kamar mandi kan dibuat dari bahan kimia keras yang kurang baik juga untuk tubuh. Ada pula yang justru menghancurkan piranti kamar mandi Anda. Jadi tak perlu dibersihkan setiap hari. Disesuaikan saja. Misalnya, jika merasa lantai sudah licin, maka sudah waktunya Anda menyikat kamar mandi,” terangnya.

Related posts