Penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya

Meski sekarang smartphone Android sudah dibekali dengan spesifikasi tinggi dan RAM yang besar, tapi masih saja ada keluhan kinerja smartphone yang lemot. Apakah memang smartphone Android itu gampang lemot, atau ada faktor lain yang menjadi penyebab smartphone lemot? Tentu ada. Biar gak penasaran, berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan smartphone jadi lemot dan bagaimana mengatasinya ;

1. Dipaksa Bekerja Kelewat Batas

Sama seperti manusia, smartphone juga memiliki batas kemampuan dalam bekerja. Pengoperasian suatu program secara berlebih yang melewati batas spesifikasi smartphone kamu tentu merupakan salah satu penyebab smartphone menjadi lemot dan lelet.

Misal smartphone kamu RAM-nya 1GB, digunakan untuk menjalankan game yang memiliki spesifikasi minimal RAM 1GB. Selain itu, kamu juga sebaiknya tidak membiasakan untuk membuka aplikasi berat secara terus menerus.

2.. Cache Menumpuk

Pada dasarnya cache pada smartphone ini berguna untuk mempercepat proses jalannya aplikasi di kemudian hari. Tapi jika dibiarkan menumpuk selama berhari-hari tanpa dibersihkan, jelas akan membebani memori smartphone kamu sehingga menjadi penyebab smartphone lemot.

Biasakan Clear Cache secara berkala lewat menu Settings - Storage untuk memberikan ruang kosong pada memori smartphone kamu.

3. Memori Internal Penuh

Salah satu dampak yang diberikan oleh menumpuknya cache smartphone adalah memori internal jadi penuh. Karena penuh, kamu jadi tidak leluasa menjalankan suatu aplikasi.

Saat memori internal penuh, aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone kamu akan kesulitan untuk menyimpan data baru, sehingga berakibat pada lemotnya smartphone.

Agar memori internal smartphone kamu tidak cepat penuh, hapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai di smartphone kamu. Serta jangan lupa manfaatkan slot MicroSD untuk menambahkan memori eksternal untuk menyimpan foto dan video serta file musik di smartphone.

4. Aplikasi Menumpuk di Background

Hal lain yang membedakan smartphone dengan featured phone adalah kemampuan multitasking-nya. Di smartphone Android kita bisa dengan mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang telah dibuka sebelumnya lewat menu Recent Apps. Namun resikonya RAM smartphone jadi terkonsumsi.

Semakin banyak aplikasi yang ditumpuk di Recent Apps, semakin banyak RAM yang dikonsumsi oleh aplikasi yang running in background. Untuk menghentikannya, sebaiknya kamu Force Stop atau Disable aplikasi yang tidak digunakan lewat menu Settings - Applications.

5. Software Tertinggal

Pengembang secara rutin menggulirkan pembaruan untuk aplikasi-aplikasi yang mereka kembangkan. Jika kamu masih menggunakan software dengan versi lama, jelas akan terasa lemot.

Bukan hanya aplikasi, tapi juga sistem operasi. Selalu rutin cek update aplikasi dan sistem operasi terbaru agar smartphone kamu tidak lemot.

BERITA TERKAIT

LIPI: Konservasi Lingkungan Perlu Komitmen dan Penegakan Hukum

LIPI: Konservasi Lingkungan Perlu Komitmen dan Penegakan Hukum NERACA Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menuturkan konservasi lingkungan memerlukan…

Launching New Brand Image, Finnet dan Finpay, Spirit of Millennials

Launching New Brand Image, Finnet dan Finpay, Spirit of Millennials NERACA Yogyakarta - Tiga belas tahun Finnet telah berkecimpung dalam…

Soal Anak Usaha Baru Jiwasraya - BTN Masih Timang Valuasi dan Prospek

NERACA Jakarta –Sukses mengakuisisi 30% saham PT Permodalan Nasional Madani Investment Management (PNMIM), memacu pengembangan bisnis PT Bank Tabungan Negara…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

HTSnet Sediakan layanan Internet Murah Untuk UKM

PT Hawk Teknologi Solusi (HTSnet)  menyediakan layanan internet Turbo Fiber yang ditujukan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat membantu…

Software Bajakan Disebut Sulit Dibrantas di Indonesia

Maraknya penggunaan software tidak berlisensi atau bajakan untuk kebutuhan bisnis maupun perorangan sudah semakin meresahkan. Berdasarkan data dari BSA I…

Jelang Pilpres, 771 Konten Hoax Warnai Dunia Maya

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)mengidentifikasi 771 hoax pada periode Agustus 2018 hingga Februari 2019 di jagat maya, paling banyak berkaitan…