Penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya

Meski sekarang smartphone Android sudah dibekali dengan spesifikasi tinggi dan RAM yang besar, tapi masih saja ada keluhan kinerja smartphone yang lemot. Apakah memang smartphone Android itu gampang lemot, atau ada faktor lain yang menjadi penyebab smartphone lemot? Tentu ada. Biar gak penasaran, berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan smartphone jadi lemot dan bagaimana mengatasinya ;

1. Dipaksa Bekerja Kelewat Batas

Sama seperti manusia, smartphone juga memiliki batas kemampuan dalam bekerja. Pengoperasian suatu program secara berlebih yang melewati batas spesifikasi smartphone kamu tentu merupakan salah satu penyebab smartphone menjadi lemot dan lelet.

Misal smartphone kamu RAM-nya 1GB, digunakan untuk menjalankan game yang memiliki spesifikasi minimal RAM 1GB. Selain itu, kamu juga sebaiknya tidak membiasakan untuk membuka aplikasi berat secara terus menerus.

2.. Cache Menumpuk

Pada dasarnya cache pada smartphone ini berguna untuk mempercepat proses jalannya aplikasi di kemudian hari. Tapi jika dibiarkan menumpuk selama berhari-hari tanpa dibersihkan, jelas akan membebani memori smartphone kamu sehingga menjadi penyebab smartphone lemot.

Biasakan Clear Cache secara berkala lewat menu Settings - Storage untuk memberikan ruang kosong pada memori smartphone kamu.

3. Memori Internal Penuh

Salah satu dampak yang diberikan oleh menumpuknya cache smartphone adalah memori internal jadi penuh. Karena penuh, kamu jadi tidak leluasa menjalankan suatu aplikasi.

Saat memori internal penuh, aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone kamu akan kesulitan untuk menyimpan data baru, sehingga berakibat pada lemotnya smartphone.

Agar memori internal smartphone kamu tidak cepat penuh, hapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai di smartphone kamu. Serta jangan lupa manfaatkan slot MicroSD untuk menambahkan memori eksternal untuk menyimpan foto dan video serta file musik di smartphone.

4. Aplikasi Menumpuk di Background

Hal lain yang membedakan smartphone dengan featured phone adalah kemampuan multitasking-nya. Di smartphone Android kita bisa dengan mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang telah dibuka sebelumnya lewat menu Recent Apps. Namun resikonya RAM smartphone jadi terkonsumsi.

Semakin banyak aplikasi yang ditumpuk di Recent Apps, semakin banyak RAM yang dikonsumsi oleh aplikasi yang running in background. Untuk menghentikannya, sebaiknya kamu Force Stop atau Disable aplikasi yang tidak digunakan lewat menu Settings - Applications.

5. Software Tertinggal

Pengembang secara rutin menggulirkan pembaruan untuk aplikasi-aplikasi yang mereka kembangkan. Jika kamu masih menggunakan software dengan versi lama, jelas akan terasa lemot.

Bukan hanya aplikasi, tapi juga sistem operasi. Selalu rutin cek update aplikasi dan sistem operasi terbaru agar smartphone kamu tidak lemot.

BERITA TERKAIT

Relasi Pasar Domestik dan Pasar Internasional

Oleh: Fauzi Aziz Pemerhati Ekonomi dan Industri   Fenomena globalisasi dan liberalisasi yang ditopang oleh sistem ekonomi digital yang marak…

Rig Tender dan Petrus Sepakat Berdamai

Perkara hukum antara PT Rig Tenders Indonesia Tbk (RIGS) dengan PT Petrus Indonesia akhirnya menemui kata sepakat untuk berdamai. Dimana…

BPOM Perketat Aturan Perdagangan Obat dan Kosmetik Daring

BPOM Perketat Aturan Perdagangan Obat dan Kosmetik Daring NERACA Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan memperketat aturan…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Oppo R17 Pro Resmi Diluncurkan

Oppo akhirnya resmi memperkenalkan smartphone perdananya yang rilis tahun ini untuk pasar Indonesia, yakni R17 Pro. Sesuai namanya, smartphone ini…

Siap-Siap Smartphone Generasi 5G Bakal Bermunculan di Tahun 2019

Pembuat chip asal Amerika, Qualcomm, mengumumkan bahwa lebih dari 30 perangkat 5G, yang sebagian besar adalah smartphone, akan meluncur pada…

Asus Keluarkan Produk Laptop Khusus UKM

Di akhir tahun 2018, ASUS memperkenalkan produk laptop teranyarnya ASUSPRO P1440U, sebuah laptop baru yang dirancang khusus untuk pelaku usaha…