Palapa Ring Ditergetkan Rampung Pertengahan Tahun Depan

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, pemerintah membangun fasilitas-fasilitas penunjang agar dapat dimanfaatkan masyarakat khususnya generasi muda untuk mengembangkan startup. Salah satunya, pemerintah menargetkan pembangunan Palapa Ring yang dapat selesai pada pertengahan tahun depan. "Jadi semua Kabupaten tahun 2019 pertengahan itu sudah harus terhubung dengan jaringan tulang punggung broadband atau internet kecepatan tinggi," katanya.

Selanjutnya, pemerintah juga menargetkan membuat 1.000 startup digital dalam salah satu gerakan nasionalnya. Untuk itu, pemerintah memfasilitasinya dengan membantu mengembangkan 20.000 digital talent untuk mendorong terciptanya startup baru. "Karena kalau tidak kita ini terlambat karena talent itu menjadi isu utama dalam pengembangan ekonomi digital dan kita juga dorong terjadinya unicorn-unicorn yang baru," ucapnya.

Selain itu, hingga saat ini baru empat unicorn yang berhasil dicetak dan terbukti sukses di era pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla yaitu, Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak. Keempat unicorn ini seluruhnya diciptakan oleh generasi muda yang mampu memanfaatkan permasalahan di Indonesia menjadi sebuah start up yang inovatif.

Namun, pemerintah merasa tidak puas dengan capaian ini karena melihat dengan kondisi dan banyaknya permasalahan di Indonesia berpeluang melahirkan unicorn-unicorn baru di tahun mendatang. Untuk itu, pemerintah beserta ekosistem unicorn yang telah ada berusaha mendorong terciptanya unicorn baru. "Targetnya di tahun 2019 ada lima, ini (sekarang) ada empat. Jadi tinggal satu. Saya sih mudah-mudahan ada satu lagi jadi lebih dari lima tahun 2019 akhir nanti," kata dia.

Upaya-upaya pemerintah ini untuk menyambut tahun 2030 karena Indonesia akan berada di puncak bonus demografi sehingga pertumbuhan ekonomi akan meningkat. Bahkan, menurutnya, ekonomi Indonesia pada tahun tersebut akan setara dengan ekonomi seluruh negara Asean. "Ekonomi Indonesia tahun 2030 perkiraannya sama dengan seluruh negara Asean ekonominya sama dengan ekonomi Indonesia tahun 2030," tuturnya.

Seperti diketahui, Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.

Dan bicara sejarah, “Palapa Ring” Terinspirasi oleh sejarah bangsa, pemerintah Indonesia menggunakan sebagai nama proyek pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung bagi telekomunikasi nasional. Cikal bakal dari Palapa Ring adalah ”Nusantara 21” yang merupakan proyek awal pemerintah pada 1998. Namun, krisis ekonomi yang melanda Indonesia membuat proyek tersebut tidak berjalan. Januari 2005, pada ajang Infrastructure Summit I, wacana pembangunan infrastruktur telekomunikasi kembali mencuat ke permukaan.

Setelah Nusantara 21 tenggelam, muncul ide Cincin Serat Optik Nasional (CSO-N) yang diprakarsai oleh PT Tiara Titian Telekomunikasi (TT-Tel). Aplikasi tersebut merupakan jaringan kabel kasar bawah laut berbentuk cincin terintegrasi berisi frekuensi pita lebar yang membentang dari Sumatera Utara hingga Papua bagian barat dengan perkiraan panjang sekitar 25.000 km. Setiap cincin akan meneruskan akses frekuensi pita lebar dari satu titik ke titik lainnya di setiap kabupaten. Akses tersebut akan mendukung jaringan serat optik pita lebar berkecepatan tinggi dengan kapasitas 300 gbps hingga 1.000 gbps di daerah tersebut.

Pemerintah kemudian memopulerkan gagasan tersebut dengan nama Palapa O2 Ring. Akan tetapi karena mirip dengan merek dagang salah satu ponsel, pemerintah mengubah nama proyek serat optik ini menjadi Palapa Ring.

BERITA TERKAIT

Kominfo Targetkan Kebijakan 5G Rampung Tahun Ini

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan akan merampungkan kebijakan 5G tahun ini. “Tahun ini harus sudah keluar kebijakannya karena kita…

Kemenkes: Tender Obat HIV Dimulai Bulan Depan

Kementerian Kesehatan mengatakan tender obat-obatan antiretroviral (ARV) bagi pasien HIV akan dimulai kembali pada bulan depan. Cadangan obat pun disebut…

E-Bookbuilding Rampung Tengah Tahun - Peran BEI Masih Menunggu Arahan OJK

NERACA Jakarta – Mendorong percepatan modernisasi pelayanan pasar modal di era digital saat ini, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Xiaomi Redmi Note 7 Resmi Diluncurkan

Xiaomi Redmi Note 7, smartphone pertama buatan sub-brand 'Redmi by Xiaomi' baru saja meluncur di Tiongkok. Dari segi desain, Redmi…

Kominfo Targetkan Kebijakan 5G Rampung Tahun Ini

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan akan merampungkan kebijakan 5G tahun ini. “Tahun ini harus sudah keluar kebijakannya karena kita…

Oppo R17 Pro Resmi Diluncurkan

Oppo akhirnya resmi memperkenalkan smartphone perdananya yang rilis tahun ini untuk pasar Indonesia, yakni R17 Pro. Sesuai namanya, smartphone ini…