Volvo Kenalkan Purwarupa Truk Swakemudi Tanpa Kabin

Volvo Truck mengungkap purwarupa kendaraan niaga berpenggerak semi-elektrik berteknologi swakemudi tanpa kabin pengemudi yang dinamai Volvo Vera, sebagaimana disalin dari Antara. Perusahaan yang terpisah dari Volvo Cars itu mendesain Vera dengan tampilan futuristik, tanpa kabin supir dan kap mesin terlihat seperti sedan, namun mampu menarik beban berat berjumlah besar untuk keperluan pelabuhan hingga konstruksi.

Vera dirancang sesuai dengan ukuran trailer, kendati lebih jauh lebih kompak karena tidak menggunakan kabin pengemudi. Semua fitur itu dilengkapi sensor swakemudi yang dipantau melalui pusat kontrol transportasi.

Semua sistem itu dirancang guna menjamin pergerakan Vera dapat terkontrol, bahkan hingga hitungan sentimeter. Mobil ini memiliki sensor untuk memantau detail lalulintas, menganalisa pengguna jalan lain, kemudian memberikan respon dengan akurasi tinggi.

Pusat kontrol transportasi akan meninjau truk saat berjalan, sambil mengawasi kondisi kendaraan secara akurat antara lain pengisian daya baterai, barang yang dimuat, dan sejumlah parameter lainnya.

Mobil ini diklaim memiliki kecepatan untuk memberikan efisiensi waktu demi keperluan industri logistik. Truk ini juga tidak mengeluarkan suara bising seperti kendaraan niaga bermesin diesel. "Semuanya menunjukkan bahwa kebutuhan global untuk transportasi akan terus meningkat signifikan dalam dekade mendatang," kata Presiden Volvo Trucks Claes Nilsson.

"Sistem transportasi yang kami kembangkan dapat menjadi pelengkap penting untuk solusi saat ini dan membantu memenuhi banyak tantangan yang dihadapi masyarakat, perusahaan transportasi, dan pembeli transportasi," tambah Claes Nilson.

Kendati demikian, Volvo Vera masih dalam bentuk purwarupa dan belum diumumkan kapan akan diproduksi secara massal. Vera akan menjadi pesaing truk listrik Tesla Semi, demikian dikutip berbagai sumber.

Belum lama ini, Volvo mengumumkan satu inovasinya dalam “kegaduhan” teknologi mobil swakemudi, dengan menghadirkan Volvo 360c concept, mobil tanpa pengemudi yang bisa menjadi kantor bergerak, ruang istirahat, bahkan rumah bagi pemiliknya.

Menempuh perjalanan jauh tanpa mengantre dan menunggu di bandara serta suara bising pesawat, dengan mobil ini Anda bisa naik kabin pribadi kelas satu milik Anda sendiri, demikian mengutip pernyataan resmi Volvo.

Mobil ini merupakan bentuk visi perjalanan otonom Volvo Cars, pandangan menyeluruh masa depan perjalanan yang otonom, (bertenaga) listrik, terhubung, dan aman. Ini sekaligus diharapkan bisa membuka pasar pertumbuhan baru bagi Volvo Cars dalam mobilitas masa depan yang nyaman.

Volvo 360c concept sepenuhnya otonom (driverless), tanpa roda kemudi, dan tata letak kursi penumpang baris dua dan tiga yang ditata ulang serta jauh dari desain konvensional mobil kebanyakan.

BERITA TERKAIT

OJK Buka Celah Obligasi Tanpa Penawaran

NERACA Jakarta – Dalam rangka menunjang pertumbuhan industri pasar modal, inovasi dan kemudahaan berinvestasi di pasar modal terus digalakkan Otoritas…

Amazon Ikut Tanam Modal Teknologi Swakemudi

Perusahaan e-commerce raksasa Amerika Serikat (AS), Amazon, mengikuti tren teknologi global di bidang mobil otonom (swakemudi) dengan menanamkan investasi 530…

Keuntungan Naik, Volvo Pertahankan Pusat Ekspor di China

Volvo Cars akan mempertahankan China sebagai lokasi pusat ekspor, setelah mencetak kenaikan keuntungan operasional sebesar 0,9 persen pada 2018, kata…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Diberi Kemudahan Perpajakan, Ekspor CBU Diperkirakan Terus Naik

Kementerian Perindustrian terus memacu industri otomotif di Indonesia gencar melakukan ekspor guna turut memperbaiki neraca perdagangan nasional. Langkah ini sesuai…

Honda Bocorkan Interior Purwarupa Mobil Listrik Terbaru

Menjelang peluncuran prototipe mobil listrik di ajang Geneva Motor Show pada 5 Maret 2019, Honda merilis sebuah foto yang memperlihatkan…

Suzuki All New Ertiga Diperkaya Sejumlah Fitur Baru

All New Ertiga yang diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 lalu, akan terlihat lebih menarik setelah PT Suzuki…