Volvo Kenalkan Purwarupa Truk Swakemudi Tanpa Kabin

Volvo Truck mengungkap purwarupa kendaraan niaga berpenggerak semi-elektrik berteknologi swakemudi tanpa kabin pengemudi yang dinamai Volvo Vera, sebagaimana disalin dari Antara. Perusahaan yang terpisah dari Volvo Cars itu mendesain Vera dengan tampilan futuristik, tanpa kabin supir dan kap mesin terlihat seperti sedan, namun mampu menarik beban berat berjumlah besar untuk keperluan pelabuhan hingga konstruksi.

Vera dirancang sesuai dengan ukuran trailer, kendati lebih jauh lebih kompak karena tidak menggunakan kabin pengemudi. Semua fitur itu dilengkapi sensor swakemudi yang dipantau melalui pusat kontrol transportasi.

Semua sistem itu dirancang guna menjamin pergerakan Vera dapat terkontrol, bahkan hingga hitungan sentimeter. Mobil ini memiliki sensor untuk memantau detail lalulintas, menganalisa pengguna jalan lain, kemudian memberikan respon dengan akurasi tinggi.

Pusat kontrol transportasi akan meninjau truk saat berjalan, sambil mengawasi kondisi kendaraan secara akurat antara lain pengisian daya baterai, barang yang dimuat, dan sejumlah parameter lainnya.

Mobil ini diklaim memiliki kecepatan untuk memberikan efisiensi waktu demi keperluan industri logistik. Truk ini juga tidak mengeluarkan suara bising seperti kendaraan niaga bermesin diesel. "Semuanya menunjukkan bahwa kebutuhan global untuk transportasi akan terus meningkat signifikan dalam dekade mendatang," kata Presiden Volvo Trucks Claes Nilsson.

"Sistem transportasi yang kami kembangkan dapat menjadi pelengkap penting untuk solusi saat ini dan membantu memenuhi banyak tantangan yang dihadapi masyarakat, perusahaan transportasi, dan pembeli transportasi," tambah Claes Nilson.

Kendati demikian, Volvo Vera masih dalam bentuk purwarupa dan belum diumumkan kapan akan diproduksi secara massal. Vera akan menjadi pesaing truk listrik Tesla Semi, demikian dikutip berbagai sumber.

Belum lama ini, Volvo mengumumkan satu inovasinya dalam “kegaduhan” teknologi mobil swakemudi, dengan menghadirkan Volvo 360c concept, mobil tanpa pengemudi yang bisa menjadi kantor bergerak, ruang istirahat, bahkan rumah bagi pemiliknya.

Menempuh perjalanan jauh tanpa mengantre dan menunggu di bandara serta suara bising pesawat, dengan mobil ini Anda bisa naik kabin pribadi kelas satu milik Anda sendiri, demikian mengutip pernyataan resmi Volvo.

Mobil ini merupakan bentuk visi perjalanan otonom Volvo Cars, pandangan menyeluruh masa depan perjalanan yang otonom, (bertenaga) listrik, terhubung, dan aman. Ini sekaligus diharapkan bisa membuka pasar pertumbuhan baru bagi Volvo Cars dalam mobilitas masa depan yang nyaman.

Volvo 360c concept sepenuhnya otonom (driverless), tanpa roda kemudi, dan tata letak kursi penumpang baris dua dan tiga yang ditata ulang serta jauh dari desain konvensional mobil kebanyakan.

BERITA TERKAIT

PEMERINTAH UBAH PROGRAM PRIORITAS KE PEMBANGUNAN SDM - Presiden: Tanpa Kerja Keras, Jangan Mimpi Negara Maju

Jakarta-Presiden Jokowi menegaskan, tahun depan (2019) pemerintah akan menggeser program prioritasnya dari pembangunan infrastruktur dalam empat tahun terakhir ke sumber…

500 Delegasi Mancanegara Diajak Kenalkan Wisata Indonesia

Sekitar 500 delegasi dari Malaysia, Australia, Thailand, Singapura, Belanda, dan Amerika Serikat menghadiri 31st Peranakan Convention 2018. Mereka pun diajak…

Batasi Bawa Tas di Kabin Pesawat

Kementerian Perhubungan dan pihak maskapai penerbangan saatnya bertindak mendisiplinkan penumpang agar hanya diperkenankan membawa 1 (satu) tas saja saat masuk…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Tiga Pabrikan Otomotif Rilis Pernyataan Bersama Kuatkan Aliansi

Para pucuk pimpinan dalam aliansi Nissan Motor Co, Renault SA dan Mitsubishi Motors Corp mengeluarkan pernyataan bersama baru-baru ini, yang…

Daimler Mulai Produksi Mobil Listrik di China Pada 2019

Daimler akan mulai memproduksi mobil listrik di China pada tahun depan, sebagai cara untuk memenuhi ketatnya kuota anti polusi di…

All-New Mazda3 Dijual Secara Global Mulai Tahun Depan

Mazda Motor Corporation hari ini menjadi tuan rumah peluncuran perdana All-New Mazda3 untuk pertama kalinya di dunia. Model yang dirancang…