Panorama Bawah Laut Raja Ampat Yang Memikat

Neraca. Snorkeling adalah kegiatanrekreasi air yang populer, terutama di resort pantaitropisdan lokasi selam scubayang dangkal. Penyelam bisa mengamati beraneka ragam flora dan fauna bawah laut, seperti terumbu karang,ikan,kerang,bintang laut,rumput laut,ubur-ubur,udang, danpenyu. Selain itu, snorkeling juga dilakukan beberapa orang di danau air tawar atau sungai.

Kegiatan snorkeling bisa dilakukan bagi siapa saja yang menginginkannya. Penyelam yang tidak bisa berenang atau tidak bisa mengapung bisa mengenakanbaju pelampung. Ketika menyelam di air bersuhu rendah, penyelam memakaibaju selamuntuk menjaga tubuh dari kedinginan. Selain itu, baju selam merupakan pelindung tubuh dari luka tergoresterumbu karang atau sengatanubur-ubur.

Snorkeling(selam permukaan) atauselam dangkal(skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelamdengan mengenakan peralatan berupamasker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupakaki katak(sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Selain menguasai cara bernapas dengan mulut melalui snorkel, kegiatan snorkeling tidak memerlukan pendidikan khusus. Pemula yang belum pernah melakukan snorkeling bisa mempelajarinya dalam waktu singkat dari pemandu selam. Cara mengenakan masker, snorkel, dan kaki katak bisa dipelajari dari pemandu selam, toko selam, atau tempat penyewaan alat selam di pinggir pantai. Walaupun demikian, seperti halnyaselam scuba, kegiatan snorkeling tidak untuk dilakukan seorang diri, melainkan bersama teman atau secara berkelompok.

Potensi wisata selam di Tanah Air masuk agenda para pejalan asing pun lokal. Panorama bawah laut yang memukau hingga tak jarang sulit diungkapkan lewat kata, sehingga dapat mendorong mereka untuk datang kembali.

Kepulauan Indonesia sungguh beruntung dengan lokasinya yang berada di jantung Segitiga Terumbu Karang (the Coral Triangle) antara kepulauan Filipina, Papua Nugini, kepulauan Solomon dan Fiji serta Australia utara. Keistimewaan dari keanekaragaman hayati dalam laut yang mencakup area 5,7 juta km persegi ini setara dengan kekayaan alam dari hutan hujan tropis di Amazon.

Keindahan alam bawah laut Tanah Air telah menghadirkan para pejalan, baik pelancong lokal maupun asing untuk menikmatinya, dengan cara menyelam bahkan snorkeling. Selam, cabang olahraga yang tadinya dinilai eksklusif oleh sebagian masyarakat Indonesia, telah berkembang pesat. Penyediaan peralatan selam, layanan wisata selam dalam wadah organisasi sampai tenaga lepas pemandu selam turut meramaikan industri pariwisata selam negeri kita.

Sebut saja kawasan kepulauan Raja Ampat yang merupakan lokasi penyelaman terbaik no.1 Indonesia dari hasilsurvey Litbang National Geographic Traveler Indonesia. Kawasan tersebut dikabarkan menyimpan sejuta keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan dan sensasional.

Wisata bahari Kepulauan Raja Ampat juga dikenal sebagai salah satu dari 10 tempat wisata penyelaman terbaik di dunia. Pesona dan kekayaan alam bawah laut, menjadi andalan Pulau Raja Ampat menembus persaingan dunia pariwisata di Indonesia dan dunia melalui wisata diving yang bisa dilakukan di indonesia bagian timur ini.

Raja Ampat merupakan Kabupaten Kepulauan, yang mempunyai kawasan terumbu karang terbaik di Indonesia. Perairan laut Raja Ampat sebagian besar ditutupi oleh karang yang belum terganggu sehingga menjadi surga bagi ikan sebagai tempat mencari makan dan berkembang biak. Kepulauan Raja Ampat terdiri dari miniatur lingkungan yang unik, mulai dari penelukan (embayment) yang ternaungi dengan pemasukan air tawar yang besar, hamparan karang yang luas hingga pulau-pulau karang menjulang tinggi.

Pada beberapa tempat seperti di kampung Saondarek, ketika pasang surut terendah, bisa disaksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam dan dengan adaptasinya sendiri, karang tersebut tetap bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

Salah satu tempat menyelam terbaik di kawasan Raja Ampat adalah Pulau Kofiau. Di bawah laut, panoramanya lebih mempesona. Banyak fotografer bawah laut internasional mengabadikan pesona laut Raja Ampat. Karena daerahnya yang banyak pulau dan selat sempit, maka sebagian besar tempat penyelaman pada waktu tertentu memiliki arus yang kencang. Hal ini memungkinkan juga untuk melakukan drift dive, menyelam sambil mengikuti arus yang kencang dengan air yang sangat jernih sambil menerobos kumpulan ikan.

Untuk mengunjungi kepulauan ini tidaklah terlalu sulit walau memang memakan waktu dan biaya cukup besar. Kita dapat menggunakan maskapai penerbangan dari Jakarta ke Sorong via Manado selama 6 jam penerbangan. Dari Sorong, kota yang cukup besar dan fasilitas lumayan lengkap untuk menjelajahi Raja Ampat pilihannya ada dua, ikut tur dengan perahu pinisi atau tinggal di resor Papua Diving. Sekalipun kebanyakan wisatawan yang datang ke Raja Ampat saat ini adalah para penyelam, sebenarnya lokasi ini menarik juga bagi turis non penyelam karena juga memiliki pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah, gugusan pulau-pulau karst nan mempesona dan flora-fauna yang unik.

BERITA TERKAIT

OY! Indonesia, Aplikasi yang Menjawab Semua Kebutuhan Masyarakat

OY! Indonesia, Aplikasi yang Menjawab Semua Kebutuhan Masyarakat NERACA Jakarta - Founder sekaligus CEO dari aplikasi OY! Indonesia, Jesayas Ferdinandus…

Hasil Evaluasi Pengadaan Masih Ada Kelemahan Yang Perlu Diperbaiki - Walikota Sukabumi

Hasil Evaluasi Pengadaan Masih Ada Kelemahan Yang Perlu Diperbaiki Walikota Sukabumi NERACA Sukabumi - Walikota Sukabumi Achmad Fahmi menandaskan, hasil…

Pemerintah Harus Berkomitmen Terhadap Perda Yang Telah Dibuat - Melalui HPN

Pemerintah Harus Berkomitmen Terhadap Perda Yang Telah Dibuat Melalui HPN NERACA Kuningan – Dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2019,…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Pemprov Banten Sebut Kawasan Anyer Sudah Aman Dikunjungi

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pariwisata menyatakan bahwa kawasan wisata di Pantai Anyer dan sekitarnya telah aman dikunjungi pasca tsunami…

Ini Tantangan Baru Industri Pariwisata di Indonesia

Salah satu usaha mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun depan, Kementerian Pariwisata akan lebih fokus menggarap segmen pasar…

Likuefaksi di Palu Bakal Dijadikan Tempat Wisata

Salah seorang anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Matindas J Rumambi mengatakan semua lokasi likuefaksi di Kota Palu dan Kabupaten…