Penampilan KTM 1290 Super Duke R ABS - Produk Paling Ekstrem

 

 

NERACA

Sepeda motor gede (moge) KTM 1290 Super Duke R ABS lahir dari kerjasama antara Kiska Design dan KTM Racing. KTM Indonesia mengklaim KTM 1290 Super Duke R ABS sebagai produk paling ekstrem di kelas Super Duke sehingga mendapat julukan "The Beast".

Dengan mesin berkode LC8 merupakan pengembangan dari KTM superbike series RC8. RC8 merupakan produk KTM Sportmotorcycle AG yang berpusat di Austria. Mengusung mesin superbike KTM RC8 V-Twin namun hadir dengan performa yang lebih beringas, KTM 1290 SUPER DUKE R mampu mencapai kecepatan 200 km/jam hanya dalam waktu 7,2 detik.

Total ruang pembakaran "The Beast" 1,301cc, DOHC, double-silinder, sudut V 75 derajat yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 180 hp/8,870 rpm dengan torsi mencapai 144 Nm. Tidak ada tenaga terbuang karena Super Duke R sudah dibekali dengan teknologi ride-by-wire dan kendali traksi.

Kerangka teralis berbahan Chromium-Molybdenum-Steel berpadu dengan fork upside-down dan single-sided swingarm bermerk WP. Rem depan menggunakan 2 x Brembo 4 piston radially bolted calliper sedangkan belakang Brembo fixed mounted two piston brake-callipers.

Sistem ABS menggunakan Bosch 9ME Combined-ABS. Bobot kosong KTM 1290 Super Duke R ABS hanya 189 kg dengan kapasitas tangki 18 liter (95 RON). Saingan terdekatnya adalah Ducati Monster 1200 S yang mengusung mesin 1198 cc sesama Liquid-cooled.

Jika KTM 1290 Super Duke R ABS mengusung mesin V-Twin maka Ducati Monster mengusung L-Twin 8-valve. Kompresi Ducati Monster 12.5 :1 sedangkan KTM Super Duke R 13,2 :1. Suspensi Super Duke R menggunakan WP sedangkan Monster mempercayakan diri kepada Ohlins.

Bobot Monster sekitar 1,5 kilogram lebih ringan dibandingkan Super Duke R. Torsi maksimum Monster 82,64 lb-ft pada 7.500 RPM sedangkan Super Duke R 92.69 lb-ft pada 8.100 RPM. Tenaga kuda Monster adalah 128,33 pada 8.600 RPM sedangkan Super Duke R 149,94 pada 9.200 RPM.

BERITA TERKAIT

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…