BTN Dukung Pembentukan SDM Agile dan Lifelong Learner

Sebagai wujud komitmennya dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dipercaya menjadi tuan rumah acara puncak BUMN Learning Festival (BLF) 2024.

Tedi Bharata, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi komitmen Kementerian BUMN untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan perkembangan tren bisnis baru para karyawan BUMN. "Dengan kegiatan ini, kami realisasikan salah satu core value AKHLAK, yakni kompeten melalui pengembangan budaya pembelajaran yang berkelanjutan. Sehingga seluruh insan BUMN semakin siap menghadapi tantangan di masa depan," ujar Tedi di Jakarta, Selasa (15/10).

Kementerian BUMN telah menetapkan nilai-nilai utama insan BUMN yaitu AKHLAK pada tahun 2020, yang menjadi pedoman perilaku seluruh SDM BUMN untuk bekerja produktif dan mencatatkan kontribusi positif untuk negara. Sejak Kementerian BUMN menjadikan nilai utama insan BUMN ke dalam AKHLAK, yakni Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, kinerja SDM BUMN mencatatkan hasil yang memuaskan.

Dari Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Kementerian BUMN sepanjang 2023, produktivitas tenaga kerja BUMN mencatatkan realisasi Rp7,61 miliar per orang, yang mana angka tersebut di atas target 2023 senilai Rp6,96 miliar per orang. Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Agus Dwi Handaya mengatakan, sesuai dengan tema Final Event BLF 2024, Be Agile, Be a Lifelong Learner, insan BUMN diharapkan terus belajar dan beradaptasi sehingga dapat terus bertahan, bertumbuh bahkan memimpin secara berkelanjutan di tengah perkembangan zaman. “Investasi terbesar adalah investasi pada diri sendiri. Dengan adanya BUMN Learning Festival 2024 ini, harapannya bisa memfasilitasi insan BUMN untuk terus tumbuh dan berkembang, mengasah kompetensi, serta mengadopsi nilai AKHLAK untuk menghadapi tantangan di masa depan,” ujar Agus. 

Kedepannya, tantangan multidimensi secara global terus bermunculan yang sering disebut Vulnerability, Uncertainty, Complexity, Ambiguity (VUCA) seperti, Agenda ESG, Industri 4.0, dinamika geopolitik, turbulensi ekonomi, hingga isu pandemi dan lingkungan. Hal itu membuat BUMN, termasuk BTN, harus terus bertransformasi menjadi lembaga yang lebih optimis, dinamis, relevan, dan progresif dengan AKHLAK sebagai pondasi berkelanjutan.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Nixon LP Napitupulu mengatakan, pelaksanaan BUMN Learning Festival ini menjadi komitmen untuk menciptakan SDM unggul dengan pondasi AKHLAK yang kuat. Dengan SDM yang unggul, lanjtu Nixon, BUMN termasuk BTN, akan mampu terus bertransformasi menjawab kebutuhan masyarakat, terutama untuk BTN dalam mendukung program pembiayaan perumahan sebagai salah satu proyek strategis nasional. "SDM BTN yang unggul akan mendorong sektor perumahan. Sektor perumahan yang maju akan memberikan ripple effect bagi 185 sektor lain dan mendorong perekonomian nasional," jelas Nixon.

Adapun, dari hasil kajian dari Housing Finance Center BTN, tambah Nixon, menunjukkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus menambah output pada ekonomi nasional sebesar Rp2,46 triliun.

 

BERITA TERKAIT

Produsen Air Mineral Sierra Raih Penghargaan Top Innovation Choice Award 2025

  NERACA Jakarta - Produsen air mineral kemasan asal Bandung, Sierra meraih penghargaan di ajang Top Innovation Choice Awards 2025…

Mampu Jawab Tantangan dengan Inovasi, Brand-Brand Ini Raih Top Innovation Choice Award 2025

  NERACA Jakarta - Saat ini, inovasi bukan lagi menjadi pilihan namun sudah menjadi kunci utama di tengah dinamika pasar.…

Konser Tawa 2025 Satukan Musik dan Stand-up Comedy

  NERACA Jakarta - Tiga Kreasi, Creative Agency dalam bidang hiburan dan acara kreatif membuat gebrakan baru dengan menyandingkan antara…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Produsen Air Mineral Sierra Raih Penghargaan Top Innovation Choice Award 2025

  NERACA Jakarta - Produsen air mineral kemasan asal Bandung, Sierra meraih penghargaan di ajang Top Innovation Choice Awards 2025…

Mampu Jawab Tantangan dengan Inovasi, Brand-Brand Ini Raih Top Innovation Choice Award 2025

  NERACA Jakarta - Saat ini, inovasi bukan lagi menjadi pilihan namun sudah menjadi kunci utama di tengah dinamika pasar.…

Konser Tawa 2025 Satukan Musik dan Stand-up Comedy

  NERACA Jakarta - Tiga Kreasi, Creative Agency dalam bidang hiburan dan acara kreatif membuat gebrakan baru dengan menyandingkan antara…

Berita Terpopuler