Meratakan Pembangunan Infrastruktur Barat-Timur

Oleh Agus S. Soerono

Wartawan Harian Ekonomi NERACA

Selama ini pembangunan—terutama infrastruktur—lebih diprioritaskan di puilau-pulau Sumatera, Jawa dan Bali. Hal itu dapat dimaklumi, karena di ketiga pulau itulah terdapat konsentrasi penduduk yang terpadat  di Indonesia.

Jumlah penduduk di ketiga pulau itu, lebih dari  75% jumlah penduduk Indonesia yang mencapai sekitar 240 juta jiwa. Itulah alasannya, kenapa selama ini pembangunan infrastruktur diarahkan ke ketiga pulau itu.  

Namun belakangan ini, pemerintah menyadari bahwa selama ini ternyata terjadi ketidakseimbangan dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.  Karena selama ini ada kesan bahwa pembangunan infrastruktur lebih diarahkan ke ”Barat” yang diwakili oleh ketiga pulau itu, ketimbang ke ”Timur” bagi daerah lainnya.

Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas utama dalam pembangunan nasional. Infrastruktur selain menjadi pilar utama dari pertumbuhan ekonomi, juga menjadi komponen penting bagi pencapaian pertumbuhan berkelanjutan yang berkeadilan.
Untuk meratakan pembangunan ekonomi, terutama infrastruktur, pemerintah mencanangkan Masterplan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang mencakup pembangunan 135 proyek pembangunan  infrastruktur dan sektor riil, dengan  investasi sedikitnya Rp 490 triliun.

Namun ternyata tidak pula mudah untuk menggalang dana sebesar itu. Karena tidak mudah menggalang dana sebesar itu, membuat proyek yang dicanangkan pemerintah itu menjadi seperti  menggantang asap. Melaksanakan suatu hal yang musykil.

Agar proyek  MP3EI tidak sekadar ”proyek angan-angan”, maka pemerintah  menggelar  Indonesia Internasional Infrastructure Conference dan Exhibition 2012, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta,  28-30 Agst.
Melalui MP3EI selain Pulau Jawa-Bali  dan Sumatera yang relatif sudah lebih berkembang, kawasan-kawasan di Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Maluku, serta di Kepulauan Nusa Tenggara menjadi perhatian utama dalam pengembangan infrastruktur.

Pembangunan infrastruktur juga memiliki multiplier effects yang dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional. Pembangunan infrastruktur dapat meningkatkan mobilitas masyarakat, serta meningkatkan keterhubungan dan aktivitas ekonomi.
Pembangunan infrastruktur di Tanah Air menjadi sangat penting dan strategis, karena berperan pula dalam upaya memperkecil kesenjangan pembangunan, baik di antara kelompok masyarakat, di antara kota-kota, dan di antara daerah-daerah.
Di Indonesia bagian Timur misalnya, kita harus bekerja lebih keras untuk menanggulangi tingginya harga-harga barang, serta memperbaiki akses masyarakat terhadap pendidikan dan pelayanan kesehatan yang lebih layak.


BERITA TERKAIT

Acer Luncurkan Tiga Laptop untuk Para Gamers

    Pacu akselerasi ekosistem gaming di era new normal, Acer luncurkan jajaran lini laptop Predator yang powerful dengan inovasi…

Era New Normal, Modena Rilis Tiga Dishwasher Terbaru

    Pandemi COVID19 yang terjadi di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia telah  mengubah pandangan masyarakat dalam melihat aspek…

Bali Bangkit

Bali Bangkit Menparekraf Wishnutama mendorong Pemprov Bali melakukan tiga tahapan pembukaan beberapa sektor di Bali. Setelah pada tahap pertama pembukaan…

BERITA LAINNYA DI

Acer Luncurkan Tiga Laptop untuk Para Gamers

    Pacu akselerasi ekosistem gaming di era new normal, Acer luncurkan jajaran lini laptop Predator yang powerful dengan inovasi…

Era New Normal, Modena Rilis Tiga Dishwasher Terbaru

    Pandemi COVID19 yang terjadi di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia telah  mengubah pandangan masyarakat dalam melihat aspek…

Bali Bangkit

Bali Bangkit Menparekraf Wishnutama mendorong Pemprov Bali melakukan tiga tahapan pembukaan beberapa sektor di Bali. Setelah pada tahap pertama pembukaan…