Gelar Kompetisi Bagi Pelapak dan Mitra - Komitmen Bukalapak Berdayakan UMKM Perempuan

Dorong pemberdayaan perempuan, Bukalapak mengadakan kompetisi Perempuan Jagoan Pencari Cuan (PUJAAN) untuk membantu memaksimalkan potensi bisnis kecil melalui pemberian modal usaha. Kompetisi ini diperuntukan bagi Pelapak dan Mitra Bukalapak perempuan dengan rencana inovasi bisnis terbaik. Pemenang dari PUJAAN akan mendapatkan total hadiah lebih dari Rp. 126.000.000 dan sesi mentoring dalam hal pengembangan bisnis.

Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Komisaris Utama dan Independen Bukalapak dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, data tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan di Indonesia masih sangat jauh dibawah negara maju. Untuk itu salah satu cara meningkatkannya adalah dengan memperbanyak pelaku usaha perempuan di dalam bisnis atau UMKM. Karena dengan semakin banyaknya perempuan terlibat dalam UMKM, termasuk dalam program-program Bukalapak, tingkat partisipasi diharapkan juga bisa meningkat dan membantu Indonesia menjadi negara maju. “Jadi makna acara ini sangat penting. Ini adalah fondasi untuk mempersiapkan Indonesia menjadi negara yang jauh lebih baik,” ujarnya.

Rangkaian kompetisi PUJAAN meliputi proses penjurian yang dilakukan secara daring untuk memilih juara 1, 2, dan 3 dari masing-masing 10 finalis teratas kategori Pelapak dan Mitra Bukalapak. Kriteria penjurian meliputi cerita latar belakang usaha peserta, produk/ jasa yang ditawarkan, perkembangan usaha yang dijalankan saat ini, strategi pemasaran usaha, inovasi yang ingin dilakukan hingga perencanaan penggunaan hadiah untuk usaha.

Selain menerima modal usaha, para pemenang juga mengikuti sesi mentoring dari para ahli di bidang bisnis dan pengelolaan keuangan yaitu Devy Natalia, Co-Founder Bohopanna dan Rista Zwestika, CEO & Founder Finante yang mengajak dan menginspirasi para Pelapak dan Mitra Bukalapak perempuan lebih kreatif dan percaya diri dalam mengembangkan usahanya secara finansial, serta meningkatkan wawasan dan keterampilan dalam manajemen usaha dan keuangan.

Asal tahu saja, menurut Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, 99,9% usaha di Indonesia merupakan UMKM dan lebih dari 50% UMKM dimiliki dan dikelola oleh perempuan. Namun dalam pengelolaannya, para pelaku UMKM perempuan masih menghadapi berbagai kendala seperti permodalan, pengaturan keuangan dan penguasaan teknologi.

Oleh karena itu, melalui kompetisi PUJAAN, Bukalapak berkomitmen untuk terus memaksimalkan potensi usaha UMKM perempuan di Bukalapak melalui bantuan finansial, infrastruktur teknologi dan pendampingan berbagai keterampilan bisnis. Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya kegiatan awarding session kompetisi Juara. “UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional di mana telah berkontribusi sebesar 60,51% terhadap PDB dan menyerap 96,92% tenaga kerja di indonesia. Serta terdapat juga sebanyak 73% UMKM indonesia yang dikelola oleh perempuan. Semoga Bukalapak dapat terus berkolaborasi bersama stakeholder dalam upaya meningkatkan kualitas pelaku umkm di Indonesia”katanya.

Sementara Arlyana Abubakar, Kepala Bank Indonesia DKI Jakarta juga turut mengapresiasi kegiatan “PUJAAN” yang menjadi usaha bersama untuk bisa mendukung UMKM dan memberdayakan perempuan, “Kami berterima kasih dan sangat senang sekali bisa berpartner dengan Bukalapak yang merupakan salah satu mitra strategis dari kantor perwakilan Bank Indonesia provinsi DKI Jakarta. UMKM sangat penting bagi pencapaian tugas Bank Indonesia. Karena UMKM bisa mendorong ketersediaan barang-barang dengan harga yang wajar juga turut mendukung perekonomian Indonesia. Tentunya acara PUJAAN ini merupakan usaha bersama untuk dapat bersama-sama mengembangkan ekonomi negara kita.”tandasnya.

 

 

BERITA TERKAIT

Kampanyekan Lingkungan - Sharp Indonesia Gelar Eco Bition di Jakarta

Dalam rangka memperingati hari jadi Sharp Corporation yang ke 110 tahun, Sharp Indonesia menyelenggarakan Sharp Eco-Bition, sebuah pameran produk elektronik…

Sambut Ramadhan, Bukapangan Luncurkan 17 Program ZIS dan 7 Program Wakaf

  Sambut Ramadhan, Bukapangan Luncurkan 17 Program ZIS dan 7 Program Wakaf NERACA Jakarta - Menyambut momentum datangnya bulan Ramadhan…

Ciptakan Planet Lebih Baik dan Sehat - Upaya Keberlanjutan Samsung di Asia Tenggara

Keberlanjutan semakin intens menjadi topik perbincangan dan fokus tindakan oleh pemerintah, organisasi, hingga konsumen. Tidak diragukan lagi, mengatasi krisis iklim…

BERITA LAINNYA DI CSR

Kampanyekan Lingkungan - Sharp Indonesia Gelar Eco Bition di Jakarta

Dalam rangka memperingati hari jadi Sharp Corporation yang ke 110 tahun, Sharp Indonesia menyelenggarakan Sharp Eco-Bition, sebuah pameran produk elektronik…

Sambut Ramadhan, Bukapangan Luncurkan 17 Program ZIS dan 7 Program Wakaf

  Sambut Ramadhan, Bukapangan Luncurkan 17 Program ZIS dan 7 Program Wakaf NERACA Jakarta - Menyambut momentum datangnya bulan Ramadhan…

Ciptakan Planet Lebih Baik dan Sehat - Upaya Keberlanjutan Samsung di Asia Tenggara

Keberlanjutan semakin intens menjadi topik perbincangan dan fokus tindakan oleh pemerintah, organisasi, hingga konsumen. Tidak diragukan lagi, mengatasi krisis iklim…