Transformasi Digital Jadi Katalisator Pertumbuhan Ekonomi

NERACA

Jakarta – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo meyakini transformasi digital akan menjadi katalisator utama sumber pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Selain itu, ekonomi digital Indonesia diproyeksikan tumbuh 20 persen dari tahun 2021 sampai dengan tahun 2025 menjadi USD 164 miliar dan diprediksi akan mencapai USD 330 miliar pada tahun 2030 dengan e-commerce sebagai pendorong utama.

Perkembangan ekonomi digital tanah air juga dapat dilihat dari total investasi di Indonesia pada platform digital yang merupakan terbesar di Asia Tenggara mencapai sekitar 38,7 persen.

"Karenanya transformasi digital diyakini akan menjadi katalisator utama sumber pertumbuhan perekonomian Indonesia," ujar Angela.

Dari sisi pariwisata maupun dari sisi ekonomi kreatif, digitalisasi mempunyai peran yang sangat penting. Tercatat dua pertiga dari pendapatan Global Travel and Tourism Market datang dari penjualan online. Dan ini diperkirakan akan mencapai USD 691 miliar pada 2026.

"Tren yang sama juga terjadi di Indonesia. Didorong faktor permintaan yang meningkat untuk digital tourism dari wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara," kata Angela.

Begitu pula dengan ekonomi kreatif, di masa pandemi beberapa subsektor ekonomi kreatif Indonesia mencatatkan pertumbuhan yang terbilang baik. Karena mereka berada di dalam ekosistem digital. Seperti subsektor game, konten tv dan radio yang terdigitalisasi, serta aplikasi.

Sementara, para pelaku usaha di subsektor ekraf seperti kuliner, fesyen, dan kriya juga mampu bertahan di masa pandemi dengan cara go digital. Oleh karena itu, Kemenparekraf mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang memberikan pendampingan kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) termasuk UMKM ekonomi kreatif untuk masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital.

"Dan kata terpenting di sini adalah pendampingan. Agar para pelaku UMKM tidak sekadar on board ke platform digital, namun juga mampu bersaing dan berkembang," kata Angela.

Bahkan pada momentum KTT G20 Presiden RI, Joko Widodo juga menekankan pentingnya ekonomi digital sebagai kunci masa depan perekonomian dunia. Ekonomi digital menjadi pertahanan di masa pandemi dengan kontribusi 15,5 persen dari PDB global dan membuka peluang bagi masyarakat kecil, agar bisa menjadi bagian dari rantai pasok global.

Presiden Jokowi menegaskan tiga hal yang menjadi fokus dalam pengembangan digital. Pertama kesetaraan akses digital. Kedua literasi digital. Ketiga lingkungan digital yang aman. 

"Ketiga hal ini tentu harus bisa kita wujudkan bersama demi memastikan manfaat digital yang berkelanjutan serta inklusif untuk semua," ujar Angela.

Apalagi banyak pelaku industri tanah air yang berusaha bersaing dengan asing di peta ekonomi digital Indonesia dan hal ini masih memerlukan perhatian dari seluruh pemangku kepentingan. 

"Karena jika kita yakin masa depan adalah digital, kita perlu memastikan bahwa pemain dalam negeri juga bisa mengambil peran yang signifikan, setidaknya di dalam negeri," kata Angela.

Pemerintah melihat peluang peningkatan efisiensi, akuntabilitas, dan juga kualitas pelayanan masyarakat dengan transformasi digital. Sudah dimulai dengan e-katalog serta e-contract yang merupakan cikal bakal pengadaan pemerintah yang lebih transparan dan mengutamakan produk buatan Indonesia.

Bahkan di dalam INPRES Nomot 2 Tahun 2022 Presiden Joko Widodo menginstruksikan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2022 paling sedikit Rp400 triliun diperuntukkan bagi pembelian produk UMKM di dalam negeri.

Selain itu, beragam bentuk pelayanan publik juga mulai terdigitalisasi. Termasuk yang terbaru dari pariwisata adalah sistem pendaftaran dan pembayaran online untuk visa on arrival. Ini sangat bermanfaat untuk mengurangi penumpukan antrian wisatawan pengguna visa on arrival saat kedatangan.

"Saya yakin kita semua yang hadir di sini setuju dengan manfaat transformasi digital bagi pemerintah, swasta, maupun masyarakat luas. Oleh karena itu sudah waktunya kita berembuk bersama untuk menguatkan ekosistem dan tata kelola digital Indonesia," kata Angela.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pun mengungkapkan, ekonomi digital dan ekonomi hijau merupakan dua mega tren yang tengah mengubah arah perkembangan ekonomi dunia dengan  mekanisme pasar baru dan model-model bisnis baru.

Konsumen semakin sadar tentang isu lingkungan, sehingga pengembangan produk UMKM harus disesuaikan dengan tren dunia agar produk Indonesia bisa bersaing di pasar global.

 

 

 

BERITA TERKAIT

Konsumen Cerdas Cipakan Pasar yang Adil

NERACA Jakarta – konsumen yang cerdas dapat berperan aktif dalam menciptakan pasar yang adil, transparan, dan berkelanjutan. Konsumen perlu meluangkan…

Sistem TI Pantau Pemanfaatan Kuota BBL

NERACA Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap menyiapkan sistem informasi pemantauan elektronik untuk mengawal…

UMKM Pilar Ekonomi Indonesia

NERACA Surabaya – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan pilar ekonomi Indonesia. Pemerintah akan terus memfasilitasi kemajuan UMKM dengan…

BERITA LAINNYA DI Perdagangan

Konsumen Cerdas Cipakan Pasar yang Adil

NERACA Jakarta – konsumen yang cerdas dapat berperan aktif dalam menciptakan pasar yang adil, transparan, dan berkelanjutan. Konsumen perlu meluangkan…

Sistem TI Pantau Pemanfaatan Kuota BBL

NERACA Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap menyiapkan sistem informasi pemantauan elektronik untuk mengawal…

UMKM Pilar Ekonomi Indonesia

NERACA Surabaya – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan pilar ekonomi Indonesia. Pemerintah akan terus memfasilitasi kemajuan UMKM dengan…