TOP GRC Award Diklaim Jadi Penghargaan GRC Terbesar

NERACA

Jakarta – TOP GRC Awards 2022 digelar Majalah TopBusiness bekerja sama dengan beberapa lembaga. Yakni, Asosiasi GRC Indonesia, IRMAPA (Indonesia Risk Management Professional Association), ICOPI (Institute Compliance Professional Indonesia), PAGI (Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia), Lembaga Kajian Nawacita diklaim menjadi penghargaan GRC yang terbesar. “TOP GRC Awards, insya Allah merupakan kegiatan penghargaan GRC yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia,” kata Ketua Penyelenggara TOP GRC Awards 2022, M. Lutfi Handayani, seperti dikutip dalam keterangannya, Selasa (6/9).

Ia menjelaskan beberapa alasan mengapa dapat dikatakan yang terbesar dan paling membanggakan? Pertama, TOP GRC Awards yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business, paling banyak diikuti oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Publikasi acara puncak penghargaan TOP GRC Awards ini pun, biasanya diekspos/ dipublikasikan oleh ratusan media nasional.

Sebagai informasi, pada tahap permulaan, ada melakukan seleksi awal terkait kinerja dan GCG secara umum terhadap 1.000 perusahaan, yang terdiri dari perusahaan-perusahaan listed company di Bursa Efek Indonesia, BUMN-BUMD, dan swasta nasional maupun multi-nasional.

Dari 1.000 perusahaan tersebut, ditetapkan 150 perusahaan kandidat/ finalis untuk diundang presentasi dan pendalaman atas keberhasilan implementasi GRC di depan dewan juri, dalam kegiatan wawancara penjurian secara online. Dari seluruh finalis tersebut, sebanyak 106 memberi konfirmasi untuk mengikuti tahap penilaian selanjutnya, dan sebanyak 94 perusahaan yang berhasil mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk mengikuti wawancara penjurian. Jumlah ini meningkat sebesar 74% dibandingkan dengan tahun 2021 yang lalu.

Kemudian yang kedua, Dewan Juri TOP GRC Awards yang melakukan penilaian dan pendalaman, sebagian besar telah mendapatkan Sertifikasi GRC dari LSP GRK, sehingga memiliki kapabilitas dan kredibilitas dalam melakukan penilaian GRC.

Dan yang ketiga, Dewan Juri TOP GRC Awards juga telah menandatangani pernyataan kode etik dewan juri, untuk menjaga obyektivitas dalam melakukan penilaian. TOP GRC Awards diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2019. Dan tahun 2022 ini, merupakan penyelenggaraan untuk yang keempat kali. Proses penilaian dan pendalaman keberhasilan GRC yang dilakukan melalui kegiatan wawancara penjurian, berlangsung sejak 25 April-14 Agustus 2022.

Untuk tahun ini, TOP GRC Awards 2022 mengangkat tema GRC Empowerment in Digital Era and Its Suppot to G20 Indonesia Presidency. Dalam Top GRC Awards 2022, sejumlah perusahaan terkemuka mendapatkan penghargaan. Contohnya adalah: Indonesia Power, Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), Bank Seabank Indonesia, Bank Jatim, Hanwha Life Insurance, Pertamina Lubricants, Waskita Karya, Cogindo DayaBersama, Waskita Beton Precast, Pupuk Indonesia Utilitas, Sucofindo, Sarana Multi Infrastruktur, Pos Indonesia, Indo Tambangraya Megah, SGMW Multifinance Indonesia, Permodalan Nasional Madani, dan Bank Danamon.

Ada juga PTBA, Pupuk Sriwidjaja Palembang, Jasa Raharja, Asuransi Sinar Mas, Bank BTN, Bank CIMB Niaga, Wijaya Karya, MRT Jakarta, dan lain lain, yang meraih penghargaan bergengsi dalam TOP GRC Awards 2022. Lutfi Handayani, menyampaikan sejumlah hal. Pertama, disampaikannya bahwa TOP GRC Awards adalah kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan GRC yang tertinggi di Indonesia, yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan, yang dinilai berkinerja baik, dan telah menerapkan GRC secara efektif dan terintegratif, dalam pengelolaan bisnis.

“Selain kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan, di dalam TOP GRC Awards juga banyak aspek pembelajaran bersama di bidang implementasi GRC, khususnya bagi perusahaan-perusahaan peserta,” kata Pemimpin Redaksi Majalah TopBusiness.

Pembelajaran bersama tersebut, diantaranya adalah, pertama, adanya sesi nilai tambah dalam kegiatan wawancara penjurian. Dalam sesi nilai tambah, dewan juri memberikan saran dan masukan kepada perusahaan peserta untuk peningkatan implementasi GRC ke depan.

Majalah Top Business dan MSI Group, merupakan pelopor adanya sesi nilai tambah dalam kegiatan penilaian dan penghargaan. Oleh karenanya, kegiatan sesi nilai tambah ini, sudah menjadi budaya dalam semua kegiatan awards, yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business dan MSI Group atau PT Madani Solusi Internasional. Mudah-mudahan, sesi nilai tambah dalam TOP GRC Awards ini, menjadi pembeda sekaligus keunggulan daripada penghargaan-penghargaan lainnya. 

Pembelajaran yang kedua adalah, webinar TOP GRC Awards. Dalam webinar ini, perusahaan sesama peserta, dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal implementasi GRC di perusahaannya. Kegiatan webinar ini telah diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus 2022, secara online/daring.

Kemudian pembelajaran yang ketiga adalah, GRC Summit, yang menghadirkan tokoh GRC atau pembicara internasional, agar mendapat update dan tren pengembangan dan implementasi GRC ke depan. GRC Summit, merupakan salah satu rangkaian kegiatan bersama dengan TOP GCR Awards.

“Melihat besarnya manfaat yang dapat diperoleh bagi perusahaan peserta, maka kami sangat menyayangkan jika ada Perusahaan yang tidak mengikuti kegiatan TOP GRC Awards. Karena melalui kegiatan ini, setiap peserta berkesempatan untuk mendapatkan feedback, masukan, dan saran dari dewan juri. Banyak proses pembelajaran didalamnya,” kata Lutfi.

BERITA TERKAIT

Infobrand Rilis Pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award 2022

  Infobrand Rilis Pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award 2022   NERACA Jakarta - Jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun…

Riset Snapcart Ungkap Karakteristik Konsumen dan Preferensi dalam Belanja Online

  Riset Snapcart Ungkap Karakteristik Konsumen dan Preferensi dalam Belanja Online NERACA Jakarta - Tren belanja online semakin diminati dan…

Mowilex Raih Penghargaan Cat Eksterior Terbaik dari Top Brand

  Setelah menyabet tiga penghargaan pada kuartal awal 2022, yaitu dari Frost and Sullivan, Brand Choice Awards dan menyandang gelar…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Infobrand Rilis Pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award 2022

  Infobrand Rilis Pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award 2022   NERACA Jakarta - Jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun…

Riset Snapcart Ungkap Karakteristik Konsumen dan Preferensi dalam Belanja Online

  Riset Snapcart Ungkap Karakteristik Konsumen dan Preferensi dalam Belanja Online NERACA Jakarta - Tren belanja online semakin diminati dan…

Mowilex Raih Penghargaan Cat Eksterior Terbaik dari Top Brand

  Setelah menyabet tiga penghargaan pada kuartal awal 2022, yaitu dari Frost and Sullivan, Brand Choice Awards dan menyandang gelar…