Jajaran Brand yang Populer Di Ranah Digital

 

Jajaran Brand yang Populer Di Ranah Digital
NERACA
Jakarta - Adanya pandemi covid19 mengharuskan orang menjaga jarak satu sama lain, bahkan diarahkan untuk berada di rumah agar penyebaran virus tidak meluas. Situasi tersebut mewajibkan para pelaku usaha untuk masuk ke ranah digital agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Adanya tren penggunaan ranah digital oleh pelaku usaha menjadi perhatian perusahaan consulting Tras N Co. Sejak awal kehadirannya, tahun 2015 lalu, perusahaan ini telah merekam beragam aktivitas brand dalam membangun brand di ranah digital. 
CEO Tras N Co Indonesia Tri Raharjo mengatakan pesatnya perkembangan digitalisasi sekarang ini mengharuskan brand-brand untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan juga inovatif demi merebut hati masyarakat yang saat ini akrab dengan digitalitasi dan internet. Kondisi tersebut menuntut brand untuk dapat menghadirkan strategi branding yang tepat di ranah digital. 
“Tentunya brand dituntut untuk semakin kreatif dalam membangun brand mereka,” jelas Tri Raharjo saat konferensi pers ajang penghargaan Indonesia Digital Populer Brand Award 2022 di Jakarta, Kamis (28/7). 
Lalu, bagaimana Tras N Co dalam menentukan pemenang penghargaan brand yang populer di ranah digital ini? Untuk mengukur brand-brand populer di ranah digital, Tras N Co Indonesia bekerjasama dengan IMFocus DigiMarketing Consultant, kembali melakukan riset Indonesia Digital Popular Brand Index, yang mengacu pada tiga kriteria penilaian yakni; Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based. 
Riset Indonesia Digital Popular Brand Index 2022 ini merupakan fase ketiga yang dilakukan pada bulan April-Juni 2022, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand terriset. Adapun hasil riset pada fase ke-3 kali ini, 10 kategori produk yang paling banyak dicari adalah; Internet Berlangganan sebanyak 604,6 ribu pencarian, TV Berlangganan 475,3 ribu pencarian, Toko Donat 370,3 ribu pencarian, Vitamin C 334,1 ribu pencarian, Gadai 329,4 ribu pencarian, Aplikasi Konsultasi Dokter 213,9 ribu pencarian, Obat Pelancar BAB 164,1 ribu pencarian, Vitamin E 113,7 ribu pencarian, Popok Bayi 92,5 ribu pencarian dan Susu Untuk Semua Umur 84,7 ribu pencarian. 
Sedangkan berdasarkan ulasan, 10 kategori produk yang paling banyak diulas di internet pada fase ke-3 ada; Air Conditioner dengan 14,1 juta ulasan, Kamera Digital 9,7 juta ulasan, Kipas Angin 8,3 juta ulasan, Blender 7,5 juta ulasan, Rice Cooker 7,3 juta ulasan, Mixer 5,6 juta ulasan, Gadai 5,5 juta ulasan, Aplikasi Konsultasi Dokter 5,4 juta ulasan, Internet Berlangganan 4,9 juta ulasan, dan Sabun Pembersih Muka 4,7 juta ulasan. 
Selanjutnya dari hasil tersebut, Tras N Co Indonesia bekerjasama dengan INFOBRAND.ID sebagai number one brand media, menghadirkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award, sebuah penghargaan terhadap brand-brand yang unggul dan populer di kategori produknya di dunia digital. Penghargaan kali ini merupakan penyelenggaraan ke-27, atau di tahun ke-7 untuk fase ketiga. 
Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID menambahkan, Indonesia Digital Popular Brand Award merupakan sebuah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan populer dibanding dengan brand lain. Penghargaan ini juga merupakan suara netizen dalam mencari, membicarakan simbol popularitas dan kepercayaan dalam memilih merek atau produk di internet. 
“Tentu, dengan menggunakan logo Indonesia Digital Popular Brand Award 2022, maka sebuah brand akan mendapat kepercayaan konsumen di internet dari para netizen dalam memilih sebuah produk,” ujar Susilowati Ningsih.
Adapun peraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2022 untuk fase ke-3, antara lain; Entrasol untuk kategori Susu Tulang, Prenagen (Susu Ibu Hamil), Tekiro (Hand Tools), Ryu (Power Tools), Hydro Coco (Minuman Isotonik), Oxone (Pisau Dapur, Microwave, Panci Presto, dan Pemanggang Roti), MyRepublic (Internet Berlangganan), Campina (Toko Es Krim), Natur-E (Vitamin E), Mandiri Utama Finance (Pembiayaan Fleet), Confidence (Adult Diapers), Pacific Bike (Sepeda Dewasa dan Sepeda Lipat), Indah Logistik (Logistik), Philips (Lampu LED dan Lampu Hemat Energi), Antimo (Obat Anti Mabuk), dan brand-brand lainnya.

 

 

NERACA


Jakarta - Adanya pandemi covid19 mengharuskan orang menjaga jarak satu sama lain, bahkan diarahkan untuk berada di rumah agar penyebaran virus tidak meluas. Situasi tersebut mewajibkan para pelaku usaha untuk masuk ke ranah digital agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Adanya tren penggunaan ranah digital oleh pelaku usaha menjadi perhatian perusahaan consulting Tras N Co. Sejak awal kehadirannya, tahun 2015 lalu, perusahaan ini telah merekam beragam aktivitas brand dalam membangun brand di ranah digital. 

CEO Tras N Co Indonesia Tri Raharjo mengatakan pesatnya perkembangan digitalisasi sekarang ini mengharuskan brand-brand untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan juga inovatif demi merebut hati masyarakat yang saat ini akrab dengan digitalitasi dan internet. Kondisi tersebut menuntut brand untuk dapat menghadirkan strategi branding yang tepat di ranah digital. 

“Tentunya brand dituntut untuk semakin kreatif dalam membangun brand mereka,” jelas Tri Raharjo saat konferensi pers ajang penghargaan Indonesia Digital Populer Brand Award 2022 di Jakarta, Kamis (28/7). 

Lalu, bagaimana Tras N Co dalam menentukan pemenang penghargaan brand yang populer di ranah digital ini? Untuk mengukur brand-brand populer di ranah digital, Tras N Co Indonesia bekerjasama dengan IMFocus DigiMarketing Consultant, kembali melakukan riset Indonesia Digital Popular Brand Index, yang mengacu pada tiga kriteria penilaian yakni; Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based. 

Riset Indonesia Digital Popular Brand Index 2022 ini merupakan fase ketiga yang dilakukan pada bulan April-Juni 2022, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand terriset. Adapun hasil riset pada fase ke-3 kali ini, 10 kategori produk yang paling banyak dicari adalah; Internet Berlangganan sebanyak 604,6 ribu pencarian, TV Berlangganan 475,3 ribu pencarian, Toko Donat 370,3 ribu pencarian, Vitamin C 334,1 ribu pencarian, Gadai 329,4 ribu pencarian, Aplikasi Konsultasi Dokter 213,9 ribu pencarian, Obat Pelancar BAB 164,1 ribu pencarian, Vitamin E 113,7 ribu pencarian, Popok Bayi 92,5 ribu pencarian dan Susu Untuk Semua Umur 84,7 ribu pencarian. 

Sedangkan berdasarkan ulasan, 10 kategori produk yang paling banyak diulas di internet pada fase ke-3 ada; Air Conditioner dengan 14,1 juta ulasan, Kamera Digital 9,7 juta ulasan, Kipas Angin 8,3 juta ulasan, Blender 7,5 juta ulasan, Rice Cooker 7,3 juta ulasan, Mixer 5,6 juta ulasan, Gadai 5,5 juta ulasan, Aplikasi Konsultasi Dokter 5,4 juta ulasan, Internet Berlangganan 4,9 juta ulasan, dan Sabun Pembersih Muka 4,7 juta ulasan. 

Selanjutnya dari hasil tersebut, Tras N Co Indonesia bekerjasama dengan INFOBRAND.ID sebagai number one brand media, menghadirkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award, sebuah penghargaan terhadap brand-brand yang unggul dan populer di kategori produknya di dunia digital. Penghargaan kali ini merupakan penyelenggaraan ke-27, atau di tahun ke-7 untuk fase ketiga. 

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID menambahkan, Indonesia Digital Popular Brand Award merupakan sebuah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan populer dibanding dengan brand lain. Penghargaan ini juga merupakan suara netizen dalam mencari, membicarakan simbol popularitas dan kepercayaan dalam memilih merek atau produk di internet. 

“Tentu, dengan menggunakan logo Indonesia Digital Popular Brand Award 2022, maka sebuah brand akan mendapat kepercayaan konsumen di internet dari para netizen dalam memilih sebuah produk,” ujar Susilowati Ningsih.

Adapun peraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2022 untuk fase ke-3, antara lain; Entrasol untuk kategori Susu Tulang, Prenagen (Susu Ibu Hamil), Tekiro (Hand Tools), Ryu (Power Tools), Hydro Coco (Minuman Isotonik), Oxone (Pisau Dapur, Microwave, Panci Presto, dan Pemanggang Roti), MyRepublic (Internet Berlangganan), Campina (Toko Es Krim), Natur-E (Vitamin E), Mandiri Utama Finance (Pembiayaan Fleet), Confidence (Adult Diapers), Pacific Bike (Sepeda Dewasa dan Sepeda Lipat), Indah Logistik (Logistik), Philips (Lampu LED dan Lampu Hemat Energi), Antimo (Obat Anti Mabuk), dan brand-brand lainnya.

BERITA TERKAIT

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…