Pasar Halal Terus Tumbuh - IHATEC Rilis Marketing Research Angkat Persepsi Milenial

Potensi pasar halal di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat. Hal ini dipandang sebagai peluang pelaku usaha untuk meningkatkan pangsa pasar. Melihat perkembangan pasar halal ke depan, Indonesia Halal Training & Education Center (IHATEC) menghadirkan IHATEC Marketing Research untuk membantu perusahaan-perusahaan guna mendapatkan data-data potensi pasar maupun perilaku pasar halal melalui riset.

Director of IHATEC, Evrin Lutfika mengungkapkan bahwa IHATEC melakukan pengembangan unit bisnis baru, yakni divisi IHATEC Marketing Research.”Divisi ini merupakan perusahaan marketing research di bidang halal yang pertama di Indonesia yang akan menyediakan data dan pengembangan informasi mengenai market halal di Indonesia. Juga melalui divisi ini, IHATEC akan merilis hasil riset Top Halal Index setiap tahun sebagai barometer performance merek halal yang diukur oleh responden dari kalangan Milenial Indonesia,”ujarnya di Jakarta, kemarin.

Hasil riset ini, lanjutnya, diharapkan dapat mendorong logo halal sebagai penguat brand serta memberikan nilai tambah dan daya saing produk. Selain itu, kebutuhan informasi tentang potensi pasar dan perilaku pasar terhadap produk halal juga akan terpenuhi. Sehingga perusahaan bisa mendapatkan insight dan rekomendasi, sementara pemerintah mendapatkan startegi baru dalam membangun ekosistem halal.

Sementara itu, Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi dan Keuangan, Dr. Ir. Lukmanul Hakim, M.Si. melihat langkah baru IHATEC dinilai dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia, khususnya dalam bentuk penyediaan informasi dan data berkaitan dengan perkembangan industri halal di Indonesia.”Wakil Presiden RI meluncurkan program sinergitas menuju Indonesia sebagai pusat halal dunia melalui global halal hub. Ini merupakan kegiatan sinergi untuk semua komponen dalam eksositem halal, sehingga  diharapkan dapat mendorong UMKM Indonesia menuju pasar global,” ungkap Lukmanul.

Menurut Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kementerian Agama RI, Dr. Muhammad Aqil Irham, M.Si, IHATEC sudah melakukan peran dalam berbagai pelatihan, seminar, konsultasi, dan edukasi kepada produsen maupun konsumen. Kini, saatnya IHATEC masuk ke dunia riset yang berfokus di sektor industri halal. “Ini menjadi poin lebih IHATEC, karena belum banyak lembaga riset halal yang tumbuh di Indonesia. IHATEC Marketing Research, kami harap dapat menjadi tambahan rujukan bagi para praktisi halal di Indonesia,”kata Aqil.

Pada kesempatan ini, IHATEC Marketing Research juga memaparkan hasil survei Top Halal Index 2022 dengan tema “Persepsi Milenial Indonesia terhadap Produk Halal”. Dari survei ini, IHATEC mendapatkan nama-nama merek terbaik di industri halal Indonesia dengan predikat Top Halal Award 2022. Hasil survei dapat disaksikan pada acara Top Halal Award yang akan diselenggarakan pada Oktober 2022

BERITA TERKAIT

BNI Diminta Selektif Berikan Restrukturisasi Kredit Perusahaan Tambang Bermasalah

NERACA Jakarta – Perusahaan tambang batubara di Sumatera Selatan tengah mengajukan restrukturisasi kredit ke BNI. Upaya tersebut dilakukan oleh perusahaan…

Redam Misselling - AAJI Dorong MDRT Jadi Role Model Tenaga Pemasaran

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat pertumbuhan polis individu meningkat  pesat  pada kuartal I-2022. Menariknya, di periode itu, ada 3…

BRI Tingkatkan Kualitas Layanan Lewat Transformasi Digital

  NERACA Jakarta — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus menjalani proses transformasi digital. Transformasi digital dilakukan BRI…

BERITA LAINNYA DI Jasa Keuangan

BNI Diminta Selektif Berikan Restrukturisasi Kredit Perusahaan Tambang Bermasalah

NERACA Jakarta – Perusahaan tambang batubara di Sumatera Selatan tengah mengajukan restrukturisasi kredit ke BNI. Upaya tersebut dilakukan oleh perusahaan…

Redam Misselling - AAJI Dorong MDRT Jadi Role Model Tenaga Pemasaran

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat pertumbuhan polis individu meningkat  pesat  pada kuartal I-2022. Menariknya, di periode itu, ada 3…

BRI Tingkatkan Kualitas Layanan Lewat Transformasi Digital

  NERACA Jakarta — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus menjalani proses transformasi digital. Transformasi digital dilakukan BRI…